jump to navigation

Strawbery Walk, Wisata Strawbery Petik Sendiri Mei 9, 2007

Posted by indra kh in travel and places.
Tags: , , ,
trackback

Masih tentang Lembang. Kali ini saya akan bercerita tentang asyiknya agrowisata ke beberapa kebun strawbery yang berada di sana. Selain di kawasan Batu, Malang, buah strawbery khususnya di Jawa Barat sebenarnya lebih dulu menjadi icon daerah Ciwidey ketimbang Lembang. Buah yang berasal dari negeri Paman Sam ini sudah mulai dibudidayakan di daerah Ciwidey dan Rancabali sejak tahun 1997, dan mulai marak pada sekitar tahun 2001. Di Lembang sendiri baru saya lihat dalam beberapa tahun terakhir ini.

Yang menarik, saat ini banyak perkebunan strawbery yang sengaja dibuat terbuka untuk umum dan dikemas dalam konsep agrowisata. Selain dapatmenikmati keindahan alamnya, para pengunjung yang datang ke kebun strawbery diperbolehkan untuk memetik sendiri.Konsep ini dikenal dengan istilah “strawbery walk.”

straw1

Merah strawbery yang mengundang selera (indra kh)

Konsep ini memberikan keuntungan dan kepuasan tersendiri bagi wisatawan. Strawbery walk memungkinkan kita untuk memilih sendiri buah strawbery yang kita inginkan. Hanya kita memang harus siap merogoh kocek lebih dalam jika ingin menikmati kepuasan strawbery walk, pasalnya harga yang mesti kita bayar memang cenderung lebih mahal ketimbang membeli buah strawbery dalam kemasan. Harga per kilogram biasanya berkisar antara Rp. 30.000,-hingga Rp.45.000, -

Jika Anda singgah ke Lembang, Anda dapat mengunjungi lokasi-lokasi wisata strawbery walk yang letaknya tersebar dari mulai kawasan Cihideung, Kayu Ambon, jalan menuju Maribaya hingga jalan raya Tangkuban Parahu.

Di sekitar Cihideung, Rumah strawbery dapat menjadi pilihan. Lokasinya tidak jauh dengan Café The Peak. Anda dapat menempuhnya melalui jalur Ledeng –Sersan Bajuri, Cimahi – Cisarua atau juga dari arah Lembang. Sayangnya untuk mencapai lokasi ini memangagak sulit jika harus menggunakan kendaraan umum. Selain menawarkan berbagai menu olahan strawbery, dan konsep strawbery walk, di tempat ini jangan lewatkan pula untuk mencicipi nasi liwetnya yang khas.

straw2

Strawbery, buah impor asal AS yang kini tumbuh di tanah air (indra kh)

Selain Cihideung, lokasi agrowisata strawbery tersebar di sekitar pusat kota Lembang.Beberapa diantaranya adalah :Strawbery sweethearts yang terletak di jalan raya Lembang – Maribaya, lalu ada juga di jalan Sesko AU (tidak jauh dari Kayu Ambon dan Panorama), dan beberapa agrowisata strawbery di jalan raya Tangkuban Parahu. Untuk menjangkau lokasi-lokasi relatif lebih mudah, karena ada angkutan umum yang melalui jalan tersebut atau mendekati akses ke lokasi.

straw

Salah satu lokasi strawbery walk di kota Lembang (indra kh)

Tempat-tempat yang saya sebutkan tadi hanyalah beberapa lokasi agrowisata strawbery yang menerapkan konsep strawbery walk. Di luar itu, tentu masih banyak terdapat perkebunan lainnya, termasuk kebun strawbery yang dikelola secara pribadi oleh para petani Lembang. Kendati bersifat pribadi, namun tetap tidak menutup kemungkinan untuk Anda kunjungi bersama keluarga ataupun teman.

Nah, jika Anda sudah bosan dengan rekreasi yang hanya menikmati alam saja, dan ingin berwisata secara utuh dengan terlibat juga di dalamnya ? Berkunjung saja ke kebun-kebun strawbery di Lembang, dan cobalah untuk mencicipi hasil olahan buah strawbery yang Anda petik sendiri, seperti juice, milk shake, ice cream, dan lain sebagainya.

Ehm, jadi ingin juice strawbery nih :)

***

Tulisan terkait tentang Lembang atau wisata strawberry:

About these ads

Komentar»

1. deking - Mei 9, 2007

Nach…wisata yang seprti ini tuch mantap untuk dikembangkan karena bisa menguntungkan untuk pertanian dan juga pariwisata.
Berarti seperti di Yogya ya..di Yogya juga ada wisata sejenis, yaitu untuk buah Salak Pondoh

@ Deking : Konsepnya boleh jadi memang meniru wisata salak pondoh, mas

2. kangguru - Mei 9, 2007

masih nungguan buah dada petik sendiri hehehheheheh

@ Kangguru : Hallah uwak guru mah aya-aya wae :D

3. Roffi - Mei 9, 2007

disini stroberry mahal bener, saparapat kilo jatohna 2-3 euro

@ Roffi : Peluang tah, sugan tiasa janten bandar strawbery di luar negeri :D

4. junthit - Mei 9, 2007

@kangguru
kangguru jorok

@indra
berarti memang tempat itu sentra stawbery ya ndra?
bisa nggak ngambil dalam partai besar , satu truk misalnya..

@ Untuk Jawa Barat, Lembang termasuk salah satu sentra strawbery, mas. Sentra lain yang saya tahu adalah Ciwidey. Pemesanan partai besar tentu bisa, namun waktu paling tepat adalah saat musim kemarau, pasalnya bila musim hujan kualitas strawbery jauh menurun karena banyak yang busuk dan warna merahnya tidak keluar.

5. peyek - Mei 10, 2007

bener-bener menyenangkan, wisata di kebun strawbery ehm…. nggak bisa ngebayangin indahnya

@ peyek : Di Malang juga kalau gak salah ada strawbery walk, mas.

6. xwoman - Mei 10, 2007

produk olahan jus / es aya di komplek BTN Jl. Wira kang :D

@deKing

Hoiii… bilang aja mau minta tukeran strawberry dengan salak pondok :lol:

@ xwoman : Siip, nuhun infona,neng.

7. xwoman - Mei 10, 2007

oh hilap kang parantos ka Situ Cileunca sareng Malabar teu acan? Pami atos artikelna di arsip sasih naon hoyong maca… heuheuheu sono ka Pangalengan

@ xwoman : parantos saleresnamah, mung basa eta teu acan ngeblog, janten hilap deui bade ngadongeng naon, hehe. Ke sugan sanes waktos.

8. Hendra Ciptawan - Mei 11, 2007

Stawberry-nya sambil metik-metik sendiri, enaknya diumpetin ke baju juga ya kang :lol:
*ajaran sesat dot com*

@ Hendra : Boleh juga tuh, asal gak ketauan, hehehe. Cuman nyampe rumah sakit perut gak berhenti :D

9. Anonymous - Mei 14, 2007

mohon info nya dong, lokasi kebun strawbery nya

10. bakar - Mei 14, 2007

mohon info nya dong, alamat atau lokasi kebun strawbery yang paling baik

@ bakar : strawbery sweetheart di Jl Raya Lembang – Maribaya, bisa dijadikan kandidat. Atau kebun strawbery di Jl. Raya Tangkuban Parahu (tidak jauh dari seberang hotel Puteri Gunung)

11. RAN - Mei 18, 2007

merah strawberry tak semerah [***]

@ RAN : Waduuh,…..

12. Roisz - Mei 18, 2007

ah, jadi pengen metik sendiri,…
tapi, metik apa ya?!?

@ roisz : metik naon, hayooo ? :D

13. Harry - Mei 21, 2007

Dear all,
Masih kurang jelas nih..
ke Kebun Strawberry, Contact personnya/Telp berapa ??
Tiket masuk sekarang sekitar berapaan..
Penginapan terdekat Hotel apa, No telp, Tarip sekitar berapaan..

@ Harry : Waah, harus in depth reporting nih kayaknya. Trims masukannya. Saat ini saya sedang menyiapkan materi2 tambahan terkait dengan wisata ke Lembang ; jalur angkutan umum, penginapan, dan lokasi wisata lainnya. Mudah-mudahan bisa segera saya tampilkan. Waktunya ini, waduuh.

14. Tamasya ke Banjarnegara... (part 1) « manusia biasa - Mei 27, 2007

[…] saya sekarang ini terinspirasi oleh tulisannya Pak Erander, xwoman, Mas Indra dan teman-teman yang lain yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu. Oleh karena itulah sekarang […]

@ deking : Selamat tertular virus travel log, pak :D

15. saifullah - Juni 4, 2007

bagus mana tempatnya sama yang di ciwidey.
infonya yang dilembang jalannya macet ey……..

@ Saifullah : Ciwidey memang lebih dulu ketimbang Lembang. Masing-masing memiliki ciri khas yang berbeda. Lembang memang macet di akhir pekan, hanya kalau ke ciwidey dari mulai kopo – Soreang macetnya tiap hari, kang :)

16. Rully - Juni 6, 2007

yang di ciwidey, waduh … jalan buat mobilnya itu loh. serem, kelak-kelok. takut “tikusruk menggedebrus”. tapi kemarin, kurang ok. mungkin belum pada berbuah. jadi sepanjang jalan di kiri kanan ke situ patengan, belum “bareureum”. :D

@ Rully : Apanya yang bareureum :D ?

17. vina - Juni 22, 2007

Saya sudah bolak-balik menyusuri jl. lembang-maribaya 6x (dari perempatan smp ke maribaya), tapi tidak terlihat tanda-tanda lokasi Strawberry Sweethearts. Penduduk di sisi jalan itu juga tidak ada yang pernah mendengar nama strawberry sweethearts. Yang ada hanya Dendy’s strawberry dan supermarket tanaman. Apakah Strawberry Sweethearts telah berganti nama?
@ vina : saya belum periksa lagi sekitar daerah tersebut, boleh jadi memang berganti nama. Waktu berkunjung ke sana ada di sebelah kiri, tak jauh dari pertigaan panorama (sekitar 100 – 200 m). Selain lokasi tersebut, ada lokasi strawbery walk yang mulai ramai dikunjungi : panorama strawbery yang lokasinya tak jauh dari pinjtu gerbang masuk kota Lembang, dekat PT Baru Adjak (patung sapi). Lokasi lainnya ada di sekitar Jl Raya Tangkuban Parahu (seberang hotel puteri gunung).

18. tita - Juli 4, 2007

tolong donk… minta no telpon nya taman strwbery ….
kyanya saya tertarik banget buat kesana ….selain kota bandung itu sejuk pemandangan nya pun memang indah…
apalgi untuk liburan kali ini banyak keluarga yang ingin ke sana…

@ Tita : waah mbak mohon maaf, kalau nomor telepon seluruh wisata strawbery saat ini belum saya miliki. Tapi salah satu mungkin bisa menjadi alternatif tujuan : Rumah Strawbery Jl Cigugur Girang No 145 Paropong – Lembang Telp 022-70796365

19. evie - Agustus 2, 2007

tolong donk ……… saya ada rencana menginap di sari ater. kalo saya mau jjs yg ok kemana ya?? selain ke kebun strawberry ke tempat yg asyik ke mana lagi tp yg tdk begitu jauh dr penginapan dan searah githu. tks ya mas……

@ Evie: Kalau yang tidak terlalu jauh dari Sari Ater mungkin ke Tangkuban Parahu, atau outbond ke sindang reret. Walupun di Sari ater sendiri sarana olahraga outdoor tersedia banyak. Info lebih lanjut bisa membaca tulisan saya berikut ini : http://indrakh.wordpress.com/2007/02/20/tangkuban-parahu-yang-tetap-mempesona/
dan
http://indrakh.wordpress.com/2007/03/15/paint-ball-simulasi-tempur-pemicu-adrenalin/

20. dian - Oktober 15, 2007

kenalin nama saya dian, saya tinggal di patikraja purwokerto. saya pengen coba budidaya stroberry di daerah saya tapi saya bingung gimana pasca panennya, ada nggak yang bisa ngasih solusi ke saya. saya juga pengen gabung kelompok pembudidaya stroberry.

@ dian: salam kenal. Mungkin akan lebih jelas bila berkunjung ke sentra stroberinya langsung seperti Lembang, Ciwidey. Namun bila ada komunitas khusus akan saya informasikan.

21. MBA-Main Bersama Amri - Oktober 21, 2007

Lebaran kemarin, didepan rumahku, sengaja menyediakan “Straberry Lebaran” sekitar lima ratus pohon straberry siap metik sendiri. Diantara makanan yang ada, straberry yang paling laku. Mohon maaf lahir dan batin

@ MBA: weleh pasti asyik tuh silaturahminya, dijamin sueger hatinya, sueger juga minumannya.

22. Kakaren « Indra KH - November 1, 2007

[...] dari Garut, kue tengteng, keripik pisang dari Lampung, rangining Garut, dsb. Tidak ketinggalan jus stroberi dan yoghurt dari [...]

23. saiful - November 14, 2007

minta saran dong gue dan teman teman kampus gue mau mengadakan kunjungan ke lembang terutama kebon strwbwry ada saran gak ya setelah dari kebon strawbery gue harus kemana lagi ? yang lokasinya berdekatan dengan kbn stroberi itu

@ saiful: bisa dilanjutkan ke Gunung Tangkuban Parahu, pemandian air panas Ciater, Observatorium Boscha, bumi perkemahan Cikole (outbond; paitball, flying fox, dll) atau ke perkebunan lain (kaktus, anggrek) yang ada di sekitar Lembang. Untuk wisata kulinernya bisa mencoba ketan bakar, jagung bakar, membeli yoghurt, susu murni, es mambo Cijeruk, atau ke tahu Tauhid. Beberapa tempat di atas sempat saya ulas di blog ini, silahkan di-search saja.

24. yuz - November 20, 2007

mau minta tolong donk,saya mahasiswa n berencana magang di kebun stroberi yang udah pake greenhouse,da yang tau alamatnya? butuh banget nich..

25. Cesha - November 22, 2007

Kang Indra,

Salam kenal..
Infonya tambah lagi dunk..mau bawa anak TK, jalan2 ke kebun strawberry di Bandung tapi yang lokasinya paling deket dari tangerang (spy waktunya banyak) dan cocok untuk ‘belajar’ mereka dimana yaa..(tq)

@ Cesha: Untuk anak TK coba ke All About Strawbery di kawasan Cihanjuang. Aksesnya bisa dari pintu tol Baros (Tol Padalarang – Cileunyi) atau keluar dari pintu tol Padalarang dan masuk ke Jl. Cihanjuang, Cimahi.

Selain ada kebun strawbery di sana juga ada sarana bermain anak2 – outbond (flying fox, panjat tebing untuk anak, dll)

26. Reea Saputra - Desember 5, 2007

boleh tau rate harga penginapan dilembang gak? or referensi dekat2 daerah ledeng lembang gitu, biasa kami nginap di cipaku tapi kyknya lagi mo cari daerah ledeng, tangkuban parahu or sari ater… btw strowberry klo beli pohonnya boleh gak? kan selama ini dijual buahnya aja kan?

@ Reea : tergantung kelas penginapannya kayaknya, info terakhir yang saya tahu kalau bintang 4 semacam hotel puteri gunung mungkin standard room-nya sekitar 500 600-an, kalau bintang 3 atau melati di bawah segitu. Untuk strawbery ada yang jual pohonnya juga kok. Coba saja jalan-jalan ke kebun sekitar Ciburial Lembang atau ke Cihideung.

27. anaChenK0 - Desember 25, 2007

Kan9 nuhun info’na,pen9en tau tt9 Kawasan wisata disekitaran cisarua

@ anaChenK0: sami-sami. Mudah2an sanes waktos tiasa dibahas

28. etty - Februari 13, 2008

saya etty from pontianak.
wah asyik ya dijawa banyak kebun strawbey, coba dong buka kebun stawbery dikalimantan khususnya dipontianak. Saya tunggu ya berita baiknya.
Thanks

29. unie - Februari 26, 2008

Strawberry itu manis,tapi ada asemnya juga he. . he..he
kebun strawberry di Lembang Seruuuuu bgt lowh dateng deyh kesana pasti gak nyesel…………………

30. tia - Maret 14, 2008

mbak/mas yang akan membals e-mail saya ini saya minta alamat RUMAH STRAWBERRY yang tempatnya enak&bisa mengelola buah yang qta petik itu saya dari jakarta

31. liana - Maret 14, 2008

tolong kash tau alamat
tentang hotel yang murah didekat daerah lembang yang bisa melihat pemandangan pegunungan lembang

32. mzwwn - April 1, 2008

mz tolong info ke saya dong tempat yang bisa saya kunjungi untuk wisata stowbery di lembang tapi juga menyediakan instruktur untuk ngajari cara budidayanya. ada rombongan pelatihan neh… thx ya..

33. aries - Mei 31, 2008

jadi pengen nyoba nich……… cara tanemnya gimana ………. pengen nyoba di daerah laen gitu…….

34. yellashakti - Juni 19, 2008

wah stroberinya bikin ngiler, apalagi udara dinginnya yang sejuk

35. Effendy Sinukaban - Agustus 21, 2008

di Brerastagi Sumatera utara juga udah mulai marak tanam strawberry nih, harganya antara Rp. 25.000 – 30000 /kg nya. Apa harga ini termasuk mahal atau murah dibandingkan dengan di Bandung/Lembang? Disana harga rata-rata berapa ya ada yang bisa kasih info??? Tks

36. ANOM.ROHMAN - September 5, 2008

Salam kenal Effendy sinukaban di brerastagì sumut.kami petani strawbery di bandung ciwidey jabar.memberi impormasi bahwa kami juga menjual buah strawbery dr harga Rp.15rb.sd.Rp30rb/kg.jika anda berminat hub:02285920094/081573012773.www.jualstrowberiku.com

ingin dapat duit - Mei 20, 2012

kok webnya http://www.jualstrowberiku.com tidak bisa dibuka ya?

37. ANOM.ROHMAN - September 5, 2008

O’iya,untuk kawan2 ingin main ke alamat kami boleh aja dan ada juga harga yg Rp.1000.sd.7rb/pis.pulau jawa dan sumatra bisa diantar ke tpt tujuan.Liat di Alamat kami di web http://www.jualstrowberiku.com tlp02285920094/081573012773.bandingkn hrg & yg lain

38. Lembang dan Dunia Strawberry « Indra KH - Mei 19, 2009

[...] tempat lebih strategis. Sejumlah tempat wisata strawberry yang pernah saya angkat pada tulisan “strawbery walk, wisata strawberry petik sendiri,” misalnya saat ini banyak yang sudah lenyap, digantikan oleh tempat wisata lainnya. "Strawberry [...]

39. adhe - Mei 26, 2009

dari kemarin saya cari alamat kebun strawberry yang ada outboundnya yang berlokasi di daerah lembang.. tp sampai sekarang belum ketemu juga.. tolong kasih tau alamatnya dong….

40. adhe - Mei 26, 2009

dari kemarin saya cari alamat kebun strawberry yang ada outboundnya yang berlokasi di daerah lembang.. tp sampai sekarang belum ketemu juga.. tolong kasih tau alamatnya dong…. + nomor teleponnya agar mudah dihubungi… tolong ya.. thanks

41. nayla's mom - Mei 27, 2009

saya pgin k.rmh strawberry pi bnr2 ga tau tmpat’y d.mana

42. shirin - Juni 3, 2009

wahh………….. enak bwnaget ya,,, tp syang jrak rmah aq ksna jauhhhhhhhhhhhhhhh,,,,,,,,,,,,,,, bwanget,,,,,

43. triana - Juli 2, 2009

klu kt dr all about strawbery di Cihanjuang, keluar dr pintu tol padalarang terus masuk ke jln cihanjuang berapa meter lagi yach? ada tiket masuknya ato tdk?klu ada berapa?trus klu dr situ langsung ke pemandian air panas ciater berapa km lg yach? kearah mana? thanks yuach pak atas jawabannya….

44. indra kh - Juli 11, 2009

@ Adhe: Di dapur lembang, tak jauh dari gerbang masuk kota Lembang
@ Triana: Jauh sekali kalau dari pintu Padalarang, keluar pintu gerbang Tol Baros saja, terus belok kiri menuju arah Alun-alun Cimahi kemudian dilanjutkan ke arah RSUD Cibabat (ke arah Timur), nanti bertemu jalan Cihanjuang di sebelah kiri.

Nah kalau akan melanjutkan ke Ciater lumayan jauh juga, hehe. Dari Cihanjuang harus meneruskan perjalanan ke arah Lembang – Tangkuban Parahu – Ciater, Subang

45. irwansyah - Agustus 27, 2009

bgus bgt dah…..
tp mau tau ni…
kalau tempat pnganapan dkt2 tmpat wisata ini,,,,kebun stawbery ad gk???
kalau ada tolong bgt ya…..
kalau orang jauh kudu ngnap…..thax

46. meme - Oktober 2, 2009

berapa tiket masuk ke kebun strobery n anggek tlng ksih tau ya….

47. Afris Herdian - Desember 26, 2009

pernahnya ke all about strawberry di bandung,,,mantaph….;)

48. dwi apriyanti - Januari 13, 2010

Saya atas nama TK di Jakarta Pusat dalam waktu dekat sekitar bulan April akan mengadakan piknik/wisata akhir tahun pelajaran, rencana mau ke kebun strawbery “petik Sendiri”, beberapa tahun lalu sudah pernah ke All About Strawbery tapi tidak bisa petik sendiri karena tidak ada buahnya dan anak-anak juga dilarang mendekati kebun,referensi yang paling baik kemana ya?

49. indra kh - Januari 19, 2010

@ Irwansyah, jangan khawatir tempat menginap di sekitar Lembang banyak pilihan

@ Afris, wah ke situ juga enak suasananya

@ Dwi, coba ke Dante Strawberry di daerah Cibogo, Lembang. Setahu saya di sana buahnya selalu tersedia, meskipun itu menggunakan teknis khusus, saya pikir unruk anak TK tetap menyenangkan.

50. Fira - Januari 27, 2010

Ass. Kebun Strawberry Bandung
adik Saya Icha Martha dari Fakultas Pertanian Universitas Lampung.
tgl. 29 januari 2010 pelatihan.

51. ade - Januari 27, 2010

telpon yang bisa dihubungi buat ke tempat stawbery boleh kang kasih informasinya ….

52. salvi - Januari 28, 2010

sekolah kami akan mengadakan libur akhir tahun pelajaran, dan saya tertarik dengan konsep yang ditawarkan oleh “strawbery walk”, boleh ga saya minta nomor telp ato email-nya tempat wisata ini, thanks a lot, love you full

53. setya W - Maret 24, 2010

kalo ke strowbery walk tiket masuk berapa?

54. wisata - Maret 24, 2010

share – share info wisata di lembang ya kang..

http://www.wisatalembang.com/

salam semua..

55. dhewy genzha - September 6, 2010

dUhhhhhhhh peNGen Cpet” keSaNa dehh jaDi’a :)

56. indah arifin - September 28, 2010

mas mau tanya dong.. klo home industri tempat proses pembuatan yoghurt atau semacamnya, yg ada di daerah padalarang, dmna y mas?? ada info gk?
soalnya ak dr mhasiswa tekno pangan, kita mau k pabrik ultra jaya, setelah itu mau k home industri lg, tp blm tau nih home industri yg ad d daerah padalarang.
ada info gk?
tlong d bls y mas/mba…
thx before.

57. sofian - Oktober 15, 2010

selamat siang, saya tertarik untuk mengunjungi kebun strawberry. bisa saya tau alamat lengkap dan nomor teleponnya. mohon dibalas segera ke sofian.zung@gmail.com
thank you.

58. novita (opik) - Januari 28, 2011

. hmmpp
. matep itu . bisa makan stoberry spuassx . aajjiiib :p wkwkwk

reza maulana aksan - Maret 20, 2011

wahhh,,,,, ternyata taman stobery bandung bisa membanggakan y ,,,? karena saya di sini yg baru pertama kali melihat taman setobry menarik loe…. ? :)

59. Fitri - Maret 15, 2011

saya mau menawarkan kerjasama untuk menyediakan souvenir dari kain flanel berbentuk strawberry.
Untuk ino lebih lanjut bisa hub email/FB : nusantara.shop@yahoo.com
Terima kasih

60. prima saidah - April 14, 2011

Pernah juga jalan2 ke sana sama keluarga besar..asik juga melihat anak2 memetik strawberi dengan ceria….hmm jadi inget waktu itu….

61. ersyad (NAMIRA TOUR) Kudus - Mei 8, 2011

rencana kami tgl 14 mei 2011 kami bawa rombongan anak SD 1 bus,mohon info untuk petik strawberry dikawasan Cikole, yg bs dikunjungi mana ya…. harga tiketnya brp? tks

62. pulzzahut - Mei 31, 2011

aduh kalo melon dan stroberri dibikin jus, enak bgt..

63. Jejen Galanggang - September 13, 2011

Ayim ah,,,,,,
usum halodo kieu mah tiyiisss….

64. umroh - September 17, 2011

Lembang memang sejuk tenan euy…dan betul disana strawberinya segar banget rasanya hmmm yummy…

65. Eka kurniawati - Desember 4, 2011

tiket masuknya brapa ya per orang untuk tahun ini

66. Rofiatul Hasanah - Februari 3, 2012

Agan dn sista, minta informasi tiket masuk taman strawberry nya ya. Untuk rombongan terutama. Terima kasiih. ^^

67. Nita - Februari 14, 2012

boleh info…tiket masuk untuk rombongan anak SD… sekarang berapa…Terima kasih

Nita - Februari 14, 2012

boleh kasih ngak kontak persen nya ? terima kasih

68. riana - Februari 24, 2012

saya mau tanya, apakah bisa magang di Ciwidey?

69. Pewarta27 - Mei 12, 2012

Sebenarnya buah strawberry itu enak ya. Ntah knp kurang tertarik menikmatinya.
Kalau kebun apel (malang yg rasanya kecut), kebun durian … wow!

70. ingin dapat duit - Mei 20, 2012

sebenernya saya mencari suplier buh strawberry, apa ada yang bisa bantu infonya ya? thxs


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 159 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: