jump to navigation

Wisata Kebun Anggrek dan Kaktus Lembang Juni 9, 2007

Posted by indra kh in family, travel and places.
trackback

Bagi Anda para peminat tanaman hias, jika mampir ke kota Bandung dan sekitarnya jangan lupa untuk mengunjungi daerah yang satu ini. Sudah sejak lama kawasan Lembang – selain Cihideung dan Parongpong – dikenal sebagai salah satu “surga tanaman hias” nusantara. Dari mulai tanaman anggrek, mawar, kaktus, euphorbia, hingga tanaman pengusir nyamuk semacam zodiah, rosemary atau lavender mudah Anda dapatkan di daerah ini. Bahkan tanaman semacam cocor bebek, lidah mertua hingga aneka tanaman sukulen juga tersedia.

kaktus - courtesy indra kh

Suasana di salah satu perkebunan kaktus Lembang (ni/indrakh)

Belakangan, anggrek dan kaktus cenderung menjadi primadona bagi para petani maupun peminat tanaman hias di daerah yang terletak tak jauh dari gunung Tangkuban Parahu ini. Sebelumnya orang acap menganggap kaktus hanya sebagai tanaman gurun yang tidak menarik. Namun tanaman berduri ini belakangan kian banyak peminatnya.

Beberapa lokasi perkebunan bahkan tak sekedar menjadi tempat budidaya tanaman saja, namun juga ada yang disulap menjadi lokasi agrowisata. Sebagai contoh, supermarket tanaman Venita atau Rizal Orchid. Setiap akhir pekan, kedua lokasi yang terletak di jalan raya Maribaya ini kerap didatangi para pemburu tanaman hias. Sebagian besar peminatnya berasal dari ibukota.

anggrek - courtesy indra kh

Anggrek sang primadona (ni/indrakh)

Selain di dua lokasi tadi, para peminat kaktus, anggrek maupun tanaman hias dapat mendatangi daerah Bukanagara, atau Pagerwangi, Lembang. Di sana banyak dijumpai rumah kaca (green house) yang membudidayakan aneka tanaman hias. Untuk menjangkau Bukanagara, daerah Panorama Lembang dapat dijadikan acuan. Misalnya jika Anda datang dari arah Bandung, maka ketika sampai di pertigaan panorama Anda harus mengambil arah lurus (arah Maribaya). Sedangkan jika datang dari arah Subang, ketika sampai di pertigaan Panorama, Anda harus mengambil belok kiri. Alternatif lainnya adalah mengambil akses dari arah selatan pasar Lembang.

Daerah sekitar Jl Raya Tangkuban Parahu (jalan menuju arah Subang) juga bisa menjadi pilihan alternatif. Sebagai contoh daerah Ciburial. Di sini terdapat beberapa perkebunan kaktus, anggrek dan aneka tanaman hias – temasuk juga bunga potong. Kebetulan di daerah tersebut, keluarga kami juga turut mengembangkan sebuah perkebunan kecil-kecilan (insanomi cacti). Di sana kami membudidayakan berbagai jenis kaktus, stroberi dan aneka tanaman sukulen. Untuk menjangkau daerah ini, Anda bisa menjadikan SPBU di sekitar gunung puteri/ Ciburial sebagai acuan.

cocor bebek - courtesy of indra kh

Cocor bebek, sederhana namun multi manfaat (ni/indra kh)

Harga anggrek dan kaktus sangat variatif. Misalnya kaktus, berkisar antara Rp.2000, – hingga jutaan rupiah. Sedangkan untuk anggrek biasanya berkisar antara Rp. 15.000,- hingga jutaan rupiah.

Nah, jika Anda tertarik untuk mencari berbagai jenis tanaman hias, terutama anggrek dan kaktus ataupun sekedar ingin berwisata agro, kawasan Lembang bisa menjadi pilihan.

***

Tulisan terkait tentang Lembang:

  • Lembang Pesona Pegunungan
  • Tangkuban Parahu yang Tetap Mempesona
  • Kawah-kawah Gunung Tangkuban Parahu
  • Strawbery walk wisata strawbery petik sendiri
  • Wisata Kebun Anggrek dan Kaktus Lembang
  • Susu Sapi dan Yoghurt KPSBU Lembang
  • Tahu Tauhid Lembang
  • Rute Alternatif Bandung – Lembang
  • Bumi Perkemahan Cikole
  • Paint Ball Sindang Reret Cikole
  • Komentar»

    1. Rully - Juni 9, 2007

    pertamax!
    hm, menarik juga nih buat “tour” berikutnya.😀

    @ Rully : Sok atuh diantos, bilih bade kaktus, hehe

    2. zakiakhmad - Juni 11, 2007

    Aku pengen sih melihara tanaman, termasuk tanaman hias. Tapi rumah belum punya. Dah pengen juga nih Mas beli rumah. Haha.. ngayal kali ya.
    Foto-nya bagus banget tuh. Bapak sayang anak. Aaah, aku juga mau jadi bapak sayang anak.
    Oh iya, Ibuku favoritnya Aglonema.

    @ zakiakhmad : tanaman hiasnya dititipin di rumah ortu aja dulu, hehe. Sayang anak sayang anak, penjual maenan juga ternyata sayang anak, zak😀 waah aglonema rada mahal tuh, kalau serius membudidayakannya bisa peluang makin mahal buat peminatnya.

    3. kangguru - Juni 12, 2007

    ke ngantosan bnn ngalegalkeun ganja ach hihihihihihi

    @ kangguru : wisata ganja, hahaha. Engke pengunjungna teler gudag gideug teu puguh atuh wak😀

    4. roffi - Juni 12, 2007

    @ kang indra – wah resep pisan nya, katingal tos majeng usahana. Bade ah kapayun nyimpang kadinya.
    @ kangguru – aya penganti ganja nu keur usum, tapi legal. Tapi kudu diolah heula daunna. Hilap deui nami daunna.

    @ kang roffi : ah nembe ngarintis kang, sane sanu nyalira deuih, anu pun bapa eta mah. Mangga ah diantos atuh, ke abdi meluncurk ka luhur, da diditu mah teu unggal dinten.

    5. zulfanahrielly - Juni 13, 2007

    wagh bagus nie,,,
    entar bilangin mama dulu nie,,, mumpung mama uka bunga..
    hehe..(maap ga usah panggil mbak..masih kecil soalnya…)
    <strong>@ zulfanahrielly : ok, sipp ditunggu kalau mo beli bunga yaa. Waah sory nih enggak tau, panggil apa jadi ? Nama saja kalau begitu</strong>

    6. zakiakhmad - Juni 13, 2007

    Dung-dung tak-tak. Sembari kerja bareng Rully “dung-dung tak-tak”, aku isi komentar lagi ah. Mas foto-nya bagus beneran lho. Secara kaidah foto, itu dah framing. Jadi seolah ada “bingkai”nya dengan tanaman di kiri. Tapi mungkin pencahayaannya agak kurang.
    Kenapa juga Mas Indra dipanggil Mas? Padahal ini di Bandung dan Mas Indra gak ada darah Jawa-nya pisan. Ah dasar Jawa sok mayoritas gini.
    Rully “dung-dung tak-tak”, materi mu dah berapa halaman?

    @ zakiakhmad : hehe, sip thanks pujian dan sarannya. Emang kamera digital agak sulit ngatur cahayanya euy, butuh berguru lagi😀 Panggil lae saja samaku, zak, jangan mas.

    @ Rully : gw kagak ikutan rul😀

    7. zakiakhmad - Juni 13, 2007

    Maksudnya, Lae Indra? Wah jadi orang batak dong kali ini. Rul, kamu kok gak baca blognya A Indra?

    @ zakiakhmad : iyalah, biar dapat pengakuan darimu kelak, om. Jadi aku jadi lae dari sekarang saja😀

    8. zakiakhmad - Juni 14, 2007

    Oke deh, Lae Indra. Rul, jangan UTS mulu, baca blog nya Lae Indra. Kamu dah dapat nama baru sekarang, jadi Rully dung-dung tak-tak.

    9. yan - Juni 14, 2007

    Suasana di salah satu perkebunan kaktus milik mertua, hehehe………….

    @ yan : ah ente mah buka rahasia, kan teu neneon sakalian promosi😀

    10. zulfanahrielly - Juni 15, 2007

    hehe..umur saya 15 taon jadi manggi nama lebih baik kayaknya,,,”elly”
    thanks..egh ada layanan pengiriman ke luar pulau ga??*rumah saya kan di kalimantan..>_

    @ Elly : Ok, siap deh elly🙂 Senang bisa nambah kawan. Untuk kaktus mungkin saya bisa bantu. Ke Kalimantan saya pikir tidak masalah, toh sudah banyak titipan kilat sekarang ini. Hanya kalau jumlahnya sedikit akan lebih mahal di ongkos nampaknya dibanding harga bunganya itu sendiri.

    11. Biho - Juni 15, 2007

    wah mantap si akang…
    ari lembang tiis keneh hawana?

    @ Biho : Teu sapertos Bandung anu janten panas, Lembang mah Alhamdulillah masih tiris kang. Dijamin ngahodhod😀

    12. Puspa - Juni 20, 2007

    waduh, jadi kepengen ke Parompong lagi.. Cari mawar, Kalanchoe pinnata, kaktus, dll.
    Tapi punten mas, saya koq gak nemu photo2na yaa…:(

    @ Puspa : trims sudah mampir ke blog ini. Maksudnya photo di blog saya, mbak ? Di artikel tersebut saya memang hanya mencantumkan 3 photo ; kaktus, anggrek dan cocor bebek. Stok photo sebenarnya banyak, mungkin lain kesempatan akan saya publish di tempat lain (misalnya flickr, dsb).

    13. Puspa - Juni 20, 2007

    Mas, boleh tau alamat Blog-nya? Tadi sudah ngubek2 tpi ndak nemu, maklum msh newbie..:”> Penasaran pengen liat photo kaktus, anggrek and cocor bebek-nya.

    @ puspa : infonya saya balas japri via email aja kalau begitu, mbak. trims

    14. aln - Agustus 18, 2007

    Lembang tepatnya dimana?

    @ aln: Lembang adalah sebuah daerah dataran tinggi di utara kota Bandung. Jaraknya lebih kurang 17 km dari ibukota Jabar tersebut. Agar lebih jelas bisa membaca postingan tentang Lembang yang saya muat beberapa bulan yang lalu: Lembang pesona kota Pegunungan

    15. Wita - Oktober 30, 2007

    ngiring jualan kenging nya…

    Ada NET atau naungan untuk anggrek atau tanaman hias lain dengan berbagai intensitas cahaya dan UV, tersedia juga untuk puhon buah2an, HARGA MURAH SEKALI !

    hubungi 08156017301 atau prawitasari9@gmail.com
    Nuhun…

    16. ugi - Januari 23, 2008

    Kang… saya dari bekasi… mau nanya harga kaktus klo buat dijual lagi berapaan…. rencana saya mau jualan dibekasi…
    kira2 berapaan ya….
    nuhun….

    17. ugi - Januari 23, 2008

    sekalian alamat sama no yang bisa di hubungi… tolong ya..
    nuhun lagi…….

    18. nicolas parayu - Februari 5, 2008

    salam kenal, saya domisili di kalimantan timur tepatnya di balikpapan, mo tanya nih dimana saya bisa dapat bibit anggrek bulan yang murah, berapa harganya?

    19. Heru Isnawan - Maret 28, 2008

    alamat lengkap dan peta?, kalau liburan bisa dijadwalkan jalan2 ke wisata agro plus kuliner di bandung

    20. eva - Maret 31, 2008

    Bapak/ibu,
    boleh saya tau no telp yg bisa dihubungin untuk toko nursery yg menjual kaktus / anggrek yg murah dilembang.
    atas bantunnya. terima kasih

    eva

    21. nur - April 17, 2008

    kirimkan aq koleksi photo tanaman hias donk! aq pengen liat gambar tanaman hias yang lainya.heeeee

    22. cahidin s - April 23, 2008

    salam kenal semuanya, saya adalah pecinta tanaman sukulen cuma saya masih bingung nama nama dari setiap bunga sukulen

    23. cahidin s - April 23, 2008

    bisakah gambar sukulennya dilengkapi

    24. saiful adhar - April 25, 2008

    mohon dikirim katalog tanaman anggrek dong

    25. nuknik - Juli 19, 2008

    mau gambar kaktus yang katanya ada 2000 jenis itu, bisa…….?

    26. Usman by - Juli 29, 2008

    saya petani pemula bunga succulent, saya bingung bagaimana untuk pemasarannya

    toni dj - Oktober 11, 2009

    posisi anda brada didaerah mana..? bagaimana sy bs menghubungi anda..!! Toni 087877763111

    27. Alfian Asmara - Oktober 8, 2008

    aku pengin bertanam anggerek dan bagaimana perawatannya supaya selalu berkembang dan menimbulkan bangu wangi

    28. WayT Linggar - Januari 27, 2009

    jelek

    29. Song Lyrics Search - Februari 11, 2009

    Terima kasih atas informasinya, jadi ada alternatif tempat untuk jalan2.

    30. andy - Maret 9, 2009

    kang kalo kita diluarkota mau beli gimana caranya…bisa dikirim ngk?

    31. Utit - Mei 4, 2009

    Mas,kalo ga salah salah satu perawatan anggrek biar terhindar dari hama itu kan pake urine kelinci ya?kebetulan saya banyak stock nih,mungkin berminat…Bls nya via email aja.thx (sapa tau ada yang berminat juga hub 081802145041)

    32. rahmat - Desember 20, 2009

    terimah kasih atas infonya…!! bapak/ibu sy kan ada di makassar,bgmn ya cara pesan ANGGREKnya klo dalam partai banyak,karena rencananya sy jg mau jual di sini. maaf klo bs hubungi sy di no ini 081355535039

    33. feto - Januari 30, 2010

    boleh juga nih jadi salah satu tujuan objek wisata diwaktu liburan…salam kenal…^_^

    34. maya - Februari 10, 2010

    ada wisata kebun bunga mawar ato tdk?
    saya dengar ada kebun mawar “boemi nursery”, ada yg tau alamatnya dan no teleponnya

    35. purwanto - April 11, 2010

    jadi pengen pulang ke lembang !!!

    36. shilvia - Juni 12, 2010

    wauuuuuuuuuuuw jd pngen ksna. . .

    37. roni - Juli 15, 2010

    gue orang lembang yang sudah delapan tahun lebih hijrah ke malang
    rindu dengan kota lembang yang adem/tiris dan rindu dengan mantan
    mantanku di lembang

    38. roni - Juli 15, 2010

    jadi pengen balik ke masa-masa SMA dulu di SMAN Lembang nih!!!!

    39. rasyiid - Juli 21, 2010

    Saya tinggal di jakarta, saya suka sekali dengan kaktus, bisa terima pesanan ga..?
    Trs list harga bwt jenis2 kaktusny saya minta dong.??
    email saya..,muhammadarrasyiid@rocketmail.com

    40. HJ. DIAN ANGGRAINI - Maret 2, 2011

    .sAYA TINGGAL DI TANGERANG SAYA SUKA BERKEBUN SAKING SENENGNYA SAMA BUNGA DLL. ADA RENCANA UNTUK USAHA [ BERKEBUN ] SETELAH SAYA PENSIUN NANTI bISA BANTU UNTUK PELAKSANAAN RENCANA SAYA KAN….? TERIMA KASIH MOHON PETUNJUK.

    niko - Mei 1, 2011

    bu hj.dian.a.
    saya bisa menyediakan tanaman hias yang ibu inginkan atau tanaman buah dalam pot..hub saya di niko_pratama10@yahoo.co.id

    41. novita - April 20, 2011

    bang kirimin foto terbaru adenium dong…….

    42. yenni - Maret 4, 2012

    katanya keluarga jg membudi dayakan sukulen tolong kirim katalognya n info tentang penginapan murah ala backpacker dong…

    43. gogo - Agustus 17, 2012

    ada yang tau dimana dapetin anggrek biru ??

    44. anggrek - Oktober 29, 2012

    mau alamat nya dong….

    45. Strawbery Walk, Wisata Strawbery Petik Sendiri | Indra KH - Januari 4, 2013

    […] Wisata Kebun Anggrek dan Kaktus Lembang […]

    46. Haris dari parung-bogor - November 28, 2013

    Minta alamat yg jual kaktus dong,dibutuhkan secepatnya: disekitar bogor/depok


    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: