jump to navigation

Bursa Buku Palasari Desember 15, 2010

Posted by indra kh in Bandung, buku, featured, Jalan-jalan, pasar, serbaneka.
Tags: , , ,
trackback

Belakangan saya lihat bermunculan toko-toko buku baru di Bandung. Senang juga sih, karena itu artinya tempat untuk mencari buku jadi semakin banyak pilihan. Meskipun demikian, bursa buku di Palasari sepertinya tetap menjadi pilihan banyak orang untuk membeli buku.

Salah satu kios di Bursa Buku Palasari (dok- indra kh)

Saya amati banyak orang yang mendatangi toko-toko buku tersebut hanya untuk mencari informasi mengenai buku-buku apa saja yang jadi best seller saat ini; judulnya apa dan pengarangnya siapa? Usai itu tetap saja mereka akan membelinya ke Palasari karena harga yang lebih murah. Atau kalaupun datang ke toko buku tersebut hanya untuk numpang baca.🙂

Saya tidak tahu persis sejak kapan bursa buku yang berada di Jl. Palasari ini ada. Konon para pedagang di tempat tersebut adalah para pedagang buku yang dulu pernah berjualan di kawasan Alun-alun pada era 70-an. Setelah sempat pindah ke kawasan Banceuy, mereka selanjutnya pindah ke Palasari hingga sekarang.

Sejak zaman sekolah tempat ini menjadi favorit saya untuk mencari buku, terutama buku pelajaran, karena di Palasari diskonnya lumayan besar yakni berkisar antara 15 – 30%.  Selain di Palasari, bursa buku lainnya yang sering saya datangi waktu itu adalah bursa buku di Pasar Suci.  Kini setelah berkeluarga pun saya masih suka datang ke bursa buku ini untuk mencari buku-buku yang menarik untuk dibaca.

Bursa buku Palasari menurut saya cukup lengkap, dari mulai buku pelajaran, sejarah, kamus, sains, novel, majalah, hingga buku langka ada di sini. Pernah juga sih buku yang dicari ternyata tidak ada namun itu jarang.

Jumlah kios buku di bursa yang berada di dekat Jl. Buah Batu dan Jl. Lodaya ini banyak sekali. Bagi pengunjung yang baru datang pertama kali mungkin akan bingung. Namun menurut pengalaman saya kios yang lengkap biasanya yang ada di bagian belakang pasar, seperti Depot Anggrek, atau Ampera. Depot tersebut kiosnya cukup luas dan koleksinya lumayan lengkap.

Palasari tak hanya menjual buku baru, buku-buku bekas pun tersedia, dan peminatnya ada, terutama untuk buku-buku yang unik dan memiliki nilai historis. Khusus buku bekas, kalau pun buku yang kita inginkan pada saat itu tidak ada, kita bisa memesan dulu kepada sang pedagangnya. Nanti sang penjual akan menghubungi jika bukunya sudah ada.

Kendati kiosnya banyak tetap saja Anda harus jeli jika akan membeli buku di Palasari. Jangan sampai niatnya ingin dapat harga murah tapi ujung-ujungnya uang yang kita keluarkan sama saja dengan membeli di toko buku. Terkadang sejumlah pedagang sebenarnya tidak memiliki koleksi buku yang lengkap, sehingga untuk menyiasatinya mereka mengambil buku dari kios lain. Akibatnya harga yang ditawarkan kepada pembeli menjadi lebih tinggi dari biasanya. Para pedagang ini menggunakan trik dengan cara seolah-olah akan mencari ke gudang, padahal mereka mencari buku yang sedang dicari pembeli ke kios atau depot yang lebih lengkap. Oleh karena itu jika punya banyak waktu sebaiknya tidak hanya mencari buku di satu kios saja, namun coba bandingkan juga dengan harga yang ditawarkan oleh kios lain.

***

Berburu buku memang selalu menyenangkan apalagi jika harganya murah, meskipun kadang tidak langsung dibaca dan lama nangkring di rak buku.

Semoga saja bursa buku Palasari ini bisa bertahan sampai nanti, dan lokasinya tidak menjadi korban ekspansi mal-mal. Pasalnya pasar ini beberapa kali mengalami kebakaran, seperti pada tahun 1993, lalu terakhir pada tahun 2007. Isyunya sih pasar ini akan dialihfungsikan menjadi pusat pertokoan. Mudah-mudahan saja itu tidak terjadi.

***

Jika tidak menggunakan kendaaraan sendiri untuk menjangkau bursa buku Palasari ini Anda bisa menggunakan angkutan kota dengan rute sebagai berikut:

  • ABD. MUIS – CICAHEUM VIA BINONG
  • ST. HALL – GEDE BAGE
  • CIROYOM – CIKUDAPATEUH
  • SEDERHANA – BUAH BATU

Peta di sekitar lokasi dapat dilihat di sini.

Komentar»

1. Ikkyu_san - Desember 15, 2010

asyik terima kasih infonya, siapa tahu bisa nyasar ke sana.
itu foto TB yang pertama kusangka TB Narsis loh hihihi

EM

indra kh - Desember 17, 2010

Sama Mbak, awalnya saya juga nyangkanya TB Narsis🙂

2. ciecoen - Desember 15, 2010

informatif nih, catet: depot Anggrek atau Ampera.
maklum, jauh jarak dari rumah..dah kecapean buat keliling2 dulu mah..siip thx kang..

indra kh - Desember 17, 2010

Anggrek yang banyak koleksinya saya lihat, teh.

3. za - Desember 15, 2010

Wahaha… fotonya menarik. Toko buku “Narsis”. Bisa aja Mang Odonk ambil fotonya.

Iya, dulu sempat ada berita kebakaran. Setelah itu saya tak pernah lagi ke Palasari.

Buku bekas yang saya beli di Palasari adalah, buku Soekarno (duh lupa judulnya). Waktu itu masih rajin nulis wanted books dalam daftar. Eh, penjual di Palasari gak sengaja ngeliat.

indra kh - Desember 17, 2010

Lihat lagi Zak, itu Naris bukan Narsis, hehe

4. adit-nya niez - Desember 15, 2010

http://www.palasarionline.com/

Apa ada hubungannya juga dengan toko online itu? Atau jangan2 toko online nya cuma nyatut nama aja…🙄

indra kh - Desember 17, 2010

Setahu saya toko online ini memang kerjasama dengan kios2 yang ada di Palasari.

5. Baca Buku, Perlu Sampai Habis? « Zaki Akhmad - Desember 15, 2010

[…] blog kali ini diputuskan kembali bertema buku. Entah karena usai membaca blog Mang Odonk soal Palasari atau memang ide ini muncul begitu saja saat tangan saya menari-nari di atas papan kunci. Ide lain […]

6. kawanlama95 - Desember 15, 2010

kalo kesana pengen kuagendakan untuk berkunjung ..met malam

indra kh - Desember 17, 2010

Trims sudah mampir🙂

7. suzannita - Desember 15, 2010

yupssss… mari berburu buku, seneng deh ngeliat banyak toko buku, apalagi toko buku yang banyak ngasih diskon hehheh😀
udah lama banget gak blog walking😀

indra kh - Desember 17, 2010

Iya nih kemana aja, mbak. Sedang sibuk ya🙂

8. Prima - Desember 15, 2010

hmmm…ada toko buku sperti ini di kampus di bogor, cuma kenapa ya bukunya gak menarik, mahal pula…😛 jadinya emnding ke gramed aja lha…

Iseng kesana cuma mau nyium bau buku aja, hahahahah….

indra kh - Desember 17, 2010

Nah itu alasannya, udah gak menarik mahal pula😀

Pasti bukan mau nyium buku, tapi nyari obyek foto di Gramed ya, mas, hehe

9. mylitleusagi - Desember 16, 2010

di kwitang sama pasar senen juga ada mas..
lumayan murah..
bedanya ampe 50% gak masalah bajakan kan.
yang penting isinya..
apalagi pas jadi mahasiswa..
butuh buku murah karena dana terbatas..😀

indra kh - Desember 17, 2010

Oh iya ya, saya juga sering dengar info tentang bursa buku Kwitang ini. Penasaran pengen ke sana tapi belum sempat. Diskonnya nyampe 50%?? Wuihh

10. tonykoes - Desember 16, 2010

Saya juga senang kalo dijaman sekarang masih ada yang mau membuka toko buku seperti ini… karna dulu saya sering cari buku ditoko yang beginian.. dg alasan harga murah…. salam kenal

indra kh - Desember 17, 2010

Salam kenal juga Mas Tony, terima kasih sudah mampir.

11. edratna - Desember 17, 2010

Padahal…lokasinya dekat rumahku di Bandung. Setiap kali pergi ke luar rumah, selalu melewati daerah Palasari ini, dan tahu bahwa disini ada bursa buku…tapi teuteup belum punya waktu untuk ke sana.

Dan di pojok jalan Palasari adalah rumah temanku, juga di Talaga Bodas, saat masih mahasiswa saya suka menginap dirumahnya..entah temanku sekarang dimana….

indra kh - Desember 17, 2010

Bu Enny sibuk terus sih ya, bu🙂 Mudah2an bisa ada kesempatan berkunjung ke bursa buku ini.

12. syaiful - Desember 17, 2010

Assalamualaikum.

saya ingat toko buku ini, waktu itu saya masih kuliah di Bandung, sering saya berbelanja di Palasari. salam kenal untuk semunya

indra kh - Desember 17, 2010

Waalaikumussalam,

Serasa nostalgia jaman kuliah jadinya ya, pak. Salam kenal juga. Terima kasih sudah mampir.

13. advertiyha - Desember 17, 2010

Wah, asik nih mas, kalau disini, mungkin sama kayak di kwitang, tapi kios2 samping sekolah di budi utomo juga lumayan (kalo untuk buku2 pelajaran saja) heheh…

kapan2 pengen berburu kesana ah…
trims infonya mas…🙂

indra kh - Desember 17, 2010

Wah saya makin ingin mencoba berkunjung ke Kwitang ini🙂

14. aRuL - Desember 17, 2010

wah udah ngak di bandung, seandainya masih di sana tak ke situ tempat…
namun sayang yang di kota2 lain kayaknya kurang greget ya🙂

indra kh - Desember 17, 2010

Di Makassar ada juga bursa buku macam ini tidak, bang?

15. tutinonka - Desember 20, 2010

Di Yogya juga banyak toko buku seperti ini, antara lain di Pasar Sriwedani (dulu terkenal dengan Shopping Centre). Sayangnya, toko buku seperti ini sering menjadi sarang buku bajakan …

indra kh - Desember 22, 2010

Pengen juga sekali2 kalau ke Jogja mampir ke bursa bukunya, selama ini lebih banyak jalan2 dan kuliner saja

16. bundadontworry - Desember 22, 2010

kalau anak2 bunda suka cari buku2 kuliah mereka di senen dan daerah Kwitang di Jakarta,
harganya jauh lebih murah drpd di G******a, apalagi kalau buku2 wajib punya, mereka pasti kesana belinya .
salam

indra kh - Desember 22, 2010

Nah itu saya juga tertarik dengan koleksi kitab2 yang ada di Kwitang, tapi belum sempat saja ke sana. Trims infonya, bunda.

17. feisafirmansyah - Desember 22, 2010

waah ini mah tempat yang selalu saya kunjungi dari kecil (jadi inget dulu beli komik tiger wong disana), soalnya dulu sd saya deket dari situ. waktu kuliah juga suka kesitu kadang2 *nyari komik* … hehehe harganya emang lebih murah

sempat kebakaran juga pasar nya, 2 kali kayanya. pertama pas aku masih sd, terus yg terakhir baru2 ini deh kayanya ..

jadi kangen pgn pulang … hehehe

18. Nuraeni - Agustus 11, 2011

Buku Palasari Selalu
di Serbu oleh siswa,,,,
Karena Sekarang banyak yang Mnggunakan buku Palasarin itu,,
Apalagi Harga’a terjangkau…:)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: