jump to navigation

Piknik, Aktivitas yang Selalu Dinanti Juli 21, 2009

Posted by indra kh in culture, hidup, Jalan-jalan, keluarga, serbaneka, topics, travel and places.
trackback

Ketika masa liburan sekolah tiba salah satu satu kegiatan yang dinanti oleh banyak keluarga adalah piknik. Untuk para siswa piknik  menjadi ajang pelepas penat usai ujian sekolah. Piknik juga terkadang menjadi hadiah prestasi akademik dari orang tua untuk anak-anaknya, meskipun saya yakin para orang tua dalam hati kecilnya menginginkan  liburan juga untuk rihat sejenak dari tumpukan pekerjaan.

"Piknik, sarana liburan keluarga (doc/indrakh)"

"Piknik, sarana liburan keluarga (doc/indrakh)"

Tamasya ke alam terbuka seperti ke gunung, ke pantai, dan berkunjung ke alam pedesaan biasanya menjadi pilihan. Ada yang bepergian secara rombongan kecil bersama keluarga, atau dalam rombongan besar bersama teman sejawat, dan teman satu sekolahan/kampus.

"Bernyanyi dalam perjalanan, hiburan untuk semua" (doc/indrakh)

"Bernyanyi dalam perjalanan, hiburan untuk semua" (doc/indrakh)

Pada saat piknik yang paling dinanti tentu saja sejumlah kegiatan yang akan dilakukan di lokasi tujuan, namun meskipun begitu pengalaman selama perjalanan biasanya juga tidak kalah seru, terutama bila piknik dalam rombongan besar menggunakan bis. Aneka games, karaoke, saling mencicipi cemilan yang dibawa masing-masing, dan pemandangan selama perjalanan adalah kegiatan yang menyenangkan selama perjalanan.

"Makan bersama di alam terbuka, selalu mengasyikkan (doc/indrakh)"

"Makan bersama di alam terbuka, selalu mengasyikkan (doc/indrakh)"

Salah satu kegiatan yang saya suka misalnya adalah makan bersama di alam terbuka, baik saat jeda perjalanan atau ketika tiba di tujuan. Dalam budaya Sunda kegiatan makan bersama di alam terbuka ini ini sering dikenal dengan istilah “botram.” Menu makanan yang disantap pun relatif biasa saja, lebih banyak makanan yang sederhana. Biasanya  terdiri dari nasi timbel, ikan asin, lalap dan sambal, atau ditambah semur jengkol bagi yang suka.

Iya tulisan kali ini hanya membahas yang ringan-ringan saja, selain itu masa liburan sekolah memang telah usai. Meskipun begitu pengalaman piknik biasanya sulit dilupakan. Piknik adalah kegiatan turun temurun yang sepertinya akan terus ada sepanjang masa.

Anda punya pengalaman tentang kegiatan piknik baru-baru ini? Silahkan berbagi.

Komentar»

1. sawali tuhusetya - Juli 21, 2009

wah, sungguh menyenangkan bisa berlibur di alam pedesaan dan alam terbuka, mas indra, apalagi bareng2. hmmm …. saya kangen dg suasana semacam ini.

2. almascatie - Juli 21, 2009

senengnya piknik… kapan yah bisa piknik😦

3. peyek - Juli 22, 2009

Sungguh menyenangkan mas, bisa piknik bareng-bareng kayak gitu!

4. za - Juli 24, 2009

Wah seru euy Mang Indra. Berapa orang itu yang ikut? Ke mana aja?

5. edratna - Juli 24, 2009

Jadi teringat saat anak-anak kecil…
Makan ikan asin, timbel, pepes ikan…di alam terbuka, pasti nikmat sekali…..

6. indra kh - Juli 24, 2009

@ Pak Sawali: tua muda semua usia suka piknik🙂
@ Bang Almas: saya pengen piknik ke Maluku !!!! Hehe
@ Cak Peyek: Piknik bikin ketagihan
@ Za: Ini acara piknik dari kantor istri beberapa waktu lalu, ke Puncak dsk
@ Bu Edratna: menu sederhana namun menimbulkan selera makan luar biasa

7. Oemar Bakrie - Juli 25, 2009

Liburan kemaren saya juga sempat ikut rombongan teman-teman kantor ke Pangandaran dengan keluarga … Lumayan refreshing gratis …🙂

8. canmasagi - Juli 25, 2009

Asik Kang Piknik na ka alam. Paling asik kalo piknik ke wisata air panas (GeoThermal), inih badan serasa segar kembali kalau sudah berendam…

9. indra kh - Juli 26, 2009

@ Pak Hendra: Liburan apalagi gratis selalu nuikmat pak🙂
@ Canmasagi: betul meungeueum teanya kang, hehe

10. doelsoehono - Juli 26, 2009

salam .
memang ashik pak piknik sangat di tyunggu -tunggu di masa liburan dan ortu juga bisa sedikit menghilangkan rasa penat yang selalu menghimpitnya .

saya juga piknik ke kawah putih ama ke ciwaelini westo Rame tenan …pokoknya ashik walau kocek kita harus isi.

11. indra1082 - Juli 27, 2009

Walah…asyiknya yang liburan gak ngajak-ngajak…😆

12. indra kh - Juli 27, 2009

@ Pak Doel: Wah pasti asyik tuh pak, saya juga sudah lama tidak berkunjung ke Ciwidey
@ Mas Indra: hehe, ya refreshing bareng keluarga mas

13. yellashakti - Juli 28, 2009

saya selalu ikutan piknik tiap tahun di sekolah tempat ibu saya ngajar, gratis pak, buat refreshing hehe

14. .lala - Juli 29, 2009

orangtuanya nebeng acara anaknyah.. hihihi
jarang ada piknik khusus dewasa siyh..

15. juliach - Agustus 11, 2009

Berlibur menurutku sangat penting sekali: 2-3x setahun aku pergi dgn kekasihku saja, setiap liburan anak sekolah khususnya liburan panjang aku juga pergi bersama keluargaku (anak-anak + kekasihku) setahun bisa 3-4x … dan waktunya lebih panjang antara 1 minggu – 2 minggu bahkan 1 bulan.

Ibu RT kan perlu berlibur juga … kalo tidak bisa mledak.

16. Edi Psw - Agustus 15, 2009

Wah, enak banget ya pikniknya.
Apalagi bisa karaokean seperti itu.
Hehehe…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: