jump to navigation

Konro Bakar Daeng Situju, Benhil Mei 8, 2009

Posted by indra kh in food and drink, Jakarta, Jalan-jalan, kuliner, makanan, serbaneka.
Tags:
trackback

Meskipun orang lebih mengenal Bandung sebagai surga kuliner, namun sebenarnya Jakarta pun tak kalah memiliki tempat-tempat makan yang enak. Salah satu etalase kuliner ibukota adalah kawasan Bendungan Hilir, atau lebih sering disebut “Benhil.” Di tempat ini terdapat sejumlah tempat makan yang layak dikunjungi, misalnya saja: Seafood Santiga, Rumah Makan Aceh Meuthia, Rumah Makan Aceh Seulawah. Ada juga beberapa rumah makan Padang seperti Sederhana, Surya, atau rumah makan khas Makassar seperti Rumah Makan H. Daeng Situju.

"Konro Bakar RM H Daeng Situju (doc:ya)"

"Konro Bakar RM H Daeng Situju (doc:ya)"

Kali ini saya akan menyajikan tulisan tentang RM H Daeng Situju. Menu yang ditawarkan di tempat ini lebih kurang sama dengan rumah makan  khas Makassar lainnya. Sop Konro, Konro Bakar, Coto Makassar, Es Pallu Butung, Es Pisang Ijo adalah beberapa pilihan makanan yang ditawarkan oleh restoran yang konon milik pebasket nasional Denny Sumargo.

Pada kunjungan beberapa waktu lalu saya mencoba menu Konro Bakar. Satu porsi Konro Bakar terdiri dari dua potong Iga yang disiram bumbu kacang dan taburan bawang goreng di atasnya, ditambah satu mangkok berisi kuah berwarna hitam yang bila dilihat sepintas kuahnya mirip dengan rawon. Tampaknya kluwek menjadi bahan utama kuah tersebut.

Suapan pertama memberi kesan kepada saya akan cita rasa rempah-rempah pada daging dan lemaknya. Pala seperti mendominasi bumbu rempah-rempah yang digunakan. Saat dikelupas, dagingnya relatif mudah dilepaskan dari tulangnya, namun teksturnya menurut saya terlalu rapuh, meskipun memang empuk. Boleh jadi karena proses masaknya terlalu lama pada saat sebelum dibakar.

Dari sisi ukuran iga, dan rasanya menurut saya masih kalah dibandingkan dengan RM Daeng Tata, ataupun konro Marannu. Meskipun begitu tidak ada salahnya untuk Anda coba. Khusus cerita tentang Sop Konro Marannu pernah saya kupas pada tahun 2008: “Sop Konro Marannu.”

Konro Bakar di rumah makan ini berharga Rp.26.000, -/porsi, sedangkan Es Pisang Ijo-nya sekitar Rp. 16.000,- /porsi. Bila penasaran ingin mencoba alternatif menu khas Makassar di Jakarta, silahkan Anda kunjungi RM Daeng Situju di Bendungan Hilir, Kav 36 A no 1, Jakarta. Tempatnya berada di samping Salon Laris, atau seberang RM Sederhana Benhil.

Komentar»

1. Tynna - Juli 3, 2009

Punya denny sumargo ya?boleh
d cb tuh,kali ja pas mkn bs ktmu ma pmilikny..hehe

2. bunga - September 9, 2009

alamatnya dmana c?pengen coba juga deh ksana

3. andi - September 17, 2009

alamatnya dmn?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: