jump to navigation

Ketika Satwa Memacetkan Jalan Januari 9, 2008

Posted by indra kh in fenomena, Jalan-jalan, travel and places.
trackback

Masih ingat film Jumanji? Film yang mengisahkan seorang bocah bernama Alan (diperankan Robin Williams) yang hilang ditelan papan permainan Jumanji. Sang bocah akhirnya baru bisa keluar dari papan 25 tahun kemudian. Ternyata bukan cuma Alan namun bermacam satwa seperti gajah, harimau, kera, dll juga turut keluar dari papan ajaib itu dan turun ke jalan serta menyerbu kota.

Jika Anda penasaran ingin melihat dan merasakan bagaimana bermacam-macam satwa turun ke jalan dan menghadang laju kendaraan coba saja datang ke Desa Cibeureum, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Di sana Anda akan melihat pemandangan Gajah yang turun ke jalan, salah satunya seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

“Ketika Gajah memacetkan jalan (indrakh)”

Ya, diantara Anda pasti sudah pernah mendengar atau mengunjungi Taman Safari Indonesia. Di area seluas sekitar 140 hektar yang dulunya merupakan kebun teh itu sudah sejak tahun 1980 berubah menjadi pusat penangkaran satwa, terutama satwa langka. Berbeda dengan di kebun binatang dimana satwa-satwa yang ditempatkan dalam kandang sementara pengunjungnya bebas bergerak. Di Taman Safari justru kondisinya terbalik; binatang-binatang (termasuk binatang buas) dibiarkan bebas, sementara para pengunjungnya di-kandangin alias hanya bisa menonton dari dalam kendaraan. Jika Anda termasuk nekad bisa saja Anda keluar dari kendaraan namun siap-siap saja menjadi santapan sang raja rimba.

Taman Safari memiliki koleksi ratusan jenis satwa yang berasal dari Indonesia dan lima maupun yang didatangkan dari lima benua, seperti Lama, Komodo, Harimau, Gajah, Jerapah, Bison, Beruang, Harimau Putih, Onta, Monyet, dan lain sebagainya.

“Memberi makan satwa lewat mobil (indrakh)”

Taman yang terletak pada ketinggian 900-1800 m diatas permukaan laut ini dibuka setiap hari mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB dengan harga tiket dewasa Rp.50.000, anak-anak (di bawah 5 tahun) Rp.40.000, mobil Rp.15.000, dan tiket bis Rp.20.000.

Harga tiket bagi pengunjung mancanegara berbeda lagi. Entah apa maksudnya. harga tiket dewasa Rp.70.000, anak-anak (di bawah 5 tahun) Rp.60.000, mobil Rp.15.000, dan tiket bis Rp.20.000.

Yang menarik setiap malam Minggu, Taman Safari juga menyelenggarakan safari di malam hari (Safari Malam) yang dibuka mulai pukul 19.00 WIB sampai dengan pukul 21.00 WIB. Untuk Safari Malam ini saya belum bisa banyak bercerita karena belum pernah mencobanya.

Selain bisa melihat beraneka satwa langka, di Taman Safari kita juga bisa menikmati berbagai wahana permainan. Jenis permainannya memiliki kemiripan dengan Dunia Fantasi, namun dalam skala lebih kecil. Oh, iya bagi Anda yang ingin naik onta atau berkeliling sekitar Taman Safari dengan naik gajah bisa menuntaskan rasa kepenasarannya di tempat wisata ini. Harga tiketnya Rp.10.000/ orang.

Sudah lama sekali saya tidak berkunjung ke tempat wisata alam ini. Ketika liburan akhir tahun kemarin memiliki kesempatan mengunjungi tempat ini lagi bersama keluarga, saya seakan-akan mendapatkan atmosfer yang lain. Menarik sekali. Apalagi melihat reaksi anak saya yang begitu senang menyaksikan satwa-satwa di sana. Rasanya tidak menyesal untuk datang lagi di lain waktu.

Komentar»

1. Sayap KU - Januari 9, 2008

Ade pernah ke taman safari malam mas … semua mobil macet tapi binatangnya gak ada. Artinya bukan satwa yang bikin macet🙂

-Ade-

@ Ade: Kalau begitu apa yah yang bikin macet. Mungkin pengunjungnya pada ketakutan jadi nunggu mobil lainnya🙂

2. Rully - Januari 9, 2008

pertamax?

hiks, secara belum pernah ke taman safari. ndeso euy urang mah.:mrgreen:

@ Rully: Ajak Zuyyin mang, mun jauh mah ka derenten weh heula😀

3. kangguru - Januari 9, 2008

aya nu nawarkeun VIla bos Vila teu hehehheheh

4. Hair - Januari 9, 2008

itu namanya penyiksaan hewan
coba kalo kita yang dikurung kayak gitu, rasanya gemana yach?

5. Rayyan Sugangga - Januari 10, 2008

Mas juga harus coba Taman Safari yang di Jawa Timur, kalau tidak salah di daerah Pandaan. Jalur antara Surabaya menuju Malang.

Menurutku lebih bagus yang di Jawa Timur.

6. andri - Januari 12, 2008

kisah ini menarik banget karena kisah nyata, kayak film tarzan he..he sayang waktu kemaren saya jalan-jalan di jakarta & tangerang, gak sempet ke taman safari.. kalo bapak ke sono lagi ajak lagi saya ya..

7. Rayyan Sugangga - Januari 14, 2008

@ Hari
Seperti di film The Planet of Apes ya ?😛

8. raddtuww tebbu - Januari 14, 2008

pernah ke taman safari,, pas ke arena gajah2 gitu, muntah,, hihihi,, bau,,

@ mas rayyan
kapan ke jawa timur?
ada bneran gitu? mana fotonya?

9. musyawarahbuku - Januari 19, 2008

saya pernah ke sini dan pernah naik gajahnya juga. jaman SD dulu.

10. Rosyidi - Januari 26, 2008

Mahal banget tiketnya. Perasaan di Jawa Timur gak semahal itu. Aku gak tau pastinya, soalnya udah lama gak kesana. Tapi seingetku gak semahal itu (gak tau lagi kalo udah naik)😦

@ Rosyidi: penasaran juga pengen mencoba taman safari yang di sana

11. ayaelectro - Januari 31, 2008

apa pernah melihat beruang menyerang sebuah mobil di taman safari? mengerikan sekali. hehe. please checkout my blog and give your comment: http://ayaelectro.wordpress.com/

12. Raden mas nano - Februari 6, 2008

tolong dong tiketnya dipertimbangkan lagi, terlalu mahal. kasihan masyarakat kecil yg pengin tour kesafari.

13. Dimaz - Oktober 24, 2008

iya bener tugh,mahal banget !

qlo safari malam,seru gg sih??
oia,dsana pnginapannya perhari brapa yach???


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: