jump to navigation

Bebersih Taman Lansia; Memungut Sampah, Ngopi Hingga Nonton Ular Sanca April 28, 2008

Posted by indra kh in Bandung, Environment, Jalan-jalan, seni, serbaneka, topics.
trackback

Sejak ada undangan ngumpul-ngumpul blogger Bandung dari Aki Herry bulan Februari lalu, baru pada event bebersih Bandung jilid 3 hari Minggu (28/4) kemarin bisa menyempatkan datang. Selain blogger dan Flexter, acara yang digelar sejak pagi hingga siang di Taman Lansia itu disemarakkan juga oleh kehadiran rekan-rekan dari Klub Linux Bandung (KluB), Starbucks, BBV, Id Apple Mac lovers, Qwords, hingga masyarakat yang bergabung dadakan usai melihat standing banner yang dipajang di depan tenda panitia.

  • “Barrista Starbucks dan sejumlah Blogger sedang bergaya <atas> (indrakh)”
  • “Kopdar” sejumlah Blogger sebelum acara dimulai <bawah> (indrakh)”

Aktivitas bebersih taman yang berada di sebelah timur gedung Gouvernements Bedrijven, atau kini dikenal dengan nama Gedung Sate itu baru bisa dimulai sekitar pukul 09.30 WIB. Mundur sedikit dari jadwal semula, jam 08.00 WIB. Berbekal keresek hitam dan topi dari Flexi, para partisipan kemudian dibagi menjadi 3 kelompok oleh Mas Koen, salah seorang juragan hajat, untuk menentukan wilayah operasi pemungutan sampah.

Ramainya wilayah sekitar Gasibu di hari Minggu memunculkan hiburan tersendiri bagi para partisipan. Banyaknya pedagang kaki lima dan aneka pertunjukan di Taman Lansia, dari mulai topeng monyet, odong-odong sewaan, pengamen hingga tontonan ular sanca membuat sebagian orang tak hanya sibuk memungut sampah, namun juga sesekali melirik dagangan yang digelar maupun menyaksikan aksi para seniman mingguan.

Sambil memunguti sampah non organik yang dibuang di seputaran taman, saya mencoba mengamati beberapa hal. Diantaranya muncul sebuah pertanyaan di benak saya: “Mengapa orang enggan menyimpan (bukan membuang) sampah pada tong di taman yang dulunya bernama Tjilaki Plein itu?” Boleh jadi salah satu penyebabnya adalah kondisi tong sampah yang sudah jelek. Beberapa tong saya lihat alasnya sudah berlobang, diantaranya bahkan bentuknya sudah tidak karuan. Sehingga tong tersebut tidak mampu menampung sampah dengan baik.

Seusai aktivitas bebersih, kami rehat sejenak sambil ditemani se-cup kopi yang telah disiapkan oleh pasukan yellow submarine dari Starbucks untuk setiap orang. Rasanya dijamin mantab surantab. Sejumlah games berhadiah juga digagas panitia untuk menambah ramai event ngumpul siang itu. Di sudut lain para pupuhu komunitas, diantaranya Mas Budi Putra, Mas Kuncoro, Mas Debe, Aki Herry, dll tampak merembukkan rencana-rencana selanjutnya.

  • “Nasib tong sampah di Taman Lansia <atas> (indrakh)”
  • “Aksi bebersih di sekitar Tjilaki Plein <tengah> (indrakh)”
  • “Bocah-bocah bernyali sedang bermain ular sanca <bawah> (indrakh)”

***

Kendati saya tak sampai usai menghadiri acara di sekitar Tjisangkoeistraat alias Jl Cisangkuy hari Minggu kemarin, namun saya ucapkan salut atas inisiatif gelaran event semacam ini. Semoga bisa terus berlanjut dan tambah bervariasi. Bebersih di taman-taman kota Bandung lainnya, atau mungkin menggelar aksi bebersih sungai Cikapundung, di sekitar sumur Bandung, Palaguna atau PLN Asia Afrika mungkin bisa menjadi contoh aktivitas-aktivitas selanjutnya.

Sip! Mudah-mudahan bisa hadir pada kesempatan selanjutnya.

Postingan terkait:

  • BebersihBandungYuk!Jilid3nyaBatagorBarengBloggerTamu,Linux,PivijisFlexter,Starbucks&Pengunjung
  • Update: Bebersih di Tamannya Orang Orang Tua?
  • Taman Lansia Today
  • Live Blogging at Bebersih Bandung Ketiga
  • Kopdar Batagor Bebersih Bandung jilid III, Goyangan Maut Membawa Keberuntungan
  • asyikna baksos bebersih bareng barudak pivijis, jeung barudak batagor
  • Ada Kopdar,Ada Makanan
  • Menu of The Day: Batagor, Starbucks dan Flexy plus Nasi Padang
  • bebersihan bandung minggu 27,April 2008
  • Gombalan Teruntuk Puty, Side story of Bebersih Bandung
  • Chickenstrip 98: Bad Memory & URL
  • Kopdar di Taman Lansia
  • Komentar»

    1. Diki - April 28, 2008

    Wah holland spriken euy hehehe, jadi tau nama-nama asli seperti tjisangkouistraat dan tjilaki plein. Thx & met kenal Ndra!😉

    @ Diki: ah saya hanya coba-coba saja strijdmakker, Trims sudah mampir. Salam kenal kembali.

    2. Rully - April 28, 2008

    mantab … lanjut juragan.:mrgreen:

    /* kopina itu loch */

    @ Rully: Kopinyah bukan kopih hideung lagi bro, oks banget pokoe

    3. edratna - April 29, 2008

    Taman lansia dimana sih lokasi nya, kok saya baru dengar?

    @ edratna: itu nama baru dari Taman Cilaki atau Taman Cisangkuy, bu. Letaknya tak jauh dari Gasibu atau Gedung Sate.

    4. rumahkayubekas - April 29, 2008

    Hatur- nuhun Kang tos ngiringan ngariung.
    Yuk ah, kapayuna urang ramekeun deui,

    @ Aki Herry: sami-sami kang. Nuhun pisan panampianna.

    5. BebersihBandungYuk!Jilid3nyaBatagorBarengBloggerTamu,Linux,PivijisFlexter,Starbucks&Pengunjung « rumahkayubekas - April 29, 2008

    […] -Kang Indra KH, […]

    6. gajahkurus - April 29, 2008

    Kasihan sekali nasib tong sampah…duh sampe segitunya hiks…hiks. Tapi sudah dibenerin ya kang?

    @ gajah kurus: waah masih tetep kang, bolong long long🙂

    7. natazya - April 29, 2008

    heheheu kemaren sempet kenalan ga yah ma kang indra?

    *maap… pelupa tingkat dunia😉

    ah baiklah salam kenal kembali disini saja, yes?

    tar tar akupun mau ikut lagi ah kalo ada acara beginian lagiiiiii

    *mumpung masih blogger😉

    8. andri - April 29, 2008

    wach- pak kok gak ngash-ngash info, kalo tahu kan aqu bisa ikutan looo… kalo ada lgi kash kabar-kabari ya, acaranya keren hasbis dech & oke banget

    @ andri: hehe, pantau terus saja blog-blog urang bandung pak

    9. natazya - April 29, 2008

    heheheu kemaren sempet kenalan ga yah ma kang indra?

    *maap… pelupa tingkat dunia😉

    ah baiklah salam kenal kembali disini saja, yes?

    tar tar akupun mau ikut lagi ah kalo ada acara beginian lagiiiiii

    *mumpung masih blogger😉

    *RALAT : udah inget kang indra yang mana! huhuhuhuhuh

    amnesia membaik hihihi

    @ natazya: heuheu syukurlah kalau ingatannya kembalih😀 Trims sudah mampir

    10. Yari NK - April 29, 2008

    Walaah…. waktu Minggu ke gasibu…… jalan kaki…. ampun deh…. jalan aja susah….. lagi ada acara apa di panggungnya sampai nggak bisa merhatiin!😦

    @ Yari NK: waaah sayang, ya. Coba kita bisa kopdar, pak🙂 Mudah2an kesempatan selanjutnya kita bisa ketemu

    11. chatoer - April 29, 2008

    hihihi akhirnya ketemu di dunia maya, takut salah akang teh yg kemaren pake jaket item yah, maklum crowded, jd agak lupa,

    Makasih kang udah dateng kemarin, setelah di scan telah terdeteksi ada foto saya disini, hihihi, iya kang rame dan seru acaranya, oiya kalo ada foto2 yg lain boleh saya minta kang di uplod aja, hatur nuhun

    @ chatoer: hehe, yoi sayah teh pria berjaket kulit hitam tea. Tapi bukan tukang ojeg nyak😀 Trims ah sudah datang kesinih

    12. Donny Reza - April 29, 2008

    Nah loh… ari kang indra datang gitu kemarin? kita ngobrol nggak sih?

    @ Donny: saya datang, tapi memang gak sampai tuntas, kang

    13. indra1082 - April 29, 2008

    Jagalah kebersihan..pangkal kesehatan……
    *Nyanyi mode on*..
    wah dah bersih y…..

    14. Taman Lansia Today - April 29, 2008

    […] Indra KH […]

    15. nengthree - April 29, 2008

    😀
    ada aku di foto yang deket tenda, walo ngebelakangin..

    @ nengthree: wah gitu ya, sip😀

    16. enggar - April 29, 2008

    Mas Indra datang juga ya? Bersama pasukan dari indocisc kah?

    @ Enggar: iya mbak, tapi hanya sebentar kok tidak sampai selesai. Pasukan indocisc kebetulan sedang ada acara masing2 hari Minggu kemarin. Mudah-mudahan kesempatan selanjutnya bisa.

    17. peyek - April 29, 2008

    aksi sosial memang menyenangkan, wah kapan ya komunitas saya itu terbentuk, Hm…. apa mesti bersabar sampai membatu!

    @ peyek: hayo cak, nanti kita yang diundang jalan-jalan ke Gresik🙂

    18. caTcode - April 29, 2008

    waah..blognya kang indra skrg jadi tempat kongkow2nya blogger sunda nyak? komentatornya kok hampir sunda semua..

    @ junthit: kebetulan saja, mas🙂 saya sih bebas buat orang mana saja😀

    19. za - April 30, 2008

    Lhoh aku kok ketinggalan acara-acara begini? Wah sayang. Padahal aku suka acara kumpul-kumpul seperti ini. Lain kali, minta diajak saya, Mang Indra😉

    @ za: nanti saya sms. Mau nyari jodo, ya za, hihihihi

    20. Kopdar di Taman Lansia « An [Un]Scientific Journal - FajarGM’s Weblog - April 30, 2008

    […] Indra KH – Bebersih Taman Lansia […]

    21. adit-nya niez - Mei 1, 2008

    Acara bebersih Kali Ciliwung kira2 kapan yah??

    @ adit: waah adit kayaknya pelopornya buat bebersih ciliwung😀 ditunggu kiprahnya

    22. Kuncoro++ » Bebersih Jilid 3 - Mei 1, 2008

    […] Indra KH […]

    23. realylife - Mei 5, 2008

    maju terus demi kemajuan dan kepedulian terhadap sekitar

    @ realylife: trims bang

    24. za - Mei 7, 2008

    Lhow tumben, komentar ku tidak dijawab😉

    @ za: sudah aku jawab, jek, hehehe

    25. Ide Bisnis - Mei 7, 2008

    sep sep.. acara yang seru banget.. atuh ririungan beliin tong sampah tuh.. hehehehe

    @ ide bisnis: asyik ah aya nu bade nyumbang😀


    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: