jump to navigation

Sop Buah Pak Ewok September 21, 2007

Posted by indra kh in Bandung, Jalan-jalan, kuliner, makanan, ramadhan, travel and places.
trackback

Maraknya tulisan tentang menu tajil dan lokasi tempat makan untuk berbuka belakangan ini, seperti ditunjukkan Pak Budi, Om Rully, Mas Ryosaeba dan yang lainnya turut menggerakkan saya untuk menulis hal yang sama.

Kamis (20/9) sore kemarin dalam perjalanan pulang ke rumah tiba-tiba timbul rasa penasaran ingin mencari menu tajil yang berbeda selain kolak, kurma atau gorengan. Niat awal sebenarnya ingin membeli “Es Shanghai Fadhilah” di sekitar pasar Simpang Dago, namun saat melewati kawasan Gasibu saya teringat sebuah lokasi penjual Sop Buah di Jl. Cilamaya, Bandung yang berada tak jauh dari situ. Sop buah itu terkenal dengan nama Sop Buah Pak Ewok.

sop1.jpg

“Sop Buah Pak Ewok di Belakang Gedung Sate (indrakh)”

Penjual sop buah ini berjualan menggunakan gerobak di sekitar trotoar Gedung Sate. Antrian pembeli menjadi pemandangan sehari-hari bila kita melewati Jl.Cilamaya. Pada hari biasa, puncak kerumunan peminat sop buah biasanya terjadi pada siang hari, sedangkan pada bulan puasa seperti sekarang pembeli mulai ramai di sore hari. Mungkin saking banyaknya pembeli, Pak Ewok sebagai pemilik usaha ini harus mengerahkan banyak orang untuk melayani peminat sop buahnya. Sore kemarin sedikitnya 8 hingga 10 orang saya lihat sibuk dengan tugasnya masing-masing. Ada yang bagian mengupas buah, memotong buah, meracik kuah, menuangkan es, melayani pembeli, dan lain sebagainya.

Pak Ewok menjadikan es kelapa muda sebagai bahan utama untuk kuah sopnya, sedangkan campuran buahnya terdiri dari: alpukat, nangka, tomat, mangga, belimbing, stroberi, sirsak, apel, melon, pepaya, pear, manggis, jambu biji merah, lengkeng, timun suri, dan agar-agar. Kita pun bisa meminta durian sebagai buah tambahan. Sebagai pelengkap Pak Ewok menambahkan susu kental manis dan es batu ke dalam racikannya. Harga seporsi sop buah ini pun relatif murah, yakni Rp 6000 untuk yang tanpa durian. Sedangkan untuk sop buah plus durian harganya Rp 8000.

sop3.jpg

“Sop buah plus durian, dingin dan menyegarkan (indrakh)”

Rasa sop buah Pak Ewok ini memang mantap surantap. Banyaknya buah-buahan yang digunakan menimbulkan kombinasi rasa manis dan asam yang dingin menyegarkan. Sangat pas sebagai menu tajil di bulan puasa seperti saat ini.

Asal muasal pemilihan nama Pak Ewok sebagai brand sop buah di Cilamaya ini konon mengacu kepada sosok sang pemilik yang memang brewokan. Tampilan Pak Ewok dengan ciri khas brewoknya ini pun sampai menjadi dasar untuk logo dagangannya (lihat gambar logo Pak Ewok dalam spanduk pada gambar atas). Secara sepintas gaya penggunaan logo tersebut mirip dengan gaya logo yang digunakan Kentucky Fried Chicken yang melekat dengan sosok Kolonel Sanders, sang pemilik resep rahasia ayam goreng asal negeri Paman Sam.

Untuk menjangkau lokasi ini tidaklah sulit. Jalan Cilamaya berada tepat di belakang Gedung Sate. Dari arah timur Anda bisa mencapainya lewat Jl Diponegoro (Gasibu) dan belok ke kiri di perempatan sebelah gedung DPRD Jawa Barat. Bisa juga masuk lewat Jl Citarum, atau masuk dari arah Jl Banda.

Jadi jika Anda mampir ke Bandung, jangan lupa untuk mengunjungi tempat sop buah ini. Tertarik mencoba? Hati-hati bisa jadi bakal ketagihan :D

About these ads

Komentar»

1. yan - September 21, 2007

15U3………………

@ yan: A 711 P

2. roisz - September 21, 2007

D 6051 P …

@ roisz: N 9113 R

3. Rayyan - September 21, 2007

Sop Buah ini memang enak, saya coba pertama kali yang di Cabang Bogor :)

Di Bogor lokasinya berada di rumah yang dibuatkan saung-saung. Jika dibungkus, tempatnya berupa gelas besar plastik plus sendok.

Oh iya untuk rasanya tidak berbeda, karena kuncinya di air gulanya.

@ Rayyan: Saya pernah dengar sop buah Pak Ewok yang di Bogor, hanya belum pernah nyobain :D

4. Budi Sulistyo - September 21, 2007

cleguk

@ Budi Sulistyo: Silahkan dicoba mas :D

5. Liezmaya.web.id - September 21, 2007

akang kumaha damang atuh?
ah rindu bandung…eh akang bandungna dipalih mana yeuh?

@ Liezmaya: Alhamdulillah, kumaha sawalerna? Abdi di Bandung kaler tuh, apal meureun rute wisata anu macet wae saban sabtu sareng ahad

6. enggar - September 21, 2007

Sip, besok keliling ah cari menu berbuka yang mantap surantap gud marsugud dan sip markisip (niru rully) :D

@ enggar: selamat mencari menu yang oks banget (niru rully juga) :D

7. sandimuda - September 22, 2007

“””….top banget kisah tajil tuk bukanya pak, aqu sering lewat jalan itu, berhenti aja belum pernah di Sop buah pak Ewok…. he….he…he…. aju jadi malu sendiri nich…………”””” @@@@@

@ sandimuda: coba saja buktikan sendiri :D

8. ipans - September 22, 2007

wah.. di depannya Nasi pecel kediri … slurp .. slurp…

@ ipans: waah boleh juga nih rekomendasinya. Jalan-jalan lagi, ahh :D

9. Rully - September 22, 2007

mang, pesen 1 mangkok yang pake durian :mrgreen:
/* ngasih uang 8 rebu ke mang odonk */

@ Rully: ini, om (sambil ngasih mangkok bergambar durian doank) :D

10. Rully - September 22, 2007

gleks. /* seger sigana */
kasuat-suat euy. secara geus lila pisan teu kadieu. :mrgreen:

@ Rully: secara datangan deui weh ameh teu ngareuy :mrgreen:

11. Yari NK - September 22, 2007

Yum yum yum yum… puasa2 lihat gini jadi ngiler…
Wah itu deket rumahku di terusan Ciliwung
Btw… salam kenal juga, thanks ya udah mampir di blogku! :)

@ Yari NK: Waah deket rumah mah bisa sering ya, mas :D

12. taryan - September 22, 2007

Sayang pa saya Alergi ES, jadi Op Buah Pak Ewok memang cocok untuk saya pa (halah ieu mah atuh ngarusak brand)

@ taryan: Mun alergi ‘S” mah atuh janten: ayang pa aya alergi E, jadi Op Buah Pak Ewok memang cocok untuk aya pa (halal ieu mah atuh ngaruak brand) :D

13. Didi - September 22, 2007

kang Indra,
mohon code buat Bloggerian rank diganti dengan yang baru. ada perubahan alamat ke http://tophits.bloggerian.or.id, sehingga gambar dan syntaxnya akan salah jika pake yang lama.

sorry for the inconvenience

@ Didi: mangga kang, akan saya ganti. Trims infonya :)

14. roffi - September 22, 2007

kutap ketap ngareuy..

raosan mana jeung nu di simpang?
ah tapi sami² keneh da nya, buah² keneh.

@ Roffi: sareng es shanghai Fadhilah di Simpang mah sami raosna kang :D

15. xwoman - September 24, 2007

ari pa Ewokna masih aya keneh eta teh kang?
*halah… kalah naros pa Ewokna :D *
Tipayun kantos ninggal di STV acara Bandung tea…tapi teu acan ari ngaraosan mah :D
Nuju saum panas2 jigana sueger nuang sop buah hehehe… *hush*

@ xwoman: sakaterang abdi mah masih aya, teh. Mung kamari mah teu kantos pendak :D teu nanaon upami bade tuang nu kieu asal engke tos maghrib, hehe.

16. gies - September 26, 2007

sop buah yg ini memang mantaB surantaB!! hmm menjelang buka baca tulisan ini membuat saya jadi menelan ludah :D

@ gies: rasanya oks banged :D

17. Siska - September 28, 2007

kayaknkya enak tuh.. Tp jauh ya..
Aku di Jambi sih..

@ Siska: mudah-mudahan Pak Ewok mau buka cabang di Jambi, hehe. Trims sudah mampir.

18. It’s WP24 and bestfriends_wp » Blog Archive » Wisma Endi, Siomay Rp. 11.500 dan Sop Buah Pak Ewok - Januari 27, 2009
19. ucha - Februari 21, 2009

resepnya mana kasih tau donk………………………..?

20. ChaCha - Maret 31, 2009

wah 9w uda coba ni cabang sop buah pak ewok yang di bogor daerah Taman Kencana…
tempatnya PW n seGeRRRR bGdhh! huehehhe

21. dian - Agustus 19, 2009

pengeeeennn

22. BUDI - Oktober 30, 2009

gw paling demen banget ma sop buah, tp kmrn gw nyoba sop buah di ciputat, jl. kavling kedaung,
dia punya ada 3 rasa tp bentuknya kuah ada rasa duren, jeruk, ma stroberi cuma GOCENG !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!.

23. abdi - September 24, 2010

sedap mas…

24. abdi - September 24, 2010
25. kim lofty - Oktober 8, 2010

bisa minta resepnya gk klo bisa saya mau buka untuk daerah mamuju…

26. ENY - Maret 24, 2011

hem mak nyus kali ya …. boleh gak nih bagi resepnya saya khan jauh nih,, kecuali kalau deket pasti tiap hari mampir

27. ENY - Maret 24, 2011

ok boleh gak nih saya pingin buka di jakarta kalu boleh repnya kirimke email saya atau udah buka waralabanya lum? hiiihiii

28. Digital Printing - Mei 29, 2011

betul tuh sop buah yang di bandung enak bener.. yang di bogor aku juga pernah makan, tapi lupa nama tempatnya.

nice post..

29. candra kirana - Agustus 20, 2011

wah enak bangettt,,,tapi apakah to kuahnya hanya susu,,apa tidak ad resep rahasia dari kuahnya,,,,


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 183 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: