jump to navigation

Pasar Kosambi Surga Penganan Bandung November 5, 2008

Posted by indra kh in Jalan-jalan.
trackback

Sudah bukan rahasia lagi bila Bandung dikenal sebagai salah satu pusat wisata kuliner di tanah air. Setiap akhir pekan dan musim liburan para wisatawan terutama asal Betawi berbondong-bondong ke kota kembang untuk mengunjungi sejumlah factory outlet maupun distro pakaian. Dan tentu saja mereka tidak akan melewatkan berburu makanan dan penganan khas Bandung untuk dijadikan oleh-oleh.

Jika Anda berniat mencari penganan dan oleh-oleh khas Pasundan tentu banyak sekali tempat yang bisa dikunjungi, namun jika ingin mencari tempat yang memiliki beraneka jenis penganan Pasar Kosambi layak dikedepankan.

“Suasana di Salah Satu Kios Oleh-oleh Pasar Kosambi” – Indra KH From bandung

Di pasar yang terletak di Jl. Ahmad Yani ini Anda bisa leluasa memilih, pasalnya kios-kios yang menjual penganan dan oleh-oleh banyak sekali. Belum lagi pilihan kudapan di tempat ini beraneka ragam sehingga Anda tidak perlu khawatir akan membawa buah tangan yang itu-itu saja.

Pasar Kosambi tak hanya menyediakan penganan dan oleh-oleh khas Bandung, namun juga melingkupi kudapan khas Jawa Barat lainnya. Di sini misalnya Anda bisa membeli goreng oncom, goreng tempe, sale pisang aneka rasa, dodol Garut, wajit Cililin, tengteng, kremes, hingga opak Conggeang. Kue-kue kering maupun cemilan seperti pastel, kue keju, kacang Bandung, hingga bolu kering yang legendaris bisa diperoleh di Kosambi.

Harga penganan maupun oleh-oleh di tempat tersebut juga relatif terjangkau. Sebagian besar dijual pada kisaran 20 ribu – 40 ribu per Kg. Jika tidak ingin kebanyakan, setiap jenis bisa Anda beli cukup setengah Kg atau seperempat Kg saja.

Satu hal lagi yang bisa jadi pertimbangan untuk memilih tempat ini adalah soal kepadatan pengunjungnya. Dibandingkan Pasar Baru pengunjung di Pasar Kosambi relatif lebih sedikit. Sehingga Anda akan lebih leluasa dalam berbelanja. Namun hal tersebut tidak berlaku di bulan puasa. Menjelang lebaran pembeli di pasar ini pun turut melonjak, terutama oleh orang-orang yang tidak ingin repot membuat kue. Bermodalkan 100 ribu rupiah saja dijamin Anda akan bisa mendapat banyak jenis kue. Termasuk penganan yang unik atau jadul sekalipun.

Bahkan boleh jadi kakaren lebaran Anda tidak akan tersisa di rumah. Karena apa yang disajikan di rumah berbeda dengan sajian di banyak rumah yang melulu menyuguhkan kue-kue kering semacam kue nastar, kue putri salju, kue keju. Pengalaman saya tentang sajian kue lebaran unik menyisakan cerita semacam itu. Kakaren nyaris tidak tersisa.

“Tampak Depan Pasar Kosambi” – Indra KH From bandung

Jadi mulai saat ini jika Anda berkunjung ke Bandung dan berniat mencari penganan dan oleh-oleh untuk keuarga, teman dan kerabat tidak perlu bingung. Pasar Kosambi bisa dijadikan pilihan. Hal ini tentu berlaku juga untuk orang Bandung yang bosan dengan jenis kudapan yang itu-itu saja. Penasaran? Silahkan kunjungi Kosambi. Letaknya sekitar 3 Km arah Timur Alun-alun Bandung. Jika Anda datang dari gerbang tol Pasteur selanjutnya bisa melewati jalan layang Paspati lalu turun di Taman Sari, selanjutnya ikuti Jl. Dago ke arah Merdeka, susuri Jl. Lembong, Veteran, Sunda, dan Ahmad Yani ke arah timur.

Komentar»

1. jeunglala - November 5, 2008

Jadi kepingin ke Bandung lagi…🙂
Thanks ya infonya!

2. zetta172 - November 5, 2008

kirim ke sini makanannya. jadi enak.

3. hendri - November 5, 2008

semoga tambah sukses dengan bisnis cemilan nya

4. Yari NK - November 6, 2008

Wah….. sampai sekarang saya masih beli ikan asin loh di Pasar Kosambi.. huehehe…. maklum deh orang kampung…. nggak suka McDonald’s, sukanya ikan asin….😀

5. ILYAS ASIA - November 6, 2008

suatu saat saya akan ke sana

6. Kang Aom - November 7, 2008

ketika masih kecil, (’70 an) setelah nonton di di bioskop fajar (sekarang rumentang siang), tidak lupa beli roti kadet atau kasino bakar “cari rasa”…..(masih ada nggak yah ?)

7. edratna - November 7, 2008

Saya memang belum pernah ke Pasar Kosambi. Sahabat saya saat mahasiswa, dulu cerita kalau belanja suka ke pasar Kosambi, tapi entah kenapa saya malah belum pernah kesana, padahal saya mondar mandir Jakarta-Bandung sejak tahun 70 an. Kalau ke Pasar Baru malah pernah beberapa kali.

Hmm makasih postingannya….kapan-kapan pengin ke sana.

8. hady gunawan - November 7, 2008

ada lagi pasar yang becek dan tidak terawat bikin macet lagi pasar grlong tengah

9. Daniel Mahendra - November 8, 2008

Wah, kapan ya terakhir kali ke Kosambi. Lupa. Hehe.
Rasanya sudah lebih baik ya pasarnya?

10. oRiDo™ - November 10, 2008

yups..
pasar kosambi emang tempat yang ramai dan banyak pilihan untuk penganan Bandung..

tapi ..
penganan sejenis mulai banyak juga di Giant, Hypermart, dlsb..
para pedagang kosambi mesti siap menghadapi persaingan itu..

11. abangedi - November 10, 2008

pasar kok sambi sih ??? ya iya kos masak ya iya mbi !!!

12. peyek - November 11, 2008

ketela manis bakar dijual nggak kang!😀

13. Aki Herry - November 17, 2008

Salam,
Bener emang Kang. Di Bandung teh sagala aya urusan makanan/ minuman jajanan mah.
Dan jadinya enak wae deui ya…

14. Rita - November 17, 2008

Maksih tas infonya mas…. Kalo ke Bandung, niat beli oleh2, udahtau harus kemana…..

15. soerdjak - November 18, 2008

ngemil mulu nih..hehehe

16. adit-nya niez - November 19, 2008

Boleh percaya boleh tidak, saya ke Bandung hampir gak pernah. Sekalinya kesana gak pernah belanja…😆

17. Risa - November 21, 2008

waduuh…saya kok belum pernah kesana yach…(*ngejar bus lari ke pasar kosambi….)

18. abangedi - November 28, 2008

kang indra saya ingin bertanya ?… selain kenikmatan penganan di manakah kota bandung menyediakan kenikmatan surgawi ?

19. andri - Desember 1, 2008

Kosambi, masih menjanjikan bagi yang mau wisata kuliner di bandung, jumat 28/11 kemarn sya dari sana, makanan khas bandung nya masih top markotop dan mak nyus tenan he..he, ..mat mencoba ya

20. balisugar - Desember 15, 2008

Waduh mani nu erarenak wungkul di Bandung mah

21. juliach - Desember 24, 2008

Oh iya jadi ingat sekarang, dimana dulu sering beli manisan dan keripik. Di situ ada soto bandung yang enak bukan?

22. triyo - Desember 30, 2008

kosambi artinya apa sih? atau ga ada artinya? tau sejarahnya dinamakan kosambi apa ga?

*mau beli keripik aja repot nanya asal usul nama tempat*

23. mujahidahwanita - Januari 7, 2009

eemmm….. seru juga ya, bandung!

Sayang saya belum pernah kebandung, walau sebenarnya nenek moyang saya berasal dari sana….

Salam

24. Donny Reza - Januari 25, 2009

heu… jarang ka kosambi mah, ngan ngalangkung hhungkul…

25. harjo - Januari 31, 2009

Saya pernah ke sini beberapa kali, dan beli Ikan Kakap yang kecil-kecil digoreng terigu, wah enak bangets … dan baru tahu kalau di sini adalah pusat nya penganan khas Bandung.

26. iis maryani - Juni 24, 2009

kalo saya sech emang tinggal di pasar kosambi cuy…. jualan tempe

27. fx wiwit - Agustus 22, 2009

iya yah sy jg minggu kemarin kesana bel kue lebaran uenauk euy…..
bsk rencana kesana lag nih bwt jualan

gunawan - Oktober 3, 2009

heueuh atuh da d bandung mah psr kosambi nu kakoncara na mah pasar sagala aya !!! sok geura … >>abdi gun2 org alani tea !!!!beu.

28. Kunto Rahardjo - Desember 30, 2009

saya pernah diajak menantu ke Pasar Kosambi, memang asik. Tapi waktu saya mwu kesana lagi sya cari cari jl Kosambi tapi gak ketemu. Rupanya pasar Kosambi di jl A Yani
Terima ksh untuk postingnya, jadi jelas.

29. tresna - Agustus 5, 2010

ada perlengkapan seragam PKS (patroli keamanan sekolah)??

30. kue ulang tahun bandung - September 30, 2010

enak

dima - Oktober 21, 2010

memang enak lho….

31. Yogi purwokerto - Desember 9, 2010

tahun 75 pernah kepsr kosambi,ketika itu pasar blm bagus, dulu ada yg namanya mie botram,sekrang masih ada g ya?

32. DRS ramdani SH - Desember 14, 2010

kosambi emang bagus kang pa lagi mck yang di depan pasar bagus dan bersih tolong di tingkatkan lagi di lihat pasar-pasar di kota bandung kayanya mck itu yang paling bersih. .
terimakasih

33. Andini Jacktour - Mei 9, 2011

Pasar KOsambi ini juga jadi buruannya tamu kami dari Jacktour.com buat mereka belanja oleh – oleh,.😀
Emang beragam yaa makanan” yang ada di Pasar Kosambi, bisa di icip pula lagi,..🙂

34. vallent - Mei 18, 2011

kalo toko bintang di kosambi tau ga bang? mau cari bedak dingin saripohatji nih. mohon infonya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: