jump to navigation

Swarha, Riwayatmu Kini Oktober 18, 2006

Posted by indra kh in travel and places.
trackback

Photobucket - Video and Image Hosting

Bangunan dalam gambar di atas bukanlah bangunan milik saya, kendati di sana terpampang jelas nama toko : Indra “Mahal Uang Kembali.” Gedung kusam yang terletak di Jl. Asia Afrika, tepatnya di samping Masjid Agung Bandung itu dulunya merupakan bangunan bersejarah yang memberi andil penting saat penyelenggaraan Konferesi Asia Afrika di Bandung pada tahun 1955.

Kala itu, gedung bernama Swarha Islamic ini digunakan sebagai tempat penginapan bagi para tamu negara yang menghadiri KAA 1955. Selain Swarha Islamic, panitia KAA waktu itu menyiapkan pula sedikitnya 14 hotel dan 31 bungalow. Tiga diantaranya yang masih dikenal hingga kini adalah Hotel Savoy Homann, Hotel Preanger, dan Hotel Braga.

Bangunan yang kini menjadi tempat toko kain itu, pada era 1950-an pernah menjadi tempat para wartawan menghimpun berita atau kini kerap disebut sebagai media center bagi para jurnalis peliput KAA. Penempatan media center di gedung Swarha konon diambil karena letaknya yang berseberangan dengan Kantor Pos Besar sehingga memudahkan para kuli tinta pada masa itu untuk mengirimkan berita lewat telegram.

Penginapan berlantai empat yang memiliki 16 kamar ini pernah menjadi tempat bekerja bagi tokoh-tokoh jurnalis tanah air dan dunia, seperti Mochtar Lubis dan Rosihan Anwar dan Arthur Conte.

Jadi jika anda suatu saat berkunjung ke kota Bandung dan melewati gedung Swarha, semoga anda tak lagi bertanya-tanya : “Gedung apa, ini !! kok bangunan tua dan kusam seperti itu masih dipelihara ??

Kendati kini hanya menjadi toko “Indra'” mudah-mudahan saja catatan sejarahnya tak terlupakan begitu saja, syukur-syukur Pemkot Bandung memiliki keinginan untuk mensinergikannya dengan kawasan Masjid Agung Bandung sehinga bisa menjadi tempat yang lebih bermanfaat.

Picture Courtesy : Adjie

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: