jump to navigation

Jelajah Masjid Bandung Raya: PUSDAI Jabar September 18, 2007

Posted by indra kh in Bandung, Islam, Jalan-jalan, Masjid, ramadhan.
trackback

Mengunjungi masjid-masjid di bulan Ramadhan meninggalkan kesan tersendiri. Bisa ikut merasakan keteduhan di dalamnya, menyaksikan bocah-bocah yang hilir mudik tak mau diam saat mengikuti pesantren kilat, menyimak kultum sejenak seusai shalat fardhu, dan kegiatan keagamaan lainnya adalah ragam aktivitas masjid yang bisa kita lihat dan rasakan saat datang bulan suci.

Jalan-jalan saya pada Ramadhan kali ini pun akan lebih condong ke arah tema-tema yang berkaitan dengan bulan tersebut. Salah satunya tentang “Jelajah Masjid di Bandung Raya.” Lokasi perdana yang saya kunjungi adalah PUSDAI (Pusat Dakwah Islam) Jawa Barat.

pusdai2.jpg

“Suasana PUSDAI pada Sabtu (14/9) sore (indrakh)”

Sarana ibadah yang dikelola pemerintah Jawa Barat ini terletak di Jl. Diponegoro 63 Bandung, tak jauh dari Gedung Sate yang menjadi tempat pusat pemerintahan provinsi. Gagasan pendirian PUSDAI ini konon telah tercetus sejak tahun 1978. Keputusan pembangunannya sendiri baru disetujui di era 80-an. Rumitnya faktor pembebasan tanah seluas 4,5 Ha membuat pembangunan PUSDAI baru bisa dimulai sekitar tahun 1992. Setelah sempat terhenti beberapa kali, akhirnya pembangunan PUSDAI Jabar rampung pada tahun 1997.

Bangunan PUSDAI yang bersebelahan dengan RRI (Radio Republik Indonesia) Bandung ini dirancang oleh arsitek Slamet Wirasonjaya. Masjid dua lantai dan dilengkapi satu menara ini dapat menampung sekitar 4000 jamaah. Bentuk kubah pada masjid ini berbeda dengan kubah pada umumnya, Masjid PUSDAI memiliki ciri khas kubah berbentuk atap kayu simpang susun bertingkat. Rangka atapnya menggunakan struktur baja.

pusdai1.jpg

“Bagian dalam Masjid PUSDAI (indrakh)”

Interior masjid didominasi oleh batu marmer dan profil kayu serta dihiasi dengan sejumlah tulisan kaligrafi dengan hiasan motif etnis di beberapa bagian. Bagian mihrab yang dihiasi ornamen kayu dibuat leluasa dengan luas lebih kurang 30m2. Sayangnya penataan perangkat sound system di masjid ini masih kurang bagus, sehingga tidak semua bagian masjid dapat menerima suara dengan jelas (terlalu banyak gaung).

Selain bangunan utama masjid, PUSDAI ini dilengkapi pula dengan berbagai sarana untuk kepentingan syiar ummat diantaranya adalah Plaza, ruangan seminar besar dan kecil, perpustakaan elektronik, pusat bahasa, auditorium, Galeri Al Qur’an dan Laboratorium Al Qur’an, klinik kesehatan, kafetaria, dan area parkir yang luas. Koneksi antara bangunan satu dan lainnya dihubungkan oleh sejumlah koridor yang berfungsi untuk melindungi jamaah dari panas dan hujan.

pusdai3.jpgSalah satu sarana unik yang ada di sini adalah galeri AI Qur’an mushaf sundawi yang berada di bagian timur bangunan. Al Qur’an ini dibuat dengan tulisan yang diperkaya dengan motif-motif Islami khas Sunda, seperti misalnya motif batik Sunda dan motif tanaman-tanaman khas Jawa Barat.

“Tampak depan Plaza PUSDAI (indrakh)”

Selain menyelenggarakan berbagai aktivitas ibadah sejumlah kegiatan lainnya rutin diselenggarakan oleh PUSDAI, diantaranya adalah kursus jurnalistik, kuliah dhuha, public speaking, kursus berbagai bahasa asing, kajian tafsir, dan seminar keagamaan.

Untuk mengakses Masjid ini relatif mudah. Lokasinya terletak kurang lebih 1 km menuju arah timur dari lapangan Gasibu. Tempat ibadah ini juga mudah dijangkau pula oleh para wisatawan lokal yang kebetulan sedang mengunjungi Museum Geologi atau berbelanja di berbagai factory outlet di sekitar Bandung Utara, khususnya Dago dan Diponegoro.

Sejumlah rute angkutan kota maupun bis kota melewati PUSDAI, diantaranya diantaranya adalah: Cicaheum-Ciwastra, Riung Bandung-Dago, Cicaheum-Ciroyom, Cicaheum-Ledeng, ST Hall-Sadang Serang, Caringin-Dago, Gedebage-Awiligar, dan bis kota jurusan Dipatiukur-Jatinangor.

Sedikit informasi tentang PUSDAI semoga bisa membantu bagi Anda yang membutuhkan. Jadi bila di bulan Ramadhan ini diantara Anda ada yang berminat berwisata religi ke kota Bandung, maka jangan ragu untuk menjadikan masjid PUSDAI sebagai salah satu pilihan lokasi. Mari!

Komentar»

1. roffi - September 18, 2007

Orang bandung teu apal pusdai mah teungteuingeun.

@ Roffi: hehehe, muhun kang

2. Rully - September 18, 2007

aya jajanan naon wae di pusdai?:mrgreen:

@ Rully: mun jumaah mah rame pisan, ti mulai peci, korma, sampai radio transistor aya😀

3. gies - September 18, 2007

pusdai?! saya tahu!!! hihihi…jangan jangan Kang Indra ini salah satu crew acara jelajah masjid yang di tipi itu ya?

@ gies: wakakaka, kalau saya jadi presenter tv mah penontonnya bubar atuh, teh:mrgreen:

4. almascatie - September 18, 2007

kapan aku bisa kesana yah…
pengennya sih dalam bulan suci ini
*dulu sering kalo ramadhan gini sholat ke masjid2 yang bersejarah sih*:mrgreen:

@ almascatie: sok kapan atuh kang😀 [menunggu mode: ON]

5. peyek - September 18, 2007

Ehm… yang menarik kadang proses pendanaan pembangunan Masjid, jika masjid itu dibangun oleh pemerintah, ah… berbaik sangka aja di bulan begini hehehehe

@ peyek: hehehe, saya ngerti lah cak😀

6. sandimuda - September 19, 2007

Alhamdlh- dua kali saya tarawih di sana moga kalo gk Ramadhan PUSDAI ….. tetap ramai dikunjungi tuk beribadah & kegiatan syiar agama Islam…… pesen seponsor sya juga ada artikel baru pak,…. kalo mau comment i’m sorry iklan juga….. he….he……..

@ sandimuda: suipp!

7. gies - September 19, 2007

@ gies: wakakaka, kalau saya jadi presenter tv mah penontonnya bubar atuh, teh:mrgreen:

😀 salah yaa? maap saya pikir bgitu, abis byk jln2nya hihi

8. sandimuda - September 19, 2007

boss tahu ttg penulis best seller novel Ayat-Ayat Cinta (AAC), ya itu di artiekl- content blog terbaruku setelah bersepeda yuukk,…bapak ksh coment thanks a lot of- kasih komentar lagi ya boss,.di AAC agar yg nulis ini ada kisah AAC lagi guerrrrr he… he……………. nanti penulisnya nggk hadir di PUSDAI … tapi di Salman ITB,….28/9 baca kisahnya… gtu yach…….. thara thenk yu yuuuuk………

9. za - September 20, 2007

Sarana ibadah yang dikelola pemerintah Jawa Barat ini terletak di Jl. Diponegoro 63 Bandung, tak jauh dari Gedung Sate yang menjadi tempat pusat pemerintahan provinsi. Gagasan pendirian PUSDAI ini konon telah tercetus sejak tahun 1978. Keputusan pembangunannya sendiri baru disetujui di era 80-an. Rumitnya faktor pembebasan tanah seluas 4,5 Ha membuat pembangunan PUSDAI baru bisa dimulai sekitar tahun 1992. Setelah sempat terhenti beberapa kali, akhirnya pembangunan PUSDAI Jabar rampung pada tahun 1997.

Wah Mang Indra, riset penulisannya lumayan juga. Sampai sedetail ini euy. Fakta-nya ngumpulin dari mana Mang Indra?

Aku kemarin sempat baca Kompas Minggu sejenak. Ada tulisan Emha soal Masjid. Pendek, namun bagiku sungguh mendalam. Kurang lebih begini:

Masjid ku ada dua.
Satu dari batu.
Satu di dalam hati.

Kemarin di Salman malah ada Taufiq Ismail. Wah, aku berkunang-kunang dengerin puisi-puisinya.

@ za: biasa om, baca-baca sama tanya sana sini dulu sebelum nulis, hehe. Wah ada Taufik Ismail?? sayang banget saya gak tau😦

10. bemuinsgdbdg - September 27, 2007

kapan pusdai ngadain acara buka bersama plus menghadirkan kiai kanjeng..(MH ainun NAJIB)?

@ bemuinsgdbdg: Mungkin pihak Pusdai lebih mengetahui tentang hal ini

11. Handam Citamatra Studio Bandung - November 23, 2007

Kami sebagai tim perancang Al-Quran Mushaf Sundawi Berharap mohon untuk masyarakat Kawa Barat Khusus nya dapat menjaga dan mempromosikan manuskrip Al-Quran mushaf sundawi tersebut karena merupakan sebuah karya monumental di bidang spiritual yg dimilki provinsi Jawa Barat

12. Handam Citamatra Studio Bandung - November 23, 2007

informasi lebih lengkap Mengenai Al-Quran Mushaf Kunjungi di :
http://designmushafalquranindonesia.blogspot.com/

@ Handam: Trims infonya.

13. mpit - Januari 12, 2008

assalamualaikum..u/ warga bandung jika ada yang berminat jadi orang tua asuh bisa kirim email ke seruni_foundation@yahoo.com,nanti akan diinformasikan profil data anak-anak asuh…hatur nuhun

14. RiFa - Januari 17, 2008

Askum .
good euy !!!
kapan2 lbih baeg lgee iiah . . okeh ??
enag jg lho dsna . . da al – quran ianc gedhe bgdh . .
akuh pengen de ksna lgee . .
apph kbr mbb Waliya Wanda Sari . . ??
slm buat Pak Kyai haji Miftah Farid n Pak Zainal Abidin .
okeh ?
bubbay . .
waskum .

15. agus lilik setiawan - Maret 13, 2008

insya alloh, diberi keluasan waktu tuk mendalami islam dengan mengunjungi PUSDAI
mohon doanya🙂

16. Abu Fahira - April 30, 2008

Saya senang sekali dengan masjid pusdai.Banyak kenangan yang saya ambil di masjid PUSDAI JABAR.Dulu waktu aku sblm menikah aku berdoa di masjid pusdai waktu ramadhan tahun lalu pas malam ganjil.Saya berdoa agar di berikan jodoh, istri yang shalehah juga anak yg shalehah.Skrng saya sdh menikah dan dikaruniai 1 putri.Alhamdulilah

17. henceu - Juni 16, 2008

thanks penjelasannya, jadi tau sejarah mesjid pusdai…
*salam kenal

18. Masjid Agung Garut, Saksi Bisu Sejarah Kota « Indra KH - September 16, 2008

[…] Masjid Pusdai […]

19. alike.wordpress.com - November 25, 2008

Dahulu remaja dan pemuda masjid Pusdai Jabar getol mengadakan acara-acara syiar Islam. Semarak suasana keagamaan begitu terasa. Terlebih pasca berdirinya Rampai (remaja dan pemuda islam) pada tahun 1998.

Periode 98 – 2002 adalah masa emas aktivitas para pemuda Pusdai. Namun sayang sepeningggal para seniornya aktivitas syiar tersebut perlahan senyap dan hilang kemudian digantikan dengan perhelatan akbar acara Kawinan yang saban minggu digelar di Gedung Serbaguna Balei Asri.

Wahai kawan seperjuangan eks Rampai,….dimanakah kini kalian berada….?

20. eemoo - Desember 11, 2009

baru tau nee ada islamic center i bandung
http://www.majestad.wordpress.com –> masjid2 cool

21. BADRUDIN, M. Ag. - April 5, 2010

—-bismillaah—-pergilah kamu dengan atas nama Allah swt, singgahlah kamu dengan meyakini adanya Allah swt, dan raihlah tujuan utama yakni ridha Allah swt,…..insyaa allooh kamu puas selamanya—–BADRUDIN, M. Ag. (Penyuluh Agama Islam Fungsional di lingkungan Kementerian Agama Kantor Kota Bandung & Ketua Yayasan Islam Gunung Jati Sukabumi)

22. Andini Jacktour - Mei 19, 2011

Yupz,.. tulisan yg bgs,..
tamu kami dr Jacktour.Com juga senang berkunjung ke Pusdai apalagi saat Bulan Ramadhan🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: