jump to navigation

Tahu Tauhid Lembang Maret 6, 2008

Posted by indra kh in Bandung, food and drink, Jalan-jalan, kuliner, Lembang, makanan, travel and places.
trackback

Tulisan tentang tahu Tauhid ini saya angkat untuk menuntaskan janji saya kepada Bapak P.N Jonathan-de meza, di Amsterdam, Belanda. Permintaan beliau waktu itu pernah dimuat pada komentar postingan saya yang berjudul: “Lembang Pesona Pegunungan”, dan sedikit cerita “Tentang Saya.”

“Tahu goreng, salah satu menu tahu Tauhid yang selalu laris diburu pembeli (indrakh)”

Kendati bernama tahu Tauhid, namun produsen tahu yang satu ini tak ada hubungannya sedikit pun dengan Pesantren Daarut Tauhiid milik Aa Gym. Tahu Tauhid adalah nama industri tahu yang berada di kota Lembang. Berada di sebelah selatan Pasar Panorama, pabrik tahu tersebut tepatnya terletak di Jl.Cijeruk 113.

“Papan nama tahu Tauhid di pintu masuk pabrik di Jl. Cijeruk, Lembang (indrakh)”

Antrian pembeli terutama pada akhir pekan atau hari libur sudah menjadi pemandangan rutin di industri tahu yang kini sudah ditangani oleh generasi kedua. Selain berasal dari kota Lembang dan Bandung, mayoritas peminat tahu Tauhid adalah para wisatawan lokal asal Jakarta yang sedang berlibur ke kota yang terletak di kaki gunung Tangkuban Parahu ini. Selain dijual di pabriknya, penjualan tahu Tauhid (dalam kemasan) saya lihat sudah merambah hingga ke sejumlah supermarket.

Kendati dari segi rasa tidak terlalu jauh dengan tahu lainnya, misalnya tahu Cibuntu, namun tahu Tauhid menurut saya lebih pas rasa asinnya dan teksturnya lebih lembut. Tentu saja diantara Anda mungkin bisa saja memiliki pendapat lain.

Ada berbagai jenis tahu maupun olahannya yang ditawarkan. Selain tahu putih yang biasa digunakan untuk masakan dan tahu kuning yang sudah biasa kita kenal, di sini ada juga tahu yang dibuat seperti tahu Sumedang. Hanya saja ukurannya lebih besar. Pabrik tahu Tauhid juga menyediakan susu kedelai. Sebelumnya tahu Tauhid dijual dengan harga Rp. 350, 00/potong. Hanya saja kenaikan harga kedelai yang terus menanjak sejak akhir tahun lalu memaksa pengusaha tahu untuk menaikkan harga jualnya. Sempat dijual dengan harga Rp. 400, 00/ potong kini harga tahu Tauhid naik lagi, menjadi Rp. 500, 00/ potong. Susu kedelai yang sebelumnya dijual dengan harga Rp. 3500,00/ liter kini menjadi Rp 4000, 00/ liter.

“Kios sate ayam dan sate kelinci, serta Cafe & Resto di Tahu Tauhid (indrakh)”

Oh iya, jika kita datang ke lokasi pabriknya di sana juga terdapat Cafe & Resto yang menyuguhkan beraneka masakan Indonesia maupun Eropa yang bahan utamanya berasal dari tahu. Misalnya saja sapo tahu, nudget tahu, souffle tahu, yoghurt, juice dll. Namun jika ingin menu tradisional, kedai-kedai di sekitar gerai penjualan tahu yang masih berada di lingkungan pabrik tahu Tauhid bisa jadi pilihan alternatif Anda. Mulai kue serabi dengan bermacam-macam rasa, sate ayam dan sate kelinci, hingga gado-gado ada di sini.

Nah bila Anda sedang berlibur atau singgah sejenak ke Lembang, jangan lupa untuk mampir ke pabrik tahu Tauhid.

***

Masih dari kawasan Cijeruk, selain tahu Tauhid masih ada juga sejumlah tempat jajanan lain yang menarik untuk dikunjungi dan selalu dipenuhi wisatawan lokal pada akhir pekan. Diantaranya Es Mambo Lembang dan Es Lilin Nays. Mudah-mudahan lain kesempatan bisa saya ungkap di sini.

***

Tulisan terkait tentang Lembang:

  • Lembang Pesona Pegunungan
  • Tangkuban Parahu yang Tetap Mempesona
  • Kawah-kawah Gunung Tangkuban Parahu
  • Strawbery walk wisata strawbery petik sendiri
  • Wisata Kebun Anggrek dan Kaktus Lembang
  • Susu Sapi dan Yoghurt KPSBU Lembang
  • Tahu Tauhid Lembang
  • Rute Alternatif Bandung – Lembang
  • Bumi Perkemahan Cikole
  • Paint Ball Sindang Reret Cikole
  • Lembang dan Dunia Strawberry
  • Komentar»

    1. raddtuww tebbu - Maret 6, 2008

    wahhhh.. terimakasih infonya mas,, *berkemas pengen liburan*:mrgreen:

    @ raddtuww tebbu: liburan ke Lembang saja😀

    2. Donny Reza - Maret 6, 2008

    weh, berkali_kali ke lembang, kok baru denger ya soal tahu tauhid ini?:-/

    @ Donny: Lokasinya gak jauh dari pasar, kang. Silahkan dicoba.

    3. rumahkayubekas - Maret 6, 2008

    Lama dah ngga mampir lagi.
    Biasanya kalo pulang dari luar- kota liwat lembang, selalunya mampir ke tahu- tauhid, es lembang.
    Biasa, titipan orang rumah Kang,

    @ rumahkayubekas: sudah pernah mencoba mah sok katagihan, kang

    4. almascatie - Maret 6, 2008

    yang makan harus ber-tauhid semua lho
    *ngumpet*

    5. adit-nya niez - Maret 6, 2008

    Saya kalo gorengan suka tahu dan tempe!
    Jadi, dibungkus ya kang…:mrgreen:

    6. Primus - Maret 6, 2008

    wah mas Indra ini memang penikmat makanan . . . infonya selalu lengkap banget . . .

    7. Yari NK - Maret 6, 2008

    Iya pernah lewat tapi belon sempet coba……. tapi saya agak heran European food seperti apa ya yang terbuat dari tahu?? Apa European food yang dimodifikasi jadi menggunakan tahu??

    8. gempur - Maret 6, 2008

    saya pesen satu paket pak! hehehehe… mudah2an kalo ada waktu bisa mampir.. meski dari cikampek agak jauh.. 3 jam ke bandung.. belum ke lembangnya khan pak?!😀

    9. Echi - Maret 6, 2008

    Saya sudah baca bagian ini. Di http://mycityblogging/bandung/ ?

    *Ups, Spam😀

    10. peyek - Maret 7, 2008

    mantap mas… ini warna Indonesia, namanya unik, tahu tauhid, mungkin juga ada cerita dibaliknya, biar yang mekan bertauhid kali mas.. hehehe🙂

    11. Rully - Maret 7, 2008

    kayaknya mantab nih.
    tapi lebih mantab kalo rapat mingguan, dbawa. jadi bukan issyue. :mrgreen

    12. amir - Maret 7, 2008

    Abdi kang gaduh ade ipar, tah pami katuangan favorit na teh cekap sareng Sangu + Tahu, ciganamah pami dipasihan tahu anu ieumah wah atoheun pisan nya ?🙂 Nuhun ah bewara na. Tahu Tahu 3 x …….

    13. Mardies - Maret 8, 2008

    Meski saya nggak pernah berfikir bakal ke Lembang, tapi sepertinya enak. *sedang membayangkan baunya*

    14. Rayyan Sugangga - Maret 10, 2008

    Hmm … Susu kedelai & Yogurt. Sedap pasti🙂

    Kirim ke Graha Haidara ya mas🙂 , jangan file report aja yang dikirim ke Mas Amir ha ha ha

    15. indra1082 - Maret 11, 2008

    Kemarin aku juga habis ke tetangganya lembang…

    http://indra1082.wordpress.com/2008/03/10/antara-ciater-jakarta/

    16. OP - Maret 11, 2008

    hari Minggu kmaren pulang dari Ciater mampir ke sini, duuh parkirnya susah banget (udah penuh jalannya kecil sih, cuman muat 2 mobil)…. eh pas dapet parkir ke dalam… tahunya dah habis, tahu gorengnya juga habis… gilaaaa ya banyak banget peminatnya🙂 Habis enak siiihh….

    17. andri - Maret 11, 2008

    “wach aqu jadi penasaran di mana tahu itu ya pak?? beberapa kali aqu ke lembang pake sepeda MTB maupun sepeda motor.. he..he kok aqu gak lihat mungkin belum fokus ya..?? lain kali tahu ini dicari dech.. tahnks infonya”

    18. macanang - Maret 12, 2008

    jadi inget tahu takwa yang ada di kediri..

    19. wahyu ramadani - Maret 14, 2008

    kayanya ma`cos . . .
    jadi pengen nich

    20. LieZMaya - Maret 17, 2008

    minggon kamari simkuring liburan kabandung, sakantenan jalan2 ka lembang tangkuban parahu, mung kahujanan…boro2 ka meser tahu, nu aya kaburitan hiks hiks

    @ LiezMaya: gening nuju liburan di Bandung, naha atuh teu linggih heula ka rorompok, hehe. Engke deui mah kedah ti enjing2 bade jalan2 ka Lembang dsk mah, teh

    21. fay - Maret 18, 2008

    bikin perut dangdutan.
    (keroncong sudah diprotoli sama fade 2 black)

    22. Ide Bisnis - Maret 31, 2008

    peluang usaha dan ide bisnis di bidang makanan selalu ada ya.. apalagi di bandung.. selalu bisa berhasil bila dikemas dengan strategi yang tepat.. (dan modal of course)

    23. Eka Tisa - April 17, 2008

    Mas Tauhid, aqu bersama temanku (Ririe) mau berkunjung ke pabrik tahu Mas Tauhid. Qta mau minta informasi tentang pengolahan limbah di pabrik tahu da teknologi yang digunakan. Bales ke email saya yah Mas!!! ^_^

    24. poppy - April 24, 2008

    Tahunya enak. tapi lebih enakan tahu takwa kediri hehehe. sate kelinci d situ juga enak. pokoknya klo ke lembang kudu nyobain jajanan yg ada di sini deh…top markotop!

    25. Service AC - Februari 11, 2009

    Wah..terima kasih atas informasinya, kebetulan mau ke Lembang minggu ini.

    26. Ivana - April 11, 2009

    tahu favorit saya nehhhh…

    27. Mr.guy - April 14, 2009

    euenak tenan….
    dari pada ga kebagian lbh baik pesen dulu bu..
    sekarang ada delivery ke 0222011889/sms ke 085220072481 min order 25rb + charge(klo jauh,klo deket pasti gratis)…pasti di anterin ke pelosok bandung sekalipun,he3 (asal alamt jels aj)

    28. lina - Juni 9, 2009

    mau tanya alamat lengkap tahu tauhid apa? kalau dari hotel banana inn berapa lama waktu sampainya? rute apa yang harus saya tempuh dari hotel?
    dekat tidak dengan lokasi KPSBU?
    Kalau delivery ke Hotel banana inn bisa tidak?
    thx

    29. hasri - Juni 15, 2009

    mas klo tahu tauhid berdiri tahun berapa sih mas.
    trus nama pemiliknya sapa ya???
    butuh buat tugas kampus nih……

    30. atex - Oktober 13, 2009

    selamat ,,, mungkin ada lowongan kerja ?

    31. mery - Desember 10, 2010

    yang suka ma es mambo yogurt lembang silakan add fbnya esmambo_yogurtlembang@ymail.com

    32. Strawbery Walk, Wisata Strawbery Petik Sendiri | Indra KH - Januari 4, 2013

    […] Tahu Tauhid Lembang […]


    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: