jump to navigation

Perjalanan dengan KA masih Mengasyikkan Juli 23, 2007

Posted by indra kh in transportation.
trackback

Tak bisa dipungkiri, rentetan kejadian kecelakaan Kereta Api (KA) yang muncul belakangan ini membuat enggan sebagian orang untuk menggunakan sarana transportasi yang satu ini. Kendati demikian, rasanya masih sulit untuk mengelak sepenuhnya dari perjalanan menggunakan KA. Beberapa kelebihan yang dimiliki KA dibandingkan alat transportasi lain tetap tak menyurutkan niat orang untuk menggunakan jasa KA.

ka1.jpg

Kereta Api, masih bisa diandalkan (indra kh)

Terlepas dari kondisi KA kelas ekonomi yang memang harus dirombak total dari sisi pelayanan dan ketepatan waktu, bagi orang yang ingin melakukan perjalanan secara santai alias tidak terdesak waktu, KA kelas bisnis atau eksekutif (misalnya Argo Gede, Argo Lawu, Turangga, Parahyangan, dan sebagainya) tetap bisa diandalkan.

Sejumlah aktivitas produktif memungkinkan untuk dilakukan selama perjalanan di atas gerbong KA, seperti: membaca buku, koran, majalah, menulis dengan menggunakan notebook, atau bahkan browsing internet memanfaatkan modem 3G atau modem HSDPA yang Anda miliki. Aktivitas-aktivitas seperti itu cukup sulit dilakukan di atas kendaraan roda empat yang memiliki tingkat guncangannya tidak menentu – tergantung kemulusan jalan yang dilalui.

ka2.jpg

Suasana dalam gerbong KA kelas eksekutif (indra kh)

Kita pun tidak perlu khawatir jika belum sempat sarapan atau makan karena pergi terburu-buru, takut ketinggalan KA. Selama perjalanan kita bisa memesan berbagai jenis makanan dan minuman yang tersedia, dari mulai makanan lokal semacam nasi goreng hingga makanan western seperti steak. Di samping itu, para petugas restorka pun biasanya akan membagikan dus berisi snack bagi setiap penumpang. Tergantung Anda, apakah snack tersebut akan langsung disantap atau dijadikan bekal untuk di rumah?

Khusus rute perjalanan jauh (misalnya Bandung – Surabaya PP), berdasarkan pengalaman, menjelang pagi hari biasanya petugas KA akan menyediakan handuk hangat untuk setiap penumpangnya. Rasanya akan terasa menyegarkan seusai membasuh muka dengan handuk tersebut. Apalagi bila kemudian ditambah dengan tissue wangi. Walaupun belum mandi, tapi minimal akan mengurangi sedikit bau badan J

ka3.jpg

Segudang masalah KA ekonomi menanti solusi (indra kh)

Mungkin masih banyak kelebihan atau keasyikan lain bila melakukan perjalanan dengan KA, yang belum sempat saya tuliskan di sini. Siapa tahu Anda punya pengalaman yang bisa dibagikan di media ini.

Memang beragam masalah (keamanan, kenyamanan, ketepatan waktu, dsb) masih menghadang pengelolaan KA hingga kini, terutama untuk kelas ekonomi. Namun selama manajemen KA siap berbenah, memberekan masalah infrastruktur dan pelayanan, kesempatan untuk menjadikan kembali KA sebagai alat transportasi massal idola saya pikir belum tertutup.

Komentar»

1. roffi - Juli 23, 2007

yang patut ditunggu adalah kehadiran rel kereta yang menyambungkan ke bandara (bandara mana aja, yang sudah dalam rencana mah jakarta kan?).. ulah oleh lah jeung nagri lain.. cape kumacet euy angkat/uih ti bandara teh.. da eta teh kacida pentingna (teorina mah kitu) hehehe

@ roffi : setuju kang, rute KA ke bandara sangat dibutuhkan. Justru macet teh dianggap bisa menjadi oleh-oleh buat wisatawan mancanegara meureun, kang, hehe

2. enggar - Juli 23, 2007

Salam kenal mas Indra. KA Parahyangan sempat menjadi sahabat setia saya selama 5 tahun. Th 98 KA bisnis masih bagus, penumpangnya dikasih teh hangat gratis. Th berikutnya, lumayan, berikutnya lagi wah, parah deh. Apalagi kalo naik KA setiap jumat dan minggu nggak bisnis nggak exa penuh. Udah kaya naik bis aja. Tapi mo gimana lagi, ya dinikmati ajalah sambil becanda sama teman2 senasib:)

@ Enggar : Salam kenal juga, mbak. Di negeri kita itu memang aneh, tingkat pelayanan transportasi publik kian hari bukan meningkat tapi menurun. Pesawat juga bisa jadi contoh. Ketika mulai booming pesawat murah, setiap penumpang dikasih roti 5 biji, lalu setahun kemudian turun jadi 4, ehh terakhir saya naik tinggal 2, boleh jadi nanti enggak dapet apa-apa.

3. xwoman - Juli 24, 2007

bade kamana kitu kang naek KA?

iya nih kapan KA ekonomi diperbaiki, kasian tuh orang2 yg menggunakan jasa KA kelas ekonomi pasti menderita…

@ xwoman : biasa wae teh ka Batawi, milarian sasuap nasi/ mercy:mrgreen:

4. Kangguru - Juli 24, 2007

Kasawang basa keur ngora, naek kareta api ti bandung ka sukabumi, mios ti setatsion tabuh salapan dongkap ka sukabumi tabuh lima sonten da karetana tiasa eureun dimana wae hahahha

@ wak guru : saur rerencangan abdi mah anu kitu teh disebatna pak sengok cenah. Aya oge anu sami kareta api Jim West anu rute ka Cibatu, kolot di jalan nganggo eta ge, hehe

5. IndraPr - Juli 24, 2007

Duh, jadi kangen naik kereta api Parahyangan atau Argogede Jakarta-Bandung pp. Sejak ada tol Cipularang, udah ngga pernah lagi naek kereta api…

@ IndraPr : Naik kereta api-nya lebih enak di Singapura aja, ya pak🙂

6. Socrates Rudy Sirait - Juli 24, 2007

Dulu Argo Gede sempat jadi primadona dan gue sempet menikmati perjalanan bolak balik saat tugas di Bandung beberapa bulan.
Sekarang, mendingan naik mobil lewat Cipularang karena memang Argo Gede sudah tidak memberikan competitive advantage sedikitpun. Mulai dari terminal, di dalam kereta sampai dengan tujuan. Tidak ada kreativitas bisnis sedikitpun dari pihak perkereta apian, hanya pasrah menunggu ajal :))

@ Rudy Sirait : Argo Gede-nya bukan 2,5 jam tapi jadi 3 – 3,5 jam ya pak, kelamaan. Ya, minimal naik KA buat nostalgia saja 🙂

7. sikabayan - Juli 24, 2007

euh… asal ulah luncat weh kareta teh… kadang2 sok siga lele.. bade ngali erel… erel na mung hiji…

@ sikabayan : leueur atuh lele mah, nya. Heuheuy deuh aya-aya wae😀

8. zulfanahrielly - Juli 24, 2007

wahh..
saya ni yang ga pernah ngerasain naek kereta api.
haha katro banget ni..

@ Elly : Hehe, di Kalimantan emang gak ada, ya ly? Nyobain aja ke sini kalau penasaran:D

9. [irwan] - Juli 24, 2007

Dulu waktu masih kuliah kalo pulang kampung pasti pake kereta ekonomi Jogja-Garut. Lamaaa tapi justru rame, enjoy aja kalo jaman mahasiswa, memang kantong pas pasan.

Di kereta pasti dapet teman baru. Cuma gak enaknya kalo ke Garut musti turun di Cibatu ato Leles, pinggiran kota, jadi masih harus nerusin perjalanan ke kota lumayan jauh. Kasihan banget, rel kereta gak masuk daerah kota di Garut mah.

Kalo sekarang, duh, mikir-mikir deh naik kereta, apalagi kalo bawa anak istri, udah gak nyaman banget.

Cuma kalo ada waktu mah pingin deh sekali-kali bernostalgia bediri di sambungan gerbong sambil ngobrol ngaler-ngidul.

“Cai-cai, tiis, sarebu, tiis, dicaian-dicaian…!”

@ Irwan : Halah, kang Irwan teh Asgar ternyata😀 baru tahu, saya.

10. venus - Juli 24, 2007

udah lamaaaaa banget ga naik KA. dulu perasaan paling aman naek kereta ya? sekarang sereeemmm…

@ Venus : iya, memang sport jantung juga, bu. Setiap lewat jembatan sekarang laju KA-nya pelan2 banget, masinisnya kayak yang trauma. Tapi tetep asyik, kok😀

11. JARDIQ - Juli 24, 2007

naik kereta api tut… tut…!
woi siapa tuh yang kentut

@ Jardiq : Hahaha, ada-ada saja. Salam kenal, trims sudah mampir😀

12. on2hood - Juli 24, 2007

Asa waas nyawang masa-masa lawas, basa anyar mangkat ka Jakarta, haat ka awak, mangkat ka Jakarta kana kandaraan panjang Parahyangan, pas kandaraan panjang jalan maksadmah panangan ngangkat tas babawaan, kalah salah nyabak malah ngarampa panangan janda yg sapamaksadan akan ngangkat tasna … wah saya galagapan sama rasa, baham nyalangap alatan tah janda balaka ka saya “Maaf ya kang saya yang salah… saya Janda kang, akang nganjang ka saya ya… tah alamat saya ”
udah ah matak reuwas diteruskeun mah.. he.. he..

Kumaha kang damang ? Nembe tiasa nganjang yeuh usum naon didieu?

@ on2hood : wakakakaka, walah-walah sayah ngabarakatak maca pangalaman akang basa mangkat kana kandaaran panjang, matak mawa kabagjaan😀

Alhamdulillah damang, kumaha sawalerna? Ahh biasa weh usum halodo didieu mah, hehe

13. gessh - Juli 25, 2007

Barusan sayah naik KRL ekonomi (setelah sekian lama absen), kereta jalan beberapa menit baru ngeh klo gerbong yg saya tempati ndak ada kacanya. Serem banget ngebayangin kepala bocor kena lemparan batu, fiiuuh…finally….saya nulis komentar disini it means saya baik-baik saja😀

@ gessh: Salam kenal, trims sudah mampir. Waduuh pengalamannya horor sekali, mungkin itu KA khusus wisata jadi biar penumpangnya bebas lihat-lihat keluar tanpa terhalang kaca😀

14. gessh - Juli 25, 2007

Iyah bener KA khusus wisata (wisata Jkt-Bogor) hehe….😉

@ gessh: hati-hati saja kalau naik KA wisata-nya🙂

15. Rully - Juli 25, 2007

Udah lama bangget gak naik KA. Udah ada hotspot belum di Argogede?:mrgreen:

@ rully : belum kayaknya rul, kalau blank spot mah ada😀

16. sandimuda - Agustus 1, 2007

bulan Juni-july, ini saya ke jakarta juga pakai KA parahyangan yg bisnis pernah & juga yg eksekutif,…….. yg bisnis pernah kosong banget …….. he………he……… sampai bis abuat tidur asyik dech,… yg eksekutif malah kebagaian kurang bagusnya gerbongnya,.. hihi walo masih dingin,……. waktu ke Djogja- kemarin pakai lodaya,.. yg eksekutif,… perjalnan siang…….. wuich……… enak tenan sebab gak kepanasan he…….. he………. walo harganya lebih mahal gak apa dech karena bisa bobox, gitu kisah ku terbaru ……….. di kreta …

@ Sandimuda: ke Yogyakarta memang enaknya pake KA. Pake bis, sakit badan. Pake pesawat masih mahal, ya pak😀

17. Agam - Agustus 15, 2007

gak takut naik KA?
Kemaren abis kecelakaaan gara2 relnya dipotong tuh.
Aku jadi takut naik KA. Mendingan naik pesawat daripada KA.
Garuda, InsyaAllah masih aman dibanding yang lain.

@ Agam: iya lumayan ngeri juga naik KA. Tapi kalau gak sedang keburu waktu sih asyik-asyik aja, mas.

18. yudhie - Agustus 17, 2007

Saya akan berencana naik Argo Gede sehari setelah lebaran (14/8/200&) Dari Gambir Ke Bandung (langsung dari sukarno ke gambir). Menurut anda, apakah ticket itu akan sulit dapatkannya atau enga? saya pikir hari lebaran kedua orang orang nga akan travel kan?… sorry bahasa indo saya nga begitu bagus… akan pulang dari U.S untuk nengok Nenek saya untuk 2 minggu. so excited….
tolong dong kasih informasi, hatur nuhun!

@ yudhie: Salam kenal. Kalau langsung pesan tiket pada hari itu juga akan sangat sulit. Pasalnya tiket biasanya sudah habis dipesan 1 pekan sebelumnya. Mungkin kalau dari Bandara lebih baik menggunakan Bis pemadu moda yang langsung ke Bandung: Bandara Sukarno Hatta – Bandung Super Mal.

19. dianhapsari - Agustus 28, 2007

Ya, Mas…setuju…bagi saya kereta api memang kadang menakutkan (karena cerita ibuku yang sewaktu kecil tinggal di pinggir rel spoor di Kutarjo, sering menemukan potongan tangan, kaki, atau orang bunuh diri)…tapi lebih dari itu, kereta api mempunyai kekhasan. Aku lebih menyukai irama suara kereta api daripada kendaraan lain, pun ketika ada di dalam sebuah gerbong yang berjalan.

@ dianhapsari: asyik peminat KA masih ada🙂

20. Rully - Agustus 28, 2007

kamari naek argogede ti bandung ka gambir. waduh mang, 3 jam. capye deh.:mrgreen:

21. ardianto - Januari 9, 2008

Salam Kenal..!
Saya punya pengalaman buruk naek Argo Gede dan Parahyangan, ketinggalan kereta yang terakhir. Cuma telat 3 menit.
Sialnya itu kereta terakhir…
Nginep deh di Stasiun Gambir..😦
hehehe… tapi memang asyik kok naek KA..🙂

@ Ardianto: Salam kenal kembali. Waah hebat KA-nya bisa tepat waktu, yah pak😀

22. Ardianto Satriawan!!! :: Orang Indonesia Hebat! :: January :: 2008 - Januari 9, 2008

[…] jarak Jakarta dari Bandung itu 593 km. Artinya kecepatan rata-rata Argo Gede itu 593 km/2,5 jam = 237,2 km/jam. Kecepatan rata-ratanya aja segitu, pasti dalam perjalanan kereta […]

23. irvan - Maret 16, 2008

Pt KA smakin tahun smekin baik tapi tolong jam krete harap tepat waktu
karena kalau kereta datang terlambat kita juga yang capek nunggunya
harap terima kasih

24. DJ-Daniel - Juli 23, 2009

Boleh Numpang ceritaa yaa…

Udah 2x gue naik Argo Lawu, 1x Naik Argo dwipangga sama 1x Naik Senja Utama Ke Solo, pelayanan KAnya seimbanglah sama harga tiketnyaa, tapi waktu gue ke solo naik argo lawu keretanya sempet anjlok sebelum sampai Klaten, sumpah coba kalo anjloknya di Jembatan…. Pelayanan KA sekarang udah kayak di Pesawat, (Kec. Senja Utama)

TETAPI
Ada satu yang gue kecewain, pertama, baik Argo Lawu, atau Argo Dwipangga jadwal tibanya gak sesuai ama yang udah dijadwalin, malahan Senja Utama yang On Time, ada apa tuh?
Kedua, kok gue ngerasa pelayanan argo dwipangga biasa aja ya? TV mati,AC gak terlalu dingin, udah gitu ga ada Stop Kontak, kan padahal rute jauhh… (Mau Pake Laptop jadi gak jadi)

hehehe, ciao.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: