jump to navigation

Lapangan Sabuga di Akhir Pekan, Tempat Olahraga dan Sarapan November 13, 2007

Posted by indra kh in Bandung, food and drink, health and wellness, Jalan-jalan, kuliner.
trackback

Belakangan ini areal terbuka di kota Bandung memang kian sulit ditemui. Untungnya sejumlah lapangan dan sarana olahraga masih ada dan tidak terkena gusur, meskipun jumlahnya tidak banyak. Lapangan Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) di Lebak Siliwangi, jalan Taman Sari salah satunya. Setiap Sabtu dan Minggu area milik Institut Teknologi Bandung (ITB) ini selalu ramai dikunjungi oleh orang-orang yang berniat olahraga, sambil juga mencari menu sarapan pagi. Tak hanya mahasiswa, namun juga masyarakat semua lapisan usia.

“Sejumlah orang tampak berjalan di atas lintasan berbatu di lapang Sabuga pada Minggu (11/11) (indrakh)”

Ketika saya datang ke tempat tersebut hari Minggu (11/11) kemarin, hampir setiap sudut – kecuali lapangan sepakbola – dipenuhi orang-orang yang berolahraga. Ada yang berlari mengelilingi lintasan atletik, ada juga yang mengikuti senam aerobik. Tampak pula bocah-bocah yang asyik bermain bola di belakang areal gawang sebelah timur. Antrian sejumlah orang tanpa alas kaki juga terlihat di lintasan berbatu yang didesain menjadi semacam alat pijat refleksi. Di area sebelah lapangan utama ada juga lapangan basket dan lapangan tenis.

“8 Lintasan Atletik di Lapangan Sabuga yang padat setiap akhir pekan (indrakh)”

Lapangan Sabuga memang cocok digunakan untuk berolahraga pagi hari. Lokasinya yang berada di kawasan Bandung Utara membuat tempat ini masih memiliki kesejukan. Pepohonan dan hutan kecil yang berada di sekelilingnya turut menyumbang suplai udara yang segar. Meskipun kerimbunan pepohonan di daerah tersebut sudah jauh berkurang dibanding dulu.

“Salah satu sudut tempat para penjual makanan di Sabuga (indrakh)”

Anda pun jangan khawatir jika belum sempat makan dari rumah. Di koridor dekat pintu masuk atau sekitar tempat parkir sepeda motor sejumlah pedagang makanan dan minuman yang dikoordinir secara khusus bisa menjadi tempat singgah sejenak untuk sarapan pagi. Ada bubur ayam, nasi kuning, lontong kari, baso tahu, kupat tahu, dsb. Harganya pun terjangkau. Untuk bubur ayam komplit (dilengkapi daging ayam, ati ampela, dan telur ayam) misalnya, Anda cukup merogoh kocek sebesar 5000 rupiah.

Harga tiket masuk ke area olahraga ini sangat murah, yakni hanya 1000 rupiah/ orang. Sarana lainnya yang ada di sini adalah toilet, kantin, tempat penitipan barang, dan tempat ganti pakaian.

Tempat ini memiliki dua pintu masuk, yakni lewat jalan Taman Sari dekat kampus ITB atau BATAN. Bisa juga masuk lewat Jl. Siliwangi, dekat jembatan sungai Cikapundung atau masuk ke pintu gerbang bekas RM Babakan Siliwangi dan Sanggar lukisan.

Berminat mencoba berolahraga ke Sabuga? Atau justru lebih berminat mencoba menu sarapannya? Bebas saja, mau dua-duanya juga bisa. Lapangan Sabuga di akhir pekan, tempat olahraga dan sarapan.

About these ads

Komentar»

1. ipans - November 13, 2007

namanya SORGA (Sarana Olah Raga GAnesha) mass … kalau tidak diganti.papan namanya bisa di lihat di dekat track pijat kaki :D .tahun-tahun terakhir ini setiap sabtu dan minggu sudah rame yang berolahraga disana, semoga orang jualan tidak ikut seperti gasibu.

@ ipans: wueeh ada juga SORGA di Bandung……..

2. Kurt - November 13, 2007

tempat yang nyaman buat olahraga, olah uang dan olah mata… :)

@ Kurt: juga olah perut (di sana soalnya banyak menu sarapan), hehe

3. iffata - November 13, 2007

Liat foto antrian di lintasan berbatu itu bikin ifah jadi kangen Maka :| Sewaktu kami masih tinggal di Cisitu dulu, lintasan begituan belum ada di Sabuga, jadinya kami akhirnya jalan kaki (tanpa alas kaki) mengitari Cisitu-Sangkuriang saja selepas subuh

@ iffata: sekarang cobain aja datang lagi ke situ, buat menuntaskan rasa kepenasaran terhadap lintasan berbatu :D

4. roffi - November 13, 2007

abdi olahraga na di jatinangor euy

sok atuh diliput kang.. ka jatinangor maksadna

@ Roffi: Jatinangor!!! Kacida didinya mah jiga Gasibu ramena, nya kang :D ke sugan tiasa kadinya

5. Donny Reza - November 13, 2007

iya, namanya SORGA, saya juga paling senang lari pagi di sana…:)

@ Donny Reza: jangan-jangan ada di sana juga minggu kemarin :D

6. Yari NK - November 13, 2007

Saya mengharapkan Bandung nih punya kompleks olahraga bertaraf internasional jadi kalau ada event2 internasional tidak hanya di Jakarta saja, kota2 lain juga kebagian. Seperti di luar negeri, banyak sekali event2 besar yang tidak berlangsung di ibu kotanya. Kira2 mungkin ngga ya?? :mrgreen:

@ Yari NK: Semoga Pusat Olahraga di Gedebage cepat terealisir pak

7. peyek - November 14, 2007

Harga tiket masuk ke area olahraga ini sangat murah, yakni hanya 1000 rupiah/ orang

wuih… kok murah, kalo lihat skrinsut itu, bener-bener sejuk dan nyaman, sangat-sangat sulit dicari di kota panas tempat tinggal saya, ehm… jadi geregeten sama pemerintah kota

@ peyek: masuknya murah banget, cak, yang mahal itu adalah beli makanannya, soalnya kalau sudah disitu pengen semua dicicipi, hehe

8. Hileud dot com - November 14, 2007

Duh ni ngawawaas Bandung…abdi kapungkur sakola di SMA Nasional,

caket ITB. Tos lami tara ka Bandung dai. Akhir bulan simkuring mah

kedah ka Australia, beu iraha ka Bandung deui…

@ Hilued: Sok atuh teh bade iraha kadieu deui. Bandung ayeunamah nya macet nya panas, tapi angger weh ketang betah didieu mah, kalak kumaha ge lembur sorangan :D

9. gadiz - November 14, 2007

tipayun mah nuju sakola keneh sering ngadon jajan kadinya teh, malihanmah sok mincuk candakeun ka bumi :D ayeuna mah sesah milari waktosna, sibuk ku padamelan. hehehe…

@ gadiz: benten lah orang sibuk mah, heuheuy. Tong sibuk teuing teh, bilih seueur artos :D

10. Rully - November 14, 2007

dinten minggu mah, olah raga di rumah sajah … :mrgreen:

@ Rully: olahraga nanahaon tah :mrgreen:

11. rayyan - November 14, 2007

Sudah lama nggak joging di Sabuga, terakhir cman kuat 15 menit :P

@ rayyan: 15 menit mah lumayan mas, saya mah olahraga nya baru sebentar sudah pengen beli makanan :D

12. enggar - November 14, 2007

jalan keliling 2 putaran trus lama cuci matanya … hehehe

@ enggar: kayaknya pengalaman pribadi, ya, mbak :)

13. rickisaputra - November 14, 2007

yupz.. sabuga selalu ramai di akhir pekan.. makanya kalau mau bisa lari di arena atletik dengan nyaman di minggu pagi, baiknya antara jam 6-7… soalnya aerobik selesai pukul 7 pagi.. jadi setlah itu, semua peserta aerobik yang jumlahnya buanyak buanget bakalan berjubel2an di area lari… ckckckc..

best regards.

@ rickisaputra: sehabis lari dan aerobik baru sarapan :D

14. taryan - November 14, 2007

SABUGA = SArapan BUbur sambil berolahraGA ??
Ah pami ningali SABUGA teh sok emut pilem “JOMBLO”….

@ taryan: oh enya kan syutingna didinya :D

15. almascatie - November 15, 2007

tempatnya asyik sekali :)

@ almascatie: yoii bang :)

16. vino - November 16, 2007

ehm…dewa ganesha juga dulu olahraga ma sarapan ditempat itu kali yah. cuman kalo dulu yang ada rumput2 dan ilalang. *ngayal*

@ vino: hehe. Gak apa-apa kan ngayal mah haratis tidak mbayar :D

17. Dede Somantri - November 18, 2007

Ayeuna mah Bandung teh heurin usik hese nangtung, bade olahragi ge kedah ngahajakeun nyorang ngajugjug ka Gasibu.
Olahragi gatrik, sorodot gaplok, rerebonan teh tos leungit tanpa lebih, ilang tanpa karana.

weerrrrrr…. jek jek nong

@ Dede Somantri: hese atuda kang milari lapangna ge, komo bade rerebonan, paling jalan dago kedah ditutup heula

18. dianz - November 19, 2007

eh kalo mao olahraga, di UPI aja :D banyak lapangan terbuka kok di kampusku ini :D
BTW, thanks 4 visiting my blog. Di blog saya emang sering ngulas buku :)

@ dianz: Oh iya, ke UPI juga saya sempat coba. Di trek atletik sih dulu masih 500 bayarnya, sekarang gak tau jadi berapa, ya?

19. gies - November 19, 2007

sudah lama gak jogging di sabuga, saya lebih memilih hari biasa sih, sore hari, lebih sepi dan penjual makanannya juga lebih sedikit..syukurlah jd sayanya beneran jogging bukan jajan hehe..tp terakhir kali lari cuma bisa 6 putaran udah nyari2 penjual teh botol hehe..capeeeek

@ gies: beda niat sih Gies, kalau sayah mah jajan sambil olahraga, hehe

20. liezmaya - November 20, 2007

simkuringmah sok ka lapangan tegal lega pami di Bandung, mampir ka Sribaduga…seer oge jajanan hehe, sami oge tah aya pisajt ematik ciga diluhur haha

duh Bandung i miss u :D

21. Cepot Semar - Desember 14, 2007

Aduh Bandung, …..Sono pisan yeuh k Bandung teh…
maklum nuju dameul di luar negeri.. eh luar nagreg.. di Malang.

Fasilitas olahraga: ya sepertinya sama..
tapi dalam hal yang lain ada perbedaan yang sangat jauh antara Bandung dan Malang.
Maaf ya: sampai sejauh ini selama hampir satu tahun di Malang, banyak hal yang lebih unggul Malang dibanding Bandung.
Khususna dina masalah ketertiban sareng sampah, tah lamun tempat olahraga di Malang, aya anu namina Rampal, Pusdikif, eta sok dianggo kanggo umum, mung pas pribados jalan2 di lintasan batu refleksi, seseurna teh sepuh wungkul, anu anom na mah nya salah sawiosna pribados.

Nya oge tos janteun Bagian Arema tapi waktos PERSIB Maen lawan PERSEMA teteup we ngabobotohan PERSIB,
Jaba tias diphoto sareng Arif,Pato+ Nova.

Salam baktos k sadayana.
Mugia Bandung janteun langkung endah, genah, merenah tur tumaninah…

Hatur Nuhun/ Cepot anu nuju ngumbara

@ Cepot Semar: bagea kang cepot semar. Nuhun tos keresa rurumpaheun kadieu

22. bcalam - Januari 1, 2008

kang Indra, laporan yg menyegarkan dari Sabuga. Dulu saya adalah pengunjung setia trek lari di Sabuga. Dari sekedar waktu menghilangkan stress karena mengerjakan tugas akhir, sampai kadang2x mejeng bareng teman2x :-) . Itu sudah empat tahun yang lalu. Pengen juga joging lagi di Sabuga suatu hari nanti

@ bcalam: syukurlah postingan ini bisa jadi nostalgia ke sabuga, hehe. Salam kenal. Trims sudah berkunjung.

23. odilia - Juli 28, 2008

kyanya asik jg tuh jogging disabuga,, cz biasanya kalo jogging di trek upi truzzz seh jd bosen.. kali kali pengen k sabuga dech..

24. L14 - Desember 16, 2008

klo sewa lapangan basket /jam ny brp yach?….trs kontak personny siapa?…
ad yang tau ga?

25. awan biru - Desember 28, 2008

ke ah bade jalan jalan kadinya……..

26. putri - Januari 8, 2009

aku lagi cari kursus tenis di bandung..ada info ga??thx b4

Angga - Juni 3, 2009

ikut aj breng di UPI tiap hari selasa,jumat,mnggu
CP :perangga@yahoo.com

27. rakhmat - Desember 19, 2009

kangen euy ama sabuga


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 178 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: