jump to navigation

Taman Lalu Lintas, Wahana Rekreasi Anak Legendaris April 1, 2008

Posted by indra kh in Bandung, Jalan-jalan, keluarga, mainan, topics, travel and places.
trackback

Hari sebenarnya masih pagi ketika kami melangkah masuk ke gerbang Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani, Jl. Belitung no 1, Bandung, Minggu (30) kemarin. Meski begitu, ternyata wahana bermain tersebut sudah ramai dengan suara riang para bocah yang seakan memecah kesunyian. Lalu lalang para pengunjung dan pedagang mainan anak-anak terlihat di berbagai sudut salah satu tempat rekreasi anak tertua di kota Bandung itu.

“Berkeliling Taman Lalu Lintas menggunakan KA mini (indrakh)”

Jika dipikir, entah kapan saya terakhir kali menjejakkan kaki ke taman yang di jaman kolonial dikenal dengan nama Insulindepark ini. Mungkin pada tahun 80-an, waktu masih Sekolah Dasar. Kini, baru sekitar dua dekade kemudian saya masuk ke tempat ini lagi. Namun kali ini bukan sebagai anak-anak, melainkan mengantar anak sendiri. Kalau begitu pengunjung Taman Lalu Lintas berarti sudah beberapa generasi.

Taman yang dulunya berupa rawa-rawa itu mulai diresmikan menjadi sarana pendidikan informal untuk menanamkan etika berlalu lintas bagi para bocah pada tanggal 1 Maret 1958. Pemberian nama “Ade Irma Suryani” dimaksudkan untuk mengenang putri Alm. Jend AH Nasution yang meninggal tertembak pada peristiwa G30S/PKI.

Letak Taman Lalu Lintas termasuk strategis, dan berada di pusat kota. Lokasinya tak jauh dari Bandung Indah Plaza, Jl. Merdeka dan kawasan Factory Outlet , Jl. LLRE Martadinata (Riau). Rute angkutan kota yang melewati Taman Lalu Lintas, diantaranya: Abdul Muis – Dago, Abdul Muis – Ledeng, atau Antapani – Ciroyom.

Harga tiket masuk ke wahana rekreasi ini juga masih terbilang murah. Pada hari biasa Rp. 4000, – / orang, sedangkan pada hari libur adalah Rp. 5000, – / orang. Hanya saja harga tersebut tidak termasuk tiket untuk menikmati berbagai permainan yang ada di dalamnya. Jika putra putri Anda ingin menaiki sebuah permainan atau masuk ke sebuah wahana harus membayar lagi. Harganya bervariasi, namun rata-rata sekitar Rp. 3000, – / orang.

Konsep Taman Lalu Lintas didesain sebagai miniatur jalan raya lengkap dengan berbagai rambu lalu lintas. Tujuannya untuk mengenalkan anak-anak terhadap pengetahuan berlalu lintas. Taman yang pada era 1915 – 1920 masih berupa lapangan tempat latihan militer ini juga dilengkapi stasiun kereta mini, termasuk pintu lintasan. Anak-anak maupun orang tua juga bisa berkeliling Taman lalu Lintas menggunakan alat transportasi tersebut.

“Mengenalkan anak kepada lalu lintas jalan raya berikut rambu-rambunya (indrakh)”

Untuk mengajarkan anak berkendaraan dan berlalu lintas di jalan raya, Taman Lalu Lintas menyediakan sepeda sewaan dan mobil-mobilan. Trek yang dilalui didesain menarik. Ada jalan menanjak, menurun, tikungan bahkan terowongan.

“Kolam renang khusus bocah di Taman Lalu Lintas (indrakh)”

Tempat permainan bocah lainnya yang ada di tempat ini adalah jungkat-jungkit, ayunan, korsel, kiddie rider, kolam pancingan, kolam renang, dan masih banyak lagi. Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani juga memiliki sekolah taman kanak-kanak. Singkatnya berkunjung ke Taman Lalu Lintas Bandung, Anda ibarat masuk ke surga mainan anak-anak.

Semoga saja wahana rekreasi anak legendaris ini tetap dipertahankan seterusnya, dan tidak menjadi korban alih fungsi menjadi Mal, pusat perbelanjaan, atau perkantoran. Bahkan mungkin setiap daerah harus memiliki tempat semacam ini. Selain berfungsi sebagai sarana rekreasi anak, tempat semacam ini sekaligus bisa menjadi sarana pendidikan dan memfasilitasi rasa keingintahuan para bocah.

Pernah berkunjung ke tempat semacam ini, atau punya kisah menarik tentang Taman Lalu Lintas, silahkan berbagi cerita.

Komentar»

1. andri - April 2, 2008

“wach pak- aqu jadi pengin ke taman lalu lintas, dulu sama ortu sering di ajak ke situ, masalahnya aqu ke situ dengan siapa ya he..he.. putrimu ada gak di photo pak?”

2. za - April 2, 2008

Aku jadi kepengen ngajak anakku kesini, Mang Indra. Lain kali bilang-bilang dong kalau main. Aku ada foto zaman kecil naik mobil kecil. Ya, pergi ke taman terbuka memang menyenangkan!

3. erander - April 2, 2008

Saya malah belum pernah kang ke situ. Kalo sedang ke Bandung, paling pol ya ke BIP aja .. padahal taman lalu lintas itu dekat ya dengan BIP hik hik🙂

4. raddtuww tebbu - April 2, 2008

gyaaahhhh,, dulu waktu masih kecil pnah kesitu,, diajakin tante nung,, hihihihi,, fotnya masih ada loh,, naik kereta gitu,, hihihihihi,, taon brapa yah itu,, skitar 91,, udah lama bgt ya??

5. Yari NK - April 2, 2008

Sudah waktunya Bandung mempunyai fairplay fairground seperti Ancol ataupun Taman Ria yang canggih😦

6. antown - April 2, 2008

jadi pingin anak kecil lagi nih. bisa main sepur-sepuran (baca: naik kereta). Main prosotan sampai puas…
hehe

7. peyek - April 2, 2008

beruntung warga bandung, masih ada taman publik seperti itu, memang saya tak layak menilai dan membandingkan tapi Gresik? waduh… ampun deh mas!

8. Rully - April 2, 2008

waduh, hanjakal urang sakulawargi teu jadi ngilu. lain kali mang, kita kesindang lagi. geus lila pisan (leuwih ti 10, teuing 15 tahun) teu kadieu.:mrgreen:

9. tukangkopi - April 3, 2008

joohh..saya SMA deket situ tapi gak pernah maen ke taman lalulintas..:mrgreen:
semoga fungsinya gak beralih, karena selain taman bermain juga berfungsi sebagai salah satu paru2 kota. dulu saya seneng banget tinggal di daerah situ. suasananya adem pol, banyak pohon2 gede😀

10. Rindu - April 3, 2008

Saya pernah berjalan disini, selepas subuh… indah🙂

11. Rayyan Sugangga - April 3, 2008

Pernah tapi kapan ya ? Diajak om Dim waktu kecil. Main mobil-mobilan yang harus dimasukin koin dulu.

12. aombandung - April 4, 2008

Sekolahku dulu bertentangga dgn TLL….dulu mampir dan istirahat sambil minum air soda yang dibikin biar agak tumpah dikit… Sekarang mampir sambil makan “timbel kumplit”…tapi tetep sogar.

Salam kenal

13. Oemar Bakrie - April 4, 2008

Wah, saya pernah ke sana puluhan tahun yg lalu kalau liburan ke bandung. Sekarang kalau ke sana pasti di sangka nganter cucu … ha ha ha

14. Ide Bisnis Usaha - April 7, 2008

Ya, taman ini sangat rindang dan cocok buat jalan2 sekeluarga, murah, sejuk dan menyenangkan bagi anak2.

Daripada ngajak jalan ke mall mending ke tempat ini deh

Salam,

idebisnisusaha.com

15. amir - April 17, 2008

1. Seandainya Aku pada masa kecil mengunjungi taman lalulintas, tidak akan begini jadinya ? SIM banyak bekas hekteran.
2. Seandainya para supir angkot yang sering melanggar rambu2, pada masa kecilnya mengunjungi taman lalulintas ?
3.🙂

16. edratna - April 24, 2008

Dulu jika libur sekolah, anak-anak saya setor ke Bandung (maklum suami kerja di Bandung dan saya di Jakarta), nanti sama si mbak diantar jalan-jalan ke taman lalu lintas seharian, si mbak bawa bekal makanan. Hari Jumat malam baru ibu datang naik KA, dan bisa berjalan-jalan sama ibu…setelah mereka sekolah lagi balik ke Jakarta.

Sekarang si Bungsu suka mengingat ini, kalau pergi ke tempat kuliahnya, melalui taman lalu lintas.

17. poppy - April 24, 2008

hwaa sejak dtg pertaa kali k bdg, taman lalu lintas inilah yg pengen kusambangin…sayangnya teman2 pada gamau d ajakin k sana😦 katanya malu ma umur😀 harus nunggu ngajak ponakan siapa dulu baru berani kali yaa…ato nyulik bocah kecil yg lucu aja buat diajak main ksini…buat tameng hehehehe….

18. Andhi - April 27, 2008

Nanti insya alloh kalau Nadine udah agak gede, pengen ngajak dia ke situ ah. Mudah2an masih ada (gak dijadiin FO)

19. MARZUKI - Mei 19, 2008

waaaaaaaaaa kasiaaaaaaaaaaan kenapa selalu rakyat ku menderita, apa salahnya tentang pengaturan ekonomi padahal banyak sudah pakar ekonom ku gunaka addduuuuuuuuuuuuuuuuuuuu pening jdnya atur nagari

20. bangzenk - Juni 6, 2008

duh, masa kecilku kang indra bahagia juga🙂

simkuring ge baheula sabulan sakali ka taman lalu lintas, selang seling jeung kebon binatang🙂

salamhangat.
berbagi cerita..

21. Hidayat - April 20, 2009

berapa harga ticket masuk sat ini, & fasilitas apa saja dan harganya ,,, Trims

22. opik - Oktober 1, 2009

taman lalu lintas bukanya sampai jam berapa

23. reatlertrap - Januari 8, 2010

taman lalu lintas is ferry real good mantap maen ke sana mah ga rugi bayar goceng

24. Ndaru - April 22, 2010

hmm…asyik juga bwt foto pre wedding tuh!!!
deal?

25. doan - Juni 12, 2010

betul jg tuh usulannya boleh jg buat pre wedding….siiippp

26. Dewi fathonah alhamidy - Maret 30, 2012

Aku ingin ajak anak2 paud brmain k tmn lalu lintas. Bisa minta di kirim brosur nya ga ya…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: