jump to navigation

Lembang dan Dunia Strawberry Mei 19, 2009

Posted by indra kh in food and drink, Jalan-jalan, kuliner, Lembang, my-life, serbaneka, topics, travel and places.
Tags: , , ,
trackback

Buah strawberry seperti sudah berjodoh dengan kota Lembang. Betapa tidak pesona buah merah berbentuk hati ini tampak kian melekat saja dengan kota di kaki Gunung Tangkuban Parahu itu. Strawberry kini menjadi salah satu tanaman idola bagi para petani di daerah tersebut. Para pengusaha pun seakan berlomba untuk memanfaatkan berbagai potensi dari buah asal negeri Paman Sam itu. Sudah banyak lahan kosong yang disulap menjadi tempat wisata dengan menjadikan strawberry sebagai daya tariknya. Bisnis makanan dan minuman olahan dari strawberry pun tak kalah menggeliatnya.

"Strawberry, buah merah yang mempesona"

"Strawberry, buah merah yang mempesona" (doc/ikh)

Sejumlah tempat baru yang menawarkan wisata strawberry dengan menggabungan dengan konsep lain seperti arena outbound banyak bermunculan bak jamur di musim hujan. Alhasil beberapa tempat yang kalah dalam berinovasi harus rela gulung tikar. Posisi mereka digantikan oleh tempat-tempat wisata strawberry yang lebih menarik, dan memiliki tempat lebih strategis. Sebagai contoh, sejumlah tempat wisata strawberry yang pernah saya angkat pada tulisan “strawbery walk, wisata strawberry petik sendiri,” saat ini banyak yang sudah lenyap, diganti oleh tempat wisata lainnya.

"Strawberry petik sendiri, masih jadi primadona" (doc/ikh)

"Strawberry petik sendiri, masih jadi primadona" (doc/ikh)

Salah satu tempat wisata strawberry yang kini sedang laris dikunjungi misalnya saja Dapur Lembang, yang terletak tak jauh dari gerbang masuk kota. Setiap akhir pekan lokasi ini tampak selalu dipenuhi para wisatawan, terutama wisatawan asal ibukota. Tempat wisata petik strawberry lainnya bisa Anda jumpai di Cibogo (misalnya Dante), Ciburial, atau sekitar pabrik susu PT Baru Adjak. Anda juga bisa menyusuri jalan ke arah ke Maribaya, hingga Cibodas. Di sana terdapat sejumlah perkebunan strawberry yang bisa dikunjungi. Strawberry hasil petik sendiri ini dijual dengan harga rata-rata Rp. 50.000 – 80.000,-/kg plus satu cangkir juice strawberry.

Tak hanya bagi pariwisata, buah merah ini pun banyak memberi berkah bagi para petani strawberry. Selain mereka bisa menarik untung lewat penjualan bibitnya, strawberry asal Lembang dan sekitarnya ini pangsa pasarnya juga ternyata sudah merambah ke berbagai hotel dan restoran. Hal tersebut bisa dilakukan berkat bantuan koperasi atau sejumlah pengumpul di sekitar perkebunana mereka. Tak hanya melayani order dalam partai besar, kita juga bisa membelinya secara eceran. Buah tersebut bisa dibeli dalam kondisi yang masih segar, atau yang sudah beku, yang biasanya digunakan untuk bahan juice. Strawberry dalam bentuk beku itu harganya lebih murah, biasanya dijual pada kisaran Rp.20.000,-/kg.

"Suasana di salah satu pengumpul strawberry" (doc/ikh)

"Suasana di salah satu pengumpul strawberry" (doc/ikh)

Pada sektor makanan dan minuman, bisnis hasil olahan buah strawberry ini pun tak kalah menggeliat dengan sektor perkebunan dan wisata strawberry. Beberapa industri skala rumah tangga banyak bermunculan. Dari mulai juice, yoghurt, es mambo, es buah, dan lain-lain. Gerai mereka bisa Anda datangi di kawasan Cijeruk atau Kompleks BTN Lembang. Aneka olahan makanan dan minuman tersebut dijual dengan harga yang terjangkau. Misalnya yoghurt yang dibandrol dengan harga Rp. 6000,-/buah.

Ulasan ini boleh jadi terlalu singkat untuk menggambarkan potensi bisnis strawberry yang telah dimanfaatkan warga Lembang maupun para pengusaha. Namun bila melihat uraian di atas strawberry memang seperti menemukan dunianya di Lembang. Buah strawberry kota tersebut seakan menambah manis pesona Lembang.

  • Lembang Pesona Pegunungan
  • Tangkuban Parahu yang Tetap Mempesona
  • Kawah-kawah Gunung Tangkuban Parahu
  • Strawbery walk wisata strawbery petik sendiri
  • Wisata Kebun Anggrek dan Kaktus Lembang
  • Susu Sapi dan Yoghurt KPSBU Lembang
  • Tahu Tauhid Lembang
  • Rute Alternatif Bandung – Lembang
  • Bumi Perkemahan Cikole
  • Paint Ball Sindang Reret Cikole
  • Lembang dan Dunia Strawberry
  • Komentar»

    1. Satrion - Mei 19, 2009

    Wiihhh mahal… sekali-sekali coba ah nyicipin stroberi ..

    2. .lala - Mei 20, 2009

    iyah mahal euy

    3. afwan auliyar - Mei 20, 2009

    wew jd pingin euy …🙂

    4. indra kh - Mei 21, 2009

    @ Satrion: iya sih masih mahal😀

    @ Lala: Jika ingin lebih murah memang lebih baik membeli ke petaninya langsung, atau pengumpul. Jika membeli di tempat wisata petik sendiri memang terbilang mahal.

    @ Afwan: pelesiran ke Lembang, kang

    5. edratna - Mei 22, 2009

    Bagi seorang pengusaha, harus bisa bersaing bagaimana membuat para pelanggan mau datang mengengok usahanya.
    Lembang dengan anggreknya, dengan strawberry, dengan kaktus, juga susu sapi perah….perlu dimaintain agar bisa menjadi daya tarik kota Lembang, karena sebenarnya masih banyak wisata yang bisa digali di wilayah ini.

    6. adipati kademangan - Mei 22, 2009

    prospek cerah, lhah wong dengan harga mahal aja kok masih tetep laku.

    7. Can Masagi - Mei 22, 2009

    Walah.. makin macet ajah Lembang kalo gini mah Kang ha ha😛
    Tapi jadi kabita pengen ke sana nih….

    8. indra kh - Mei 22, 2009

    @ Adipati: itu yang aneh, meskipun mahal namun strawberry tetap diburu

    @ Can Masagi: Nanti akan jadi obyek wisata: wisata macet😀 Meskipun macet pelesir ke Lembang tetep mengasyikkan.

    9. Sawali Tuhusetya - Mei 22, 2009

    wah, menarik banget objeknya, mas. lembang, hmmm…. ternyata cocok juga utk straberry. pingin juga sesekali mengunjunginya. terima kasih infonya, mas.

    10. Sawali Tuhusetya - Mei 22, 2009

    duh, komenku kok ndak muncul?

    11. indra kh - Mei 22, 2009

    @ Sawali: komennya sudah muncul kok pak🙂 Mudah-mudahan Pak Sawali berkesempatan mengunjungi Lembang.suatu waktu.

    12. Yari NK - Mei 22, 2009

    Iya. Saya juga pernah berkunjung ke sana. Tapi nggak boleh dimakan di tempat ya, bisa kena “denda”. Huehehe…..

    Btw…. stroberi ini memang termasuk buah2an yang cepat rusak. Di simpan di lemari es saja, cuma tahan 4-6 hari. Kecuali kalau dibekukan. Tapi dibekukan ada kelemahannya juga, teksturnya biasanya jadi sedikit kasar dan kaku, apalagi jikalau pada saat pembekuannya tidak dikeringkan dulu, air yang terkandung dalam si stroberi bisa ikut membeku dan bisa merusak tekstur di dalam buah. Kalau di luar negeri stroberi banyak yang diradiasi pakai sinar gamma, hasilnya bisa tahan tiga minggu di lemari es. Biasanya yang disinar dengan sinar gamma ada cap RADURA-nya.

    13. indra kh - Mei 22, 2009

    @ Yari NK: kalau bareng saya boleh langsung makan di tempat pak, hehe.

    Wah baru tau ada metode pengawetan stroberi menggunakan sinar gamma. Mantap, info sains dari Pak Yari selalu menarik.

    14. ammadis - Mei 23, 2009

    Aku lebih suka straw yg sudah jadi sirop…manis dan segar!

    15. balisugar - Mei 23, 2009

    Aduh mani bareureum ukeun ih…

    16. indra kh - Mei 23, 2009

    @ ammadis: kalau strawberrynya langsung asem ya🙂

    @ balisugar: teteh kumaha damang? puguh weh seger komo siang2 mah😀

    17. pakde - Mei 23, 2009

    Hampir mirip2 dengan yang di ciwidey kang. Tapi yang disana ada karedok leunca nya..lengkap pokonamah lah!

    18. oRiDo™ - Mei 28, 2009

    hmmmm….
    stroberry….
    bener2 mnggoda..

    19. Huang - Mei 29, 2009

    strowberry… kalo blueberry atau blackberry?

    20. indra kh - Mei 29, 2009

    @ pakde: yup muhun kang, sebenernya Ciwidey merupakan pionirnya

    @ Orido: Sluurrp seger kang

    @ Huang: blueberry ada juga, kalau blackberry bisa ditukar dengan berkantong2 strawberry

    21. Investasi - Juni 11, 2009

    wah jadi malu saya aku belum pernah ke lembang tahu> kasihan ya

    22. yanyan ruhyana - Juni 15, 2009

    bos, nie ti karawang pengen ikutan bisnis yogourt, masukannya dung, 4 kali 4 16 sempet teu sempet nyuhungken di waler. hatur nunuun

    23. johan - Agustus 10, 2009

    siapa yang mau ngajak saya ke Lembang ?

    24. alvian - September 30, 2009

    berapa sih modal yang diperluin dari awal ..terutama untuk persiapan penanaman dari bibit dan perawatannya..???
    tolong bantu saya dong .,

    25. Zahari Zakaria - Mei 11, 2010

    Tolong informasi lokasi pabrik juice strawberry kotakan, saya mau berkunjung kesana. Tks. H.Zahari Zakaria, amboivp@yahoo.com

    26. suci rangkuti - Juni 13, 2010

    dimana ya bisa beli bibit strawberry?
    apakah menanam pohonnya harus didaerah yg sejuk?
    makasih

    27. Christina - Juli 14, 2010

    saya dan team saya dari jakarta berencana jalan2 tgl 21 ini ke daerah LEMABANG, salah satunya ke kebun strwberry juga. Tapi, selain itu juga mau wisata kuliner dan wisata belanja…. Bisa bantu saya untuk rute terbaiknya? Dari Jakarta kami rencana berangkat jam 7 pagi dan sudah harus kembali lagi di Jakrta max jam 23.30 (sebelum semua berubah jadi tikus dan labu.. hehehe… emangnya gerombolan kisah Cinderela… hehhe…).
    sebelum dan sesudahnya, matur nuwun ya…
    Salam kenal juga,
    Christin

    btw, saya bisa contact langsung tidak ya ??
    nomor contact saya di 021-70650001 (flexy). Terimakasih…

    28. Ruthie - Februari 18, 2011

    kalo mo petik blueberry adanya dimana?nama tempatnya apa?

    29. sri - Mei 16, 2011

    kalo mau petik stawbery di daerah lembang di mana yah? balas dong

    30. Raden Eko - Desember 24, 2011

    Hmm, saya akhirnya mengunjungi Lembang setelah melihat blog ini

    31. Strawbery Walk, Wisata Strawbery Petik Sendiri | Indra KH - Januari 4, 2013

    […] Lembang dan Dunia Strawberry […]


    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: