jump to navigation

Lembang, Pesona Kota Pegunungan April 30, 2007

Posted by indra kh in travel and places.
trackback

Bagi Anda yang hobi pelesiran atau pernah melancong ke Bandung, belum lengkap rasanya jika tidak menyempatkan diri untuk mengunjungi daerah yang satu ini. Lembang adalah sebuah kota kecamatan yang terletak di ketinggian antara 1.300 hingga 2.084 meter di atas permukaan laut. Udaranya yang sejuk khas pegunungan merupakan tempat yang cocok untuk tujuan wisata Anda.

panorama_lembang

Pasar panorama Lembang (indra kh)

Sebagaimana kota di dataran tinggi lainnya, daerah yang kini masih termasuk wilayah Kabupaten Bandung ini, sebagian besar penduduknya bekerja di sektor pertanian dan perkebunan. Penduduk lainnya bermata pencaharian dalam sektor perdagangan, pekerja informal maupun PNS dan militer.

legok

Pemandangan salah satu sudut kota Lembang (indra kh)

Lembang menawarkan banyak lokasi yang menarik untuk dikunjungi. Dari mulai wisata agro, wisata alam dan petualangan, wisata ilmu pengetahuan hingga tentu saja wisata makanan.

Suhu Lembang yang berkisar antara 17°-27°C memang sangat menunjang untuk budidaya pertanian dan perkebunan. Bermacam-macam sayuran, anggrek, kaktus, strawbery dan aneka tanaman lainnya tumbuh subur di daerah yang memiliki 16 desa ini. Beberapa lokasi perkebunan dapat Anda kunjungi bersama keluarga. Untuk anggrek, kaktus dan aneka tanaman hias, daerah sekitar Cibogo, Ciburial, Pagerwangi dan jalan Lembang – Maribaya bisa menjadi pilihan. Di Lembang bahkan terdapat juga supermarket unik yang khusus menjajakan tanaman.

lembah

Pemandangan lembah salah satu perkebunan di Lembang (indra kh)

Bila berkunjung ke Lembang, Anda juga dapat menikmati suasana perkebunan strawbery dan mencicipi strawbery hasil petik sendiri. Saya akan mencoba menceritakannya secara khusus pada kesempatan lain, karena khawatir terlampau panjang bila dibahas pada tulisan kali ini.

Untuk wisata alam dan petualangan, kota berpenduduk sekitar 200 ribu-an ini juga menawarkan banyak tempat. Sebagai contoh, Anda dan teman-teman atau bersama keluarga bisa berkemah di Bumi perkemahan Cikole, hiking ke Punclut (Lembang), Jaya Giri atau Gunung Tangkuban Parahu. Atau siapa tahu berminat menguji nyali dengan berolah raga extreem di Sindang Reret dan kawasan Cikole. Cerita mengenai perjalanan ke beberapa lokasi di atas dapat dibaca pada artikel Tangkuban Parahu yang tetap mempesona dan paint ball, simulasi tempur pemicu adrenalin.

Tak hanya menawarkan wisata agro dan wisata alam, Anda pun bisa mengajak anak-anak untuk mengunjungi obyek wisata ilmu pengetahuan Observatorium Boscha. Memang untuk mengunjungi tempat ini Anda harus mendaftar sebelumnya. Namun ada satu hal yang sangat memprihatinkan terkait kegiatan penelitian di Boscha. Tak terkendalinya pembangunan pemukiman di sekitar Boscha dan kota Lembang telah menyebabkan maraknya polusi cahaya sehingga kian mengancam eksistensi tempat penting ini.

jayagiri

Salah satu lokasi jajanan tradisional di pusat kota Lembang (indra kh)

Satu lagi yang sayang untuk dilewatkan bila berkunjung ke Lembang adalah mencicipi aneka makanannya. Sepanjang pasar Lembang, panorama, pintu masuk ke arah Jaya Giri dan Alun-alun Lembang banyak sekali tempat jajanan yang bisa Anda pilih. Dari mulai makanan tradisional khas sunda, hingga makanan modern tersedia di sini. Jangan lupa juga untuk mencoba susu murni dan yoghurt hasil olahan KPSBU (Koperasi Pengusaha Susu Bandung Utara). Satu tempat lagi yang jangan dilewatkan jika ingin membawa oleh-oleh adalah tahu tauhid.

Tulisan kali ini hanyalah gambaran umum tentang Lembang. Agar lebih jelas beberapa lokasi dalam tulisan ini akan saya ceritakan secara khusus pada kesempatan lain.

Jadi bagaimana sekarang, apakah Anda tertarik untuk melancong ke Lembang ?

***

Tulisan terkait tentang Lembang:

  • Lembang Pesona Pegunungan
  • Tangkuban Parahu yang Tetap Mempesona
  • Kawah-kawah Gunung Tangkuban Parahu
  • Strawbery walk wisata strawbery petik sendiri
  • Wisata Kebun Anggrek dan Kaktus Lembang
  • Susu Sapi dan Yoghurt KPSBU Lembang
  • Tahu Tauhid Lembang
  • Rute Alternatif Bandung – Lembang
  • Bumi Perkemahan Cikole
  • Paint Ball Sindang Reret Cikole
  • Komentar»

    1. iffata - April 30, 2007

    Wah, foto2nya cerah sekali😀 pake kamera apa?
    Jadi suka deh. Kapan2 … main ke Lembang lagi aah.

    @ iffata : pake kamera digital😀

    2. kangguru - April 30, 2007

    hiii tiris kang
    tapi asyik tuh aya keneh hayam gantungna ???

    @ kangguru : Weeh pasti tiris mah, pak guru. Komo usum hujan jiga kieu, justru raos tah bari botram ngganggo peuteuy, lalab sambel, lauk asin, nyuam nyam nyam😀

    3. alief - April 30, 2007

    menarik…

    @ alief : Terima kasih, cak🙂

    4. Roffi - Mei 1, 2007

    lembang itu seringkali dijadikan tujuan utama untuk acara tahun baru, juga daerahnya pas untuk bobogohan. Memang hawanya enak untuk memadu kasih (*halah naon deui eta).

    Nongkrong di warung dengan suasana lembang yang dingin2 empuk, sambil mencicipi jagung bakar pedes manis, ditambah sebatang sam soe yang menyala ditangan dan coffemix hangat segelas, cukup membuat menerawang akan indahnya hidup ini. (aduh jadi hayang ka lembang euy).

    @ Roffi : Pasti pangalaman pribadi tah, heuheuy deuh

    5. Roffi - Mei 1, 2007

    kapan2 bahas ciwidey atuh, baheula abdi gaduh kabogoh di ditu.. hehehe

    @ Roffi : Sip ! Nuhun idena. Ke ngantosan liburan heula, kang. Orang mana, Cisondari ? Gambung ? Cimanggu ? Ranca Upas ? Kawah Putih ? Patenggan ? Dipapayan hiji-hiji, hehe.

    6. Roffi - Mei 1, 2007

    jadi isin yeuh.. eta di desa Panundaan

    7. deking - Mei 1, 2007

    Ke Lembang dengan sang “Kembang” pujaan, alangkah…… nya😀

    @ Deking : Waduuh, punya pengalaman khusus nih, pak😀

    8. Hendra Ciptawan - Mei 1, 2007

    Lembang memang asyik. Aku jadi ingat sama penduduknya yang ramah tamah dan selalu dengan tangan terbukanya nerima tamu tanpa pamrih ke rumah mereka. Udaranya emang super duper dingin lebih dingin dibanding ngunyah permen froz (*halagh*).

    Kebun strawberry yang bisa dipesenin sekotak dua kotak strawberry sama mereka bakalan jadi oleh-oleh wah deh…. hmm.. dan peternakan sapinya juga memuaskan bagi pengunjung buat ngerasa’in gimana sih rasa susu sapi asli itu?

    Tapi sejujurnya kang Indra, harus kita akui juga dari sektor transportasi angkutan kotanya, stasion angkot kota Lembang harus diperbaiki lagi. Biar nambah traffic aja lah bagi yang pengen ke sana lagi🙂

    @ Hendra Ciptawan : Saya sudah menyiapkan bahan untuk postingan khusus tentang strawbery dan peternakan sapi, cuman belum keburu euy😀 Setuju, bang. Nampaknya bisa juga digagas armada bis khusus wisata, tapi Damri mungkin enggan juga ya, jika peak-nya hanya pada akhir pekan.

    9. xwoman - Mei 2, 2007

    Ayeuna mah teu patos tiris di Lembang teh, tos rada-rada sumpek sareng polusi. Teu moto di center kang? Tos nyobian teu acan, sabunderan kota Bandung katingal diditu komo pami wengi-wengi lumayan bari ngaliwet mah hehehe…

    @ xwoman : Tirisnamah upami halodo justru nya. Teu acan kabujeng ka center, teh. Ke sugan aya waktos, nuhun ah idena🙂

    10. kurtubi - Mei 4, 2007

    hei kang indra bagus sekali fotonya… jernih. pake jenis apaan digital camnya.. trus ada modified compnya gak…

    * nice blog and pic *

    @ kurtubi : Kalau melihat harga kameranya bisa dibilang lumayan pak kualitasnya. Saya menggunakan samsung digimax A 503 5 mega pixels. Kalau dibandingkan dengan kompetitor pada harga serupa fiturnya masih leading lah.

    11. vedia - Mei 18, 2007

    Dear Indra,
    Good summary of Lembang, just want to informa you that KPSBU stands for Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara, but anyway they are pengusaha susu skala peternakan rakyat. Wondering if you want to visit KPSBU one day, I may contact them for you.
    @ vedia : Thank you very much for information and your offer.

    12. Tanto - Juni 14, 2007

    Kang Indra,
    Kita sekantor mau jalan2 jumat-minggu, rencana nginep di lembang. Tempat wajib yg mau kita kunjungi Kawah Putih di Ciwedey sm Wisata Strawberry Walk. Minta saran hotel yang bagus menurung akang apa di lembang dan waktu yang pas buat perjalanan ke Kawah Putih kapan dalam jumat sore smp minggu siang yang gak tlalu macet pp.
    Btw. Blognya bagus.. membantu banget.

    @ Tanto : waah jauh juga mas, wisata ke Ciwidey (Bandung Selatan) tapi nginepnya di Lembang (Bandung Utara). Yang lainnya saya jawab via japri (email) aja ya mas. Trims

    13. andy - Juni 26, 2007

    Yth, Pak Indra
    Saya mau tanya bagaimana cara menuju keLembang by car.
    Apakah Bapak tahu tempat peristirahatan Hotel Gunung Putri yang ada disana dan seberapa jauh sih kalo dari PASTEUR.
    Informasi yang bapak berikan akan berguna bagi saya,
    terima kasih
    andy

    @ andy : saya balas langsung via email aja ya, pak. Trims sudah mampir ke blog ini.

    14. Dicky - Juli 9, 2007

    Pak Indra, saya berencana pergi ke lembang bersama keluarga, kira2 hotel dekat dengan taman strawberry dan tempat susu di mana ya? apakah hotel panorama lembang cukup bagus? terima kasih pak…

    @ Dicky : Hotel panorama Lembang bagus juga pak. Alternatif lainnya bisa hikmat indah hotel, yang berada di seberang hotel panorama. Jika ingin yang kelasnya lebih tinggi bisa memilih La Oma atau Hotel Puteri Gunung. Semua lokasi berada di sekitar pusat kota Lembang jadi mudah menjangkau strawbery walk ataupun KPSBU (kecuali puteri gunung agak jauh sedikit – 3 km dari alun-alun). Selamat berlibur, pak.

    15. doni - Juli 12, 2007

    AQ BLM PERNAH KE LEMBANG ….. DINGIN MANA SE SAMA KOTAKU MALANG ….??

    @ Doni : AQ belum pernah ke Malang….dingin mana sama Lembang ?😀 Kalau menurut rekan saya, Iffah lebih dingin kota Malang.

    16. par2/1-st.Laurensia tourism & vocational high school-2007-2008 - September 10, 2007

    aih..aih..jadi inget ldk, jalan kaki dari citylight sampe kinderdorf, temen2 ada yang jualan di deket pasar lembang, ada jg yg kerja amal bersihin sampah disitu.pengen euy ulin dei di ditu.^^

    @ odhie: Lembang memang selalu bikin kangen😀

    17. ara - Oktober 1, 2007

    aku juga demen bangetz jalan-jalan kalo mau ada acara jalan-jalan bareng ikut ya

    @ ara: jalan-jalan itu mencerahkan🙂

    18. RIKO - Oktober 16, 2007

    p. Indra
    sama nih dgn yg lain, saya mau ke lembang dari Jkt sabtu pagi naik kereta lalu pengen nginap di lembang, jalan2 di kbn strwbery, minum susu sapi segar lalu ke tangkuban perahu, tak lupa ke FO di Bdg mau beli2 dikit oh ya termasuk mencicipi makanan khas. Nah say pengen minggu sore udah duduk di KA ke Jkt tanpa takut terlambat. Tolong kasih saran rencana reute perjalanan saya (kita mo pakai mobil travel aja di bandung), mana yang di dulukan dan mana yang diakhirkan agar jalan2nya nggak stress. Maklum kita baru pertama nih ke Bandung khusus buat weekend.

    @ Riko: aduh maaf sekali saya baru online lagi nih. Ada baiknya pada hari pertama mampir ke KPSBU (susu murni) dan dilanjutkan ke wisata kebun stroberi yang terletak tak jauh dari pusat kota Lembang (dekat PT Baru Adjak, misalnya atau gerbang kota Lembang) dan membeli oleh-oleh lainnya. Hari Minggu tujuan pertama ke Tangkuban Parahu dulu. Setelah itu dilanjutkan checkout dari penginapan dan turun ke Bandung (FO), seusai itu balik lagi ke Jakarta.

    19. marlina - Oktober 22, 2007

    salam kenal….saya dan kel akhir tahun ini berencana akan berlibur panjang…nah baca artikel lembang oke juga nich, kemarin juga lihat acara jelang siang ada lembang resort_yg ada penginapan di danaunya n ada taman strawberry nya juga. kira2 tau alamat tersebut nga ya?
    tq

    @ marlina: salam kenal kembali. Itu Sapu Lidi Resort, mbak. Alamatnya di Jl Sersan Bajuri (komplek Graha Puspa), Cihideung.
    Tel 022 278 6915

    20. Desi - Oktober 29, 2007

    jadi kangen euy pengen mudik, soalnya jauh nih ngumbara asal ti banjaran ujug ujug aya di medan, heuheuy deudeuh waas pisan ninggalina kang….jauh pisan perbedaana tina bahasa lembut jadi horas tungtungna jadi heuras abdi oge he he he….., klo pgn tau budaya melayu bisa tukar pikiran kebetulan saya nikah sareng putra sultan deli. KEEP BANDREK eh…..BANDUNG BEAUTIFULL nya KANG…..

    @ Desi: salam pangwanoh, nuhun tos keresa rurumpaheun. Weeh janten keluarga Sultan atuh nyak🙂, Waah teu sono kitu ka opak bojong kunci (Banjaran), hehe

    21. ningsih - November 1, 2007

    bagaimana cara untuk minta informasi seandainya kami ada group dengan siapa dan dapat dihubingi dimana ?

    @ Ningsih: saat ini Lembang masuk ke wilayah pemekaran dan gabung ke Kab. Bandung Barat. Tampaknya dinas terkait masih proses pembentukan. Mungkin meminta informasi ke Kecamatan Lembang, atau Disbudpar Jabar bisa jadi solusi. Atau langsung saja menghubungi hotel di sekitar Lembang untuk mengorganisir-nya, saya kira bisa.

    22. P.N Jonathan-de meza - November 1, 2007

    setiap tahun pasti aku ke bandung,selain lahir disana,istriku yang bukan orang Indonesia paling suka dengan bandung,apalagi kalau untuk melihat perkebunan anggrek juga terutama karena dia suka tahu Tauhid.
    Anyway salam saya dari Amsterdam-The netherlands

    @ Jonathan: salam kembali. Trims sudah mampir. Ke depan mudah-mudahan bisa saya bahas tentang tahu tauhid ini. Bahannya sudah ada namun belum sempat bercerita, pak.

    23. biru02 - November 10, 2007

    A naha ketan teu di bahas. Warung purug insanomi teu di sorot?

    @ biru02: weleh sugan teh saha, aya urang Cianjur gening. Oh sumuhun, ke lah urang bahas sakedik ttg ketan

    24. Widya - November 23, 2007

    jadipenasaran sama kota lembang….
    aq cuma tau Lembang dari berita n internet, ke sana baru beberapa kali aja, tapi emang bener seh, Lembang itu mengagumkan….:)
    boleh minta referensi hotel2 di lembang ga???????
    aq bingung klo mo k vlembang nginep d mn??????
    tq….
    Widya

    @ Widya: di sekitar pusat kota Lembang banyak penginapan, dari kelas hotel melati, cottages, hingga kelas berbintang. (Puteri Gunung Cottages, Puteri Gunung Hotel, La Oma, Hotel Panorama Lembang, dll)

    25. thamrin - Desember 6, 2007

    oh ya salam kenal dulu ya, hallo saya mau tanya doong bisa dibantu ngak..?
    ada rencana kelembang nich kira-kira harga kamar hotel di daerah lambang berapa ya
    hotel puteri gunung
    terus jauh ngak dari taman strwbery

    26. jc - Desember 6, 2007

    mau donk info tentang vila sputar lembang.. rencana mau berangkat tgl 15 dec ini.. vila kecil saja untuk 11 org hehhee.. kira2 kalo maribaya itu lebih jauh dari lembang yah?

    thanks ya..

    @ JC: ehhmmm dimana ya, di sekitar Jl. raya tangkuban parahu (dari mulai legok, cibogo, hingga Cikole) ada beberapa vila atau cottages (puteri gunung cottages, vila manggala giri, vila amo, dll). Lembang ke Maribaya gak terlalu jauh, lumayan lah.

    27. david - Desember 24, 2007

    TOLONG YA PAK, SY PERLU BANGET HOTEL YANG CHEAPER AJA UNTUK TGL 31-12-07 S/D 014-01-08 DAERAH LEMBANG, UNTUK TAHUN BARUAN

    @ David: Coba ke cottages-nya puteri gunung, Jl. Tangkuban Parahu. Atau di pusat kota Lembang pun banyak yang hotel kelas melati. Hanya apakah masih kosong atau tidak, biasanya jauh-jauh hari sebelum masa liburan sudah full booked

    28. ridhocyber - Desember 29, 2007

    jadi pengen ke lembang😀

    29. Abdul - Januari 9, 2008

    Sampurasun dulurrrrr

    Kang indra anu kasep, punten bade ngarerepot yeuh,pami kang indra kagungan daftar harga penginapan sareng hotel atanapi villa di dareah Lembang nyuhunkun lah, kuring sareng rerencangan saparakanca ti kantor Insya allah aya rencana liburan di daerah lembang, kuring kabagean survei hargana. Sok sanajan kuring cicing lila di Barukai (Cisarua) oge, tapi ari harga hotel mah teu apal eung, diantos pisan bantosana kang.

    Hatur nuhun sateucana.
    Abdul Bogor

    30. HANY - Januari 22, 2008

    MINTA TOLONG NO TELP NYA HOTEL PESONA BAMBU D LEMBANG. PLZZZZZZZZZZ

    31. Tahu Tauhid Lembang « Indra KH - Maret 6, 2008

    […] Belanda. Permintaan beliau waktu itu pernah dimuat pada komentar postingan saya yang berjudul: “Lembang Pesona Pegunungan”, dan sedikit cerita “Tentang […]

    32. Saut - Juli 8, 2008

    sampai kapanpun saya selalu kangen jalan2x ke Lembang. Jalan kaki dari Hutan Raya Dago terus ke Maribaya dan jalan lanjut ke lembang. Perhentian terakhir minum susu murni😀

    33. arief - Agustus 5, 2008

    Teman-Teman Semuanya..

    Ada Yang Punya Informasi Terbaru Harga Hotel diLembang dari Yang Termurah.. tapi bagus tempatnya… and kalo bisa ada nomor teleponnya..??

    Plasee…

    thaks..

    Arief

    34. sambas - September 8, 2008

    salam kenal bos….

    mau minta tolong nih, ada ga info2 harga penginapan. hotel boleh….villa juga boleh…. yg penting penginapan dah.

    thanxs ya bos..

    35. sari - Januari 5, 2009

    lembang……i’m coming…

    36. Wida kartika - Maret 2, 2009

    Duh !!! kuangen banget dgn lembang, mengingatkanku masa lalu sdh 12 th aq meninggalkan kota yg sejuk,bnyk kenangan yg indah di masa lalu.kapan ya aq bs menikmati lg dinginnya kota,ketan bakar,yougurt,susu baruajak yg segerr.wis salam aja to sahabat2 ku yg ada di lbg.saiki aq jadi wong sidoarjo wisatane lumpur lapindo.he he he

    37. maya - Juli 7, 2009

    sekarang berapa yach rate untuk perkamar hotel pesona bambu???tolong dibantu ya,saya mau kesana soalnya dalam minggu ini thx a lot

    38. indra kh - Juli 11, 2009

    Untuk yang membutuhkan room rates Hotel Pesona Bambu, bisa melihatnya di website hotel tersebut: http://www.pesona-bamboe.com

    39. tjepi subagdja - Juli 21, 2009

    punten upami tiasa sering2 wae atuh digentos topik masalah kota kita tercinta ini kumargi tiasa ngobati rasa rindu diperantauan simkuring asli ti bandung wastu kancana tos lami nih dines dibatu malang hatur nuhun

    40. indra kh - Juli 21, 2009

    Insya Allah Kang Tjepi, hatur nuhun pisan parantos sumping ka ieu blog

    41. dinda - Desember 26, 2009

    aku bisa minta alamat lengkap strawberry walk ga? rencananya kami sekeluarga akan kesana 2 hari lagi.. mksih bgt

    42. jasmine - Maret 26, 2010

    Boleh diinfokan ga hotel atau resort yg dkt dgn lokasi kampng daun dlembang,slain the peak..kl bisa yg spt villa atau cottage krn kita ada rencana rombongn klembang juli nanti..mksh yah

    43. Christina - Juli 14, 2010

    Pak Indra, bisa tolong saya untuk info lengkap dan rute paling baik jika 1 hari (09.00-20.00) inginjalan2 rombongan ke LEMBANG ? Pinginnya ada wista kuliner + belanja + alam….. tapi gak pake mahal… hehhhe… thank u so much Pak….
    nb. jika tidak keberatan, bisakah infonya saya dapatkan langsung di email saya atau bisakah saya mendapat nomor telepon bapak untuk saya hubungi langsung ? Terimakasih…

    44. roni - Juli 15, 2010

    lembang gimana keadaannya, sudah 8 tahun gue hijrah ke malang, banyak
    kenangan

    45. roni - Juli 15, 2010

    gue rindu sama lembang, sudah 8 tahun lebih gue hijrah ke malang,
    salam buat alumni SMAN Lembang lulusan 1993

    46. roni - Agustus 26, 2010

    salam buat semua sahabtku di lembang,selamat berpuasa,
    maria laelasari,deden roni bagja,ella hayati jayagiri,sugiarti,arief,ridwan,dicky cijeruk,silvia aryanti,suci,endah sespim,pak indra kalau ada yang kenal dengan mereka mohon infonya

    47. maryanti - Oktober 1, 2010

    wah lembang memang dingin mnurutku.. aku jadi teringat sama temenku yang namanya neni.udah 10 tahun aku pergi dari situ. dulu kita kerja bareng di intratek cimahi

    48. itha - Desember 12, 2010

    ass mas indra..salam kenal..mau tanya dong pas harkitnas/ hr kejepit nasional aku n kel mau nginep di lembang tp susah bgt ya…kalo grand lembang ktnya banyk malingnya,,kalo panorama ktnya kuno hotel nya bener ngk sih mas….beritahu kita dong apa ada hotel bagus selain itu yg di daerah lembang…maturnuwun sanget lho mas…tks bgt buat blog ini

    49. irma sexy - Maret 5, 2011

    brrrrr…gila abis lembang dinginnya minta ampunnnn…hotel panorama lembang lumayan bagus…tp kamar mandinya krg nyaman ya hehe..aq suka banget lembang banyak jajanan jd pengen nyantap smua makanannya…

    50. granit - April 26, 2011

    Jual Granit | Marmer | Batu Alam

    51. granit - April 26, 2011

    alus enk………..

    52. Travel Haji - Juli 1, 2011

    wah bnar uh, lembang kotanya Indah banget, terutma pmandngan alamnya,sy sdh kesana .apalgi tahu susu nya,lezat sekali

    53. djunaedi - Juli 20, 2011

    asslkm. kang indra minta tolong informasi ya, apakah di daerah lembang ada perkebunan budidaya tanaman blackberry ? Fyi, hari minggu kemarin tgl 17 juli 2011, saya sempat melihat acara transtv (bosan jadi pegawai), seorang ibu-ibu yang mempunyai kebun blackberry dan hasil produk turunannya nggak kalah dengan strawberry.
    Nuhun kang, blog akang sangat membantu teman2 yang ingin lebih jauh mengenal Lembang dan potensi agronya yang menjajikan.
    Sekali lagi nuhun akang………………………..

    54. layla - Juli 28, 2011

    ihh KEREN ..
    jadi pengen cepet2 kesana
    hheu:-)
    #ngarepp

    55. Rupadi Eko anggoro - November 24, 2011

    numpang nimbrung nih mang… rencananya tanggal 24-25 Des 2011 kita mau ngadain acara family gethering nih. Sekarang mau booking cottage/resort di daerah Lembang untuk 10 klrg (@4 org) berikut paket makannya.
    Kira2 cottage/resort yang cocok dan pemandangannya oke di mana yach? Bukan hotel loh kita mau yang modelnya seperti villa. 2 atau lebih villa juga ga pa2 yg penting berdekatan.
    Di tunggu yach attensinya…..


    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: