jump to navigation

Colokan Listrik di KA Argo Gede Mei 12, 2009

Posted by indra kh in Jalan-jalan, my-life, serbaneka, topics, transportation.
Tags: , ,
trackback

Pada saat menumpang KA Argo Gede dari Bandung ke Jakarta hari Senin (11/5) lalu saya melihat ada yang baru dengan interiornya. Di dereten kursi penumpang, tepatnya di bagian bawah tempat minuman kini terdapat dua buah soket listrik, atau lebih dikenal dengan istilah colokan listrik. Saya pribadi belum mengetahui apakah fasilitas ini sudah dipasang sejak lama atau saya saja yang baru melihatnya. Meski begitu keberadaan soket listrik merupakan sebuah terobosan PT. KAI yang patut dipuji dalam usahanya meningkatkan pelayanan bagi penumpang.

"Colokan listrik di KA Argo Gede (doc/ya)"

"Colokan listrik di KA Argo Gede (doc/ya)"

Sekedar ingin memastikan bahwa fasilitas tersebut sudah bisa digunakan atau belum, saya kemudian mencoba menghubungkan charger notebook ke dalam colokan listrik tersebut, dan ternyata sudah bisa berfungsi. Syukurlah berarti perangkat listrik tersebut bukan hanya menjadi hiasan bagi KA yang mulai diluncurkan pada 31 Juli 1995 itu.

Keberadaan fasilitas ini tentu bisa menjadi value added untuk pelayanan para penumpang Argo Gede. Bagi pengguna KA yang kebetulan baterai ponselnya atau baterai notebooknya berada dalam kondisi low tentu kini akan lebih tenang, karena bisa langsung mengisi ulang baterainya di atas KA. Atau mungkin diantara Anda ada yang penasaran ingin membawa pemanas air atau hair dryer ke atas KA. 😀

Tampaknya rangkaian gerbong yang digunakan pada saat itu relatif masih baru. Pasalnya selain dijumpai  colokan listrik, interior kereta yang saya tumpangi juga agak berbeda, lebih bagus dan lebih menarik. Misalnya saja di bagian toiletnya, seperti tampak pada gambar di bawah ini.

"Interior toilet KA Argo Gede (ikh)"

"Interior toilet KA Argo Gede (ikh)"

Berbagai langkah perbaikan yang dilakukan saya kira cukup bagus. Beberapa waktu belakangan ini memang saya melihat PT. KAI sudah melakukan sejumlah perbaikan terhadap fasilitas KA Argo Gede. Misalnya saja perubahan jenis televisi pada setiap gerbong menjadi LCD dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan televisi yang dipasang sebelumnya. Perbaikan tersebut menambah kenyaman penumpang dalam menonton sajian televisi KA. Semoga PT KAI bisa terus meningkatkan pelayanan dan fasilitasnya, sehingga masyarakat tidak meninggalkan transportasi massal ini.

Komentar»

1. sawali tuhusetya - Mei 12, 2009

wah, sebuah terobosan yang menarik dan bermanfaat bagi penumpang. dengan tambahan fasilitas ini, para pengguna hp atau notebook bisa tetep beraktivitas ketika baterenya sedang habis. terobosan yang layak dipuji.

2. Oemar Bakrie - Mei 12, 2009

Untung yg difotobukan yg sedang berada di dalam toilet … hehehe

3. novi - Mei 13, 2009

pantes dulu yang diangkut bima sby-jkt di rangkaian terakhir adalah gerbong yang sangat mewah, mungkin untuk argo gedhe ini. saat itu diseluruh interior gerbong tersebut masih dibungkus plastik. konon katanya untuk kereta bandung.

kalau soal colokan disetiap ruang itu sudah lama :)). dulu hanya ada di toilet

4. Rita - Mei 13, 2009

Kalo aku mbawa termos air hehe….
Iya apalagi buat para pebisnis yg kebetulan hpnya lobat, jadi gk hrus kehilangan kesempatan hanya krna lupa ngecarge hpnya…

5. yellashakti - Mei 13, 2009

jadi pengen nyobain, kalo ke bandung lewat cipularang terus siy, hehe

6. .lala - Mei 13, 2009

kok ha nemu yah pas naek argo gede ituh.. *ya iya lah wong ga ke toilet*

7. mel - Mei 13, 2009

karena aq paling jarang naik kereta,,,jadinya ga tau dech kalo ada colokan segala…

8. Aki - Mei 13, 2009

Aha ternyata PT. KA jauh lebih smart dibanding kebanyakan cafe yg berhotspot ya. Banyak dari mereka yg malah colokannya ditutup…

9. indra kh - Mei 13, 2009

@ Sawali: iya pak, semoga terobosannya terus berlanjut
@ Oemar Bakrie: gawat kalu itu pak, hehe
@ Novi: boleh jadi seperti itu, mbak
@ Rita: sekalian sambil jualan kopi ya, mbak, hehe

10. indra kh - Mei 13, 2009

@ Yella: sekali-kali naik KA, mbak, asyik juga kok kalau gak sedang terburu-buru
@ Lala: nah kalau di toiletnya saya gak liat-liat apakah ada colokan listrik atau enggak
@ Mel: mudah-mudahan ini bisa menjadi info
@ Aki: Muhun ki, apalagi kalau KA-nya ada hotspotnya nanti😀

11. Harjo - Mei 13, 2009

Sudah lama enggak naik kereta Jakarta-Bandung, sejak ada TOL Cipularang. Tetapi bulan kemarin sempat naik kereta antara Hatyai – Kuala Lumpur … seneng banget ada tempat tidurnya, jadi hemat uang, tidak perlu tidur di hotel.

12. natazya - Mei 13, 2009

ih udah lama ga naik kreta!!! udah lama ga ke jkt juga… hmmmm kalo begitu nanti2 ga usah khawatir batre henpon habis yah!!! asal bawa charger nya aja kemana mana😀

13. indra kh - Mei 13, 2009

@ Harjo: kalau Argo Gede ada tempat tidurnya mantep juga, lumayan 3 jam😀
@ Natazya: peluang bisnis buat PT KAI, sekalian menyewakan charger berbagai macam henpon, hehe

14. ILYAS ASIA - Mei 13, 2009

semanagat..
Terima kasih telah memberi komentar positif buat KAI

walau bukan management KAI :
saya ingin mengucap terima kasih: Terus semangati Negeri INI

15. edratna - Mei 14, 2009

Saya belum ketemu kereta Argo Gede yang seperti itu.
Btw, seperti colokan hape yang bisa ditaruh di mobil, katanya energi yang dihasilkan tak kontinyu sehingga merusak hape…apakah untuk KA hal itu tak masalah (mesti ditanyakan pada pak Budi BR nih….yang ahli elektro)

16. Yari NK - Mei 17, 2009

Mudah-mudahan pelayanannya lebih ditingkatkan lagi senantiasa, seperti menyediakan TV kabel dan koneksi Internet gratis. **halaah** huehehehe……

17. reallylife - Mei 17, 2009

hem, kapan ya bisa naik kereta api lagi?

18. Rayyan Sugangga - Mei 19, 2009

Akhirnya bisa main Counter Strike rame di kereta mantab🙂

19. indra kh - Mei 19, 2009

@ Ilyas Asia: Semangat pak !!🙂
@ Edratna: nanti coba saya tanyakan ke beliau
@ Yari: Tapi dengan fasilitas seperti itu mudah-mudahan harganya tetap, pak, hehe
@ Reallylife: mudah-mudahan berkesempatan mencoba naik KA lagi.
@ Rayyan: bisa maen game bola juga, hehe

20. adipati kademangan - Mei 22, 2009

meski sepele namun penting bagi para penumpang yang rata-rata eksekutip itu

21. Can Masagi - Mei 22, 2009

Dah lama nggak ke JKT naek kereta…
Ntar mah bawa leptop biar FB-an di kereta api hi hi..😛

22. indra kh - Mei 22, 2009

@ Adipati: keberadaan fasilitas tersebut sangat membantu

@ Can Masagi: jigana sagerbong lamun notbuknya nyala semua pas dilihat mayoritas lagi FB-an, hihi

23. mdp - Juni 18, 2009

mantab…..
coba besok ah….

24. Ben - Juli 23, 2009

wah baru tahu ada fasilitas itu.
harusnya sekalian sepaket sama WIFI🙂

25. indra kh - Juli 24, 2009

@ mdp: suip selamat mencoba dan semoga beruntung, karena belakangan saya amati belum semua gerbong seperti ini

@ Mas Benny: iya harusnya plus WIFI, kali aja ada operator yang tertarik promosi di KA😀


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: